Cara Hitung Perkalian Cepat Matematika Dengan Mudah

Cara Hitung Perkalian Cepat Matematika Dengan Mudah – Dalam Matematika pada umumnya terdapat beberapa jenis operasi hitung. Salah satunya ialah operasi hitung perkalian. Bagaimana cara hitung perkalian Matematika dengan mudah? Perkalian dalam Matematika sendiri dapat dilakukan dengan cepat dan mudah jika bilangannya berupa 4 x 6. Namun bagaimana jika perkaliannya antara 57 dan 53? Perkalian antara dua bilangan ini tentunya membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya, karena jumlahnya banyak. Lantas apa yang dimaksud perkalian? Pengertian perkalian ialah operasi hitung Matematika dasar yang harus dikuasai.

Pengetahuan tentang perkalian ini tidak hanya diperlukan saat menghadapi ujian sekolah saja, namun juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Pada dasarnya perkalian dalam Matematika dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Bagaimana cara hitung perkalian cepat itu? Bagaimana cara hitung perkalian Matematika dengan mudah? Perkalian ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan trik khusus. Masing masing trik yang saya akan bagikan ini akan disertai dengan contoh soalnya. Mengingat perkalian bilangan ini sangat luas, maka trik perkalian tersebut juga sangat banyak. Dengan trik trik yang ada, maka anda dapat menyelesaikan soal soal perkalian dengan cepat.

Bilangan yang satu dengan bilangan lainnya dapat dikalikan dengan menggunakan cara tertentu. Metode perkalian ini dapat dilakukan dengan cara biasa ataupun cara khusus. Cara cara khusus tersebut dapat digunakan untuk melakukan perkalian bilangan Matematika dengan mudah dan cepat. Misalnya perkalian dengan bilangan 11, 25 dan sebagainya. Dengan begitu anda dapat menyelesaikan perkalian ini dengan cepat tanpa memakan waktu yang lama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara hitung perkalian cepat Matematika dengan mudah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Hitung Perkalian Cepat Matematika Dengan Mudah

Selain akurasi, kecepatan menghitung dalam perkalian juga menjadi salah satu faktor penentu dalam matematika. Ketika mengerjakan soal ujian misalnya kita dituntut harus cepat dan teliti karena waktu yang terbatas. Maka dari itu diciptakan metode rumus hitung perkalian cepat untuk membantu siswa mengatasi permasalahan mananemen waktu tersebut.

Pada umumnya cara yang digunakan untuk menyelesaikan perkalian tersebut dapat berupa konvensional, dimana angka ditumpuk dan satu persatu digitnya dikalikan. Cara ini lebih dikenal dengan metode susun. Untuk itu perhatikan contoh cara hitung perkalian susun seperti di bawah ini:

Baca juga : Cara Mencari KPK Dengan Cepat Beserta Contoh Soalnya

Cara Hitung Perkalian Cepat Matematika Dengan Mudah
Perkalian Dengan Cara Susun

Metode perkalian bersusun seperti di atas tentunya memakan waktu yang agak lama. Untuk itu adapula cara hitung perkalian cepat yang dapat anda terapkan untuk mempersingkat waktu. Walaupun cara ini tidak diberlakukan bagi semua bilangan, namun metode khusus itu dapat membuat perkalian bilangan Matematika menjadi lebih mudah dan tentunya lebih cepat. Adapun cara menghitung perkalian cepat Matematika dengan mudah yaiu sebagai berikut:

Menyederhanakan Perkalian

Cara hitung perkalian Matematika yang pertama dapat dilakukan dengan menyederhanakan perkaliannya. Perkalian ini disederhanakan agar bilangan bilangannya dapat dikalikan dengan mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh perkalian di bawah ini:

36 x 120 = … ?
Perkalian di atas tentunya memiliki jawaban yang sulit untuk dicari. Hal ini dikarenakan metode perkaliannya akan lebih lama dan panjang jika dikalikan menggunakan metode biasa. Untuk itu agar perkalian ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, maka gunakan metode penyederhanaan perkalian seperti di bawah ini:

