Satu Galon Berapa Liter? Jawaban dan Cara Menghitung

Satu Galon Berapa Liter? Jawaban dan Cara Menghitung – Ada berapa liter dalam satu galon? Pertanyaan seperti ini seringkali dipertanyakan oleh beberapa orang. Galon dan liter ini termasuk dalam satuan yang sering digunakan sebagai ukuran volume. Standar ukuran galon di dunia secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu galon berdasarkan versi AS (Amerika Serikat) dan galon standar Inggris.

Dalam kehidupan sehari hari tentunya sering menggunakan galon. Galon tersebut dapat dikonversikan menjadi bentuk satuan lain. Misalnya saja satuan liter. Lantas bagaimana cara menghitung konversi galon ke liter? Berapa jawaban satu galon berapa liter? Galon secara umum memang digunakan untuk mengetahui ukuran jumlah air yang dapat kita konsumsi. Maka dari itu proses konversi satuan galon ke liter ini sangat penting untuk dipahami.

Satu Galon Berapa Liter
Ukuran Satuan Galon

Galon sebenarnya tidak hanya sekedar nama resmi suatu wadah air yang digunakan untuk menampung ulang air mineral. Namun galon ini termasuk dalam golongan satuan volume. Satuan ini sering disandingkan dengan satuan lain yaitu liter. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban satu galon berapa liter dan cara menghitung konversi satuan