Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu

Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu – Seperti yang kita tahu bahwa manusia memiliki beberapa bagian tubuh. Bagian leher dalam tubuh manusia tersebut tentunya memiliki faring dan tenggorokan dengan bagian laring di dalamnya. Tenggorokan tersebut memiliki sebuah selaput otot yang dinamakan dengan epiglotis. Epiglotis tersebut berfungsi untuk memisahkan esofagus dengan trakea dan mencegah masuknya minuman serta makanan ke dalam saluran pernapasan.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang bagian bagian lidah. Pada pembahasan ini saya akan membahas tentang bagian bagian tenggorokan. Lantas tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu apa saja? Tenggorokan sendiri berbeda dengan kerongkongan, karena dari segi letak saja sudah tidak sama. Namun disini kerongkongan dan tenggorokan memiliki jalur yang sama yaitu jalur masuknya makanan. Kedua organ ini juga berbeda fungsi.

tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu
Bagian Tenggorokan

Apa itu tenggorokan? Tenggorokan adalah saluran yang menjalar di bagian belakang hidung sampai kerongkongan dengan panjang sekitar 12 cm. Tenggorokan disini terdiri dari bagian amandel, belakang lidah, langit langit lunak, dan lain lain. Selain itu tenggorokan juga mempunyai cabang seperti kerongkongan yang digunakan untuk membawa makanan yang asalnya dari trakea ke perut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu

Di dalam tenggorokan terdapat aktivitas hasil refleksi dan bentuk kendali tubuh ketika menelan. Lidah dan langit langit lunak akan mendorong makanan untuk dapat menuju tenggotokan dan kerongkongan. Tenggorokan tersebut merupakan organ yang berada di belakang mulut, di bawah lubang hidung, di atas kerongkongan, dan di jalur udara atau trakea.

Dalam dunia medis, istilah tenggorokan ini disebut juga dengan faring. Lalu tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu apa saja? Tenggorokan tersebut memiliki bagian bagian yang terdiri dari:

  • Nasofaring yang letaknya di bagian atas.
  • Orofaring yang letaknya di bagian tengah.
  • Hipofaring atau laringofaring yang letaknya di bagian bawah.

Dalam sistem pernapasan tentunya kita mengenal bagian nasofaring dan laringofaring. Orofaring sendiri merupakan bagian yang terdapat dalam sistem pencernaan dan pernapasan. Secara detail kita dapat mengetahui bagian bagian tenggorokan yang berupa pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorokan (trakea), dan cabang batang tenggorokan (bronkus). Materi tenggorokan ini tentunya sering muncul dalam soal soal. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu . . .
A. Pangkal, batang, dan cabang tenggorok
B. Pangkal, batang, dan ranting tenggorok
C. Akar, batang, dan cabang tenggorok
D. Akar, cabang, dan ranting tenggorok

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Pangkal, batang, dan cabang tenggorok.

Tenggorokan memang termasuk dalam jenis saluran organ pernapasan. Tenggorokan ini berbentuk pipa yang digunakan untuk menyalurkan udara dari rongga hidung menuju paru paru. Maka dari itu tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu bagian pangkal, bagian batang, dan bagian cabang tenggorok. Berikut penjelasan tentang setiap bagian tenggorokan yaitu sebagai berikut:

  • Laring atau pangkal tenggorokan adalah bagian yang memiliki pita suara dan epiglotis. Epiglotis tersebut akan menutup ketika makan dan akan terbuka ketika bernafas.
  • Trakea atau batang tenggorokan adalah saluran dengan bagian cincin di tulang rawannya sehingga paru paru dapat dihubungkan dengan tenggorokan.
  • Bronkus atau cabang batang tenggorokan adalah organ yang letaknya setelah tenggorokan dan sebelum paru paru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here