90 Menit Berapa Jam? Berikut Jawaban dan Cara Menghitungnya

90 Menit Berapa Jam? Berikut Jawaban dan Cara Menghitungnya – Satuan waktu dalam kehidupan sehari hari memang menggunakan detik. Detik sendiri adalah satuan waktu yang bernilai lebih kecil dibandingkan menit dan jam. Akan tetapi kita masih akan menemukan satuan lain yang lebih kecil dibandingkan detik. Pengertian detik menurut sistem Internasioal (SI) adalah satuan yang setiap periode radiasinya berdurasi 9.192.631.770 kali dengan dua tingkat hyperfine transisi yaitu saat kondisi ground state atom caesium-133 bersuhu 0 kelvin.

Secara umum satuan detik berguna untuk menghitung periode waktu. Detik memang disebut juga dengan satuan kecil, tetapi masih ada satuan lain yang lebih kecil yaitu satuan milidetik. Seperti yang kita tahu bahwa waktu dapat diukur menggunakan alat bernama stopwatch. Dalam stopwatch tersebut terdapat satuan waktu yang digunakan yaitu jam, menit dan detik. Lalu nilai 90 menit berapa jam? Bagaimana cara konversi menit ke jam?

90 menit berapa jam
Satuan Waktu

Satuan detik pada dasarnya dapat dikonversikan menjadi bentuk satuan lainnya seperti menit ataupun jam. Lantas 90 menit berapa jam? Satuan waktu ini dapat diubah menjadi satuan waktu lainnya dengan cara tertentu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara konversi menit ke jam dan cara menghitungnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

90 Menit Berapa Jam? Berikut Jawaban dan Cara Menghitungnya

Seperti yang kita tahu bahwa satuan waktu terdiri dari satuan waktu baku dan satuan waktu tidak baku. Satuan waktu tidak baku adalah satuan waktu yang memiliki hasil pengukuran yang berbeda beda untuk setiap orang jika digunakan. Contohnya jentikan jari, tepukan tangan, hentakan kaki, dan waktu tanpa jam lainnya. Sedangkan satuan waktu baku adalah satuan waktu yang memiliki hasil sama pada masing masing orang jika digunakan. Contohnya jam, detik, menit, dan sebagainya.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang cara konversi satuan lengkap, baik konversi waktu, panjang, dan sebagainya. Lalu apa itu konversi? Pengertian konversi adalah cara mengubah satuan yang satu menjadi satuan lainnya yang telah ditetapkan. Contohnya konversi 1 menit ke jam, 1 jam ke detik dan sebagainya. Lalu 90 menit berapa jam? Untuk menghitung konversi menit ke jam tersebut dapat dilakukan dengan memahami beberapa konsep seperti di bawah ini:

  • 1 menit = 60 detik
  • 1 jam = 60 menit = 3.600 detik
  • 1 hari = 24 jam = 86.000 detik
  • 1 minggu = 7 hari = 168 jam = 604.800 detik

Cara konversi menit ke jam tersebut sering kali muncul dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Nilai 90 menit berapa jam?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 1,5 jam.

Pembahasan.
Cara menghitung konversi menit ke jam tersebut dapat dilakukan dengan metode seperti berikut:
1 jam = 60 menit
90 menit = 90 : 60 = 1,5 jam
Jadi 90 menit setara dengan 1,5 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here