36 x 120 sama dengan 
18 x 240 sama dengan
9 x 480 = 4320

Kemudian adapula contoh perkalian lainnya antara 24 dan 150. Tentukan jawaban dari 24 x 150 tersebut?
24 x 150 sama dengan
12 x 300 sama dengan
6 x 600 sama dengan
3 x 1200 = 3600

Perkalian Bilangan antara 11 dan 19

Cara hitung perkalian cepat Matematika selanjutnya yaitu perkalian bilangan antara 11 dan 19. Agar anda lebih mudah untuk memahami metode tersebut, maka perhatikan contoh soal di bawah ini:

12 x 16
Langkah Pertama
Pilih bilangan paling besar antara keduanya, lalu tambahkan dengan digit angka dari bilangan lain di bagian paling kanan. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
16 + 2 = 18

Langkah Kedua
Kemudian angka yang diperoleh pada langkah pertama ditambahkan dengan nol di bagian belakang angkanya. Maka:
18 → 180

Langkah Ketiga
Langkah selanjutnya yaitu angka paling kanan kedua bilangannya dikalikan dan ditambah bilangan yang diperoleh dari langkah kedua. Untuk itu hasilnya akan menjadi:
2 x 6 = 12
180 + 12 = 192
Jadi hasil kali dari 12 x 16 ialah 192.

Baca juga : Rumus Trigonometri Beserta Contoh Soalnya

Perkalian Dengan Angka 15

Cara hitung perkalian cepat dengan mudah selanjutnya yaitu perkalian dengan angka 15. Agar anda lebih paham mengenai cara hitung perkalian dengan mudah ini, maka perhatikan contoh seperti berikut:

34 x 15
Langkah Pertama
Cara pertama yang harus dilakukan yaitu mengalikan 34 dengan 10 terlebih dahulu. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
34 x 10 = 340

Langkah Kedua
Kemudian bilangan dari hasil langkah pertama di bagi dengan 2. Sehingga:
340 : 2 = 170

Langkah Ketiga
Setelah itu bilangan dari hasil langkah pertama dijumlahkan dengan bilangan langkah kedua. Untuk itulah hasilnya akan seperti berikut:
340 + 170 = 510
Jadi hasil kali dari 34 x 15 ialah 510.

Perkalian Dua Digit Angka Dengan 11

Cara hitung perkalian cepat Matematika selanjutnya yaitu perkalian dua digit angka dengan 11. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh perkalian cepat dengan mudah seperti di bawah ini:

25 x 11
Langkah pertama yaitu menjumlahkan digit angka yang dikalikan dengan 11 terlebih dahulu. Kemudian hasil penjumlahannya diselipkan diantara kedua digit tadi. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
25 → 2 + 5 = 7
2_7_5 = 275
Jadi 25 x 11 = 275.

Bagaimana cara hitung perkalian ini, mudah bukan? Kita coba lagi metode ini dengan perkalian 65 dengan 11. Maka hasilnya akan seperti berikutL
65 x 11 = …?
65 → 6 + 5 = 11 (karena digitnya lebih dari 10, maka 1 ditambahkan dengan digit didepannya. Maka dari itu akan menyisakan angka 1)
(6 + 1)_1_5 = 715
Jadi hasil 65 x 11 = 715.

Perkalian Angka 5

Cara hitung perkalian cepat dengan mudah selanjutnya yaitu perkalian angka 5. Tips perkalian ini ialah membagi bilangan itu dengan dua dan mengalikannya lagi dengan 10. Agar anda lebih paham mengenai metode perkalian ini, maka perhatikan contoh soal seperti berikut:

842 x 5 = … ?
Maka 842 : 2 = 421
Kemudian 421 dikalikan 10 sehingga 421 x 10 = 4210
Jadi 842 x 5 = 4210

Sekian penjelasan mengenai cara hitung perkalian cepat Matematika dengan mudah. Cara menghitung perkalian dengan metode ini akan memudahkan anda untuk menyelesaikan soal soal perkalian yang ada. Selain itu waktu yang dibutuhkan juga lebih cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here