Konversi Satuan Berat Lengkap (Ons, Pon, Kg, Ton dan Kwintal)

Konversi Satuan Berat Lengkap (Ons, Pon, Kg, Ton dan Kwintal) – Seperti yang kita tahu bahwa jenis jenis satuan dalam Matematika memang beraneka ragam seperti satuan volume, satuan berat, satuan luas dan lain lain. Salah satu macam satuan yang akan saya bahas ini adalah satuan berat seperti ons, pon, kg, ton dan kwintal. Setiap jenis satuan berat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang tidak sama. Misalnya Ani membeli buah jeruk 2 kg. Nilai berat buah jeruk ini akan berubah jika dikonversikan menjadi satuan kwintal ataupun ton.

Bagaimana cara konversi satuan berat itu? Apa yang dimaksud satuan berat? Pengertian satuan berat adalah ukuran yang berguna untuk menghitung berat sebuah benda. Satuan berat ini dapat berbentuk ons, pon, kg, ton dan kwintal. Satuan satuan tersebut dapat dikonversikan satu sama lain menggunakan cara tertentu.

Untuk melaksanakan konversi dalam menghitung pon ke ons, kwintal ke kg, pon ke kg dan lain lain dapat dilakukan menggunakan timbangan konversi. Alat ini biasanya kita temui dalam bidang jasa atau barang yang diperuntukkan khusus untuk perhitungan berat. Bahkan di laboratorium praktek dan sains juga sering ditemukan alat konversi tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang konversi satuan berat lengkap seperti ons, pon, kg, ton dan kwintal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Konversi Satuan Berat Lengkap (Ons, Pon, Kg, Ton dan Kwintal)

Apa itu konversi pada satuan berat? Konversi pada satuan berat adalah bagian satuan pokok yang dinamakan denga massa dalam bidang ilmu eksak. Satuan berat standar meurut Satuan Internasionl adalah kilogram atau kg. Satuan berat sendiri sebenarnya cukup banyak jenisnya. Maka dari itu setiap jenis satuan berat dapat dikonversikan satu sama lain.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap satuan ons, pon, kg, ton dan kwintal ini memang perlu kita perhatikan terlebih dahulu sebelum saling dikonversikan satu sama lain. Biasanya pelaksanaan konversi antar satuan berat tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tangga konversi. Berikut bentuk tangga konversi pada satuan berat kategori gram yaitu:

Baca juga : Rumus Permutasi dan Kombinasi Beserta Contoh Soalnya

Tangga Konversi pada Satuan Berat
Tangga Konversi pada Satuan Berat

Berdasarkan tangga konversi satuan berat di atas, kita dapat memperoleh beberapa aturan atau ketentuan dalam menggunakan tangga konversi ini. Adapun ketentuan yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Setiap satuan turun satu tangga, maka nilainya akan dikalikan dengan 10.
  • Setiap satuan naik satu tangga, maka nilainya akan dibagi dengan 10.

Tangga konversi yang saya jelaskan merupakan tangga konversi satuan gram dalam jenis satuan berat. Untuk mengubah satuan ons, pon, kg, ton dan kwintal tersebut dapat menggunakan ketentuan seperti di bawah ini:

1 kg = 1000 gram
1 kg = 10 ons
1 ons = 100 gram
1 hg = 1 ons
1 kg = 2 pon
1 pon = 5 ons
1 ton = 1000 kg
1 ton = 10 kwintal
1 kwintal = 100 kg

Ketentuan ketentuan di atas dapat digunakan untuk mengubah satuan berat yang satu menjadi satuan berat lainnya.

Contoh Soal Konversi Satuan Berat

Agar anda lebih paham mengenai cara konversi pada satuan berat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait satuan berat tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Baca juga : Rumus Pembagian Bilangan Berpangkat dan Contoh Soalnya

Tentukan nilai konversi pada satuan berat di bawah ini!
a. 7 kg = … ons
b. 2 kg = … pon
c. 5 pon = … ons
d. 8 ton = … kg
e. 20.000 kg = … kwintal

Pembahasan.
a. 7 kg = 7 x 10 ons = 70 ons
b. 2 kg = 2 x 2 pon = 4 pon
c. 5 pon = 5 x 5 ons = 25 ons
d. 8 ton = 8 x 1.000 kg = 8.000 kg
e. 20.000 kg = 20.000 : 100 kwintal = 200 kwintal

Contoh Soal Cerita

Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal konversi satuan berat dalam bentuk cerita. Berikut contoh soalnya yaitu meliputi:

1. Ibu Ida memberi beberapa stok barang untuk tokonya. Barang barang yang dibeli tersebut seperti 30 pon kedelai, 35 kwintal beras dan 30 ons gula jawa. Barang barang tersebut di bawa dengan mobil, maka berapakan berat semua belanjaan bu Ida? (Konversikan dalam bentuk kg)

Pembahasan.
Diketahui : kedelai = 30 pon; beras = 35 kwintal; gula jawa = 30 ons
Ditanyakan : berat semua belanjaan (kg) = ?
Jawab :
30 pon kedelai = 30 : 2 pon = 15 kg
35 kwintal beras = 35 x 100 kg = 3.500 kg
30 ons gula jawa = 30 : 10 kg = 3 kg
Berat semua belanjaan = 15 kg + 3.500 kg + 3 kg = 3.518 kg
Jadi berat semua belanjaan Bu Ida adalah 3.518 kg.

2. Ika membeli tepung 2 ton, beras 10 kwintal dan gula pasir 20 kg. Tentukan berat semua barang yang dibeli Ika?

Pembahasan.
Diketahui : tepung = 2 ton; beras = 10 kwintal; gula pasir = 25 kg
Ditanyakan : berat semua barang (kg) = ?
Jawab :
2 ton tepung = 2 x 1.000 kg = 2.000 kg
10 kwintal beras = 10 x 100 kg = 1.000 kg
25 kg gula merah
Berat semua belanjaan = 2.000 kg + 1.000 kg + 25 kg = 3.025 kg
Jadi berat semua barang yang dibeli Ika adalah 3.025 kg.

Demikianlah penjelasan mengenai konversi satuan berat lengkap seperti ons, pon, kg, ton dan kwintal. Satuan berat merupakan sebuah ukuran yang berguna untuk menghitung berat sebuah benda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here