Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung dan Contoh Soalnya

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung dan Contoh Soalnya – Tabung merupakan bangun ruang yang tercipta dari gabungan bangun datar yakni lingkaran dan persegi panjang. Rumus tabung baik itu volume maupun luas permukaan pun menurut saya cukup mudah untuk dipelajari. Faktanya, materi tabung bahkan sudah mulai diperkenalkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku SMP.

Apa rumus luas irisan tabung? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal luas permukaan irisan tabung. Pada umumnya tabung yang dibelah menjadi dua dan diberikan papan pemisah akan menyebabkan bentuknya menjadi irisan. Pada umumnya rumus irisan tabung yang digunakan untuk mencari luas permukaannya dapat diperoleh berdasarkan rumus luas permukaan tabung secara umum. Dalam rumus luas irisan bangun tabung tersebut tentunya memuat rumus luas persegi panjang, karena di dalamnya terdapat pembatas tabung berbentuk persegi panjang.

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung dan Contoh Soalnya
Irisan Tabung

Materi irisan tabung tentunya telah diajarkan ketika di bangku sekolah. Materi ini membahas tentang rumus luas permukaan irisan tabung, cara menghitung luas permukaan irisan tabung dan contoh soal luas permukaan irisan tabung. Pada umumnya bangun tabung terdiri dari satu selimut berbentuk persegi panjang dan dua lingkaran di bagian tutup dan atapnya. Untuk itu unsur penyusun tabung tersebut dapat berupa persegi panjang dan lingkaran jika ditinjau dari jaring jaring tabung yang dibuat.

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung dan Contoh Soalnya

Tak semua siswa familiar dengan materi irisan tabung karena minimnya pembahasan. Padahal kita bisa menjumpai contoh soal luas permukaan irisan tabung ketika ujian baik itu PAS, PAT, maupun ujian sekolah. Inilah poin penting mengapa pada artikel di bawah saya ingin membahas mater irisan tabung.

Meski demikian, ternyata menghitung luas permukaan irisan tabung tidaklah semudah membalik telapak tangan. Kita harus mengetahui ilmu dasar berupa rumus volume dan luasnya terlebih dahulu. Kalian tak akan menjumpai rumus cepat yang langsung membahas irisan tersebut. Melainkan kamu harus menghitungnya secara manual satu persatu.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumus luas irisan tabung dapat diperoleh berdasarkan rumus luas permukaan tabung secara umum. Cara menyelesaikan luas permukaan irisan tabung dapat dilakukan dengan rumus tertentu. Lalu bagaimana rumus irisan tabung itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas permukaan irisan tabung dan contoh soal luas permukaan irisan tabung.

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung

Pada umumnya rumus luas permukaan tabung dapat diperoleh berdasarkan rumus selimut tabung dan luas kedua lingkaran di dalamnya. Untuk itu kita dapat menyelesaikan luas selimut tabung terlebih dahulu sebelum menentukan luas lainnya. Luas selimut tabung tersebut memiliki bentuk persegi panjang sehingga keliling lingkaran (2πr) dapat dimisalkan panjang (p) dan tinggi tabung dapat dimisalkan lebar (l). Kita dapat menjabarkan persamaan pada rumus luas selimut tabung menjadi seperti berikut:

Luas Selimut = p . l
Luas Selimut = 2πr . t
Luas Selimut = 2πrt

Baca juga : Pengertian Aljabar, Cara Menyelesaikan, Unsur, dan Contoh Soal

Kemudian dalam tabung tersebut dapat dicari luas permukaannya dengan cara menjumlahkan luas tutup, luas atas dan luas selimut tabung itu. Luas permukaan secara umum inilah yang dapat digunakan untuk mencari rumus luas permukaan irisan tabung tersebut. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan tabung secara umum yaitu:

Luas Tabung = Luas Alas + Luas Tutup + Luas Selimut
Luas Tabung = 2(Luas Alas) + Luas Selimut
Luas Tabung = 2πr2 + 2πrt
Luas Tabung = 2πr(r + t)

Bentuk luas permukaan tabung dapat berupa 2πr(r + t). Untuk itu kita dapat memperoleh rumus luas irisan tabung dari luas permukaan tabung yang dibagi dua dan ditambahkan dengan luas persegi panjang. Untuk itu rumus irisan tabung dalam mencari luasnya dapat dinyatakan dalam bentuk seperti berikut:

Luas permukaan irisan = [(2 . π . r² + 2 . π . r . t)/2] + 2r . t
Luas permukaan irisan = π . r² + π . r . t + 2r . t
Luas permukaan irisan = r . (π.r + π.t + 2t)

Baca juga : Cara Konversi Satuan Panjang Beserta Contoh Soalnya

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rumus luas permukaan irisan tabung dapat menjadi seperti berikut:

Luas permukaan irisan tabung = r . (π.r + π.t + 2t)

Contoh Soal Irisan Tabung

Setelah menjelaskan tentang rumus luas irisan tabung di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal luas permukaan irisan tabung berdasarkan rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Tentukan luas permukaan irisan tabung jika tinggi tabung 10 cm dan jari jarinya 14 cm?

Pembahasan.
t = 10 cm
r = 14 cm
Luas permukaan irisan tabung = r . (π.r + π.t + 2t)
                                            = 14 . (22/7 . 14 + 22/7 . 10 + 2 . 10)
                                            = 14 . 95,42
                                            = 1335,88 cm²
Jadi luas permukaan irisan tabung tersebut ialah 1335,88 cm².

Sekian penjelasan mengenai rumus luas permukaan irisan tabung dan contoh soal luas permukaan irisan tabung. Rumus luas irisan tabung diperoleh dari rumus luas tabung yang dibagi dua dan ditambah dengan luas persegi panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca rumus irisan tabung di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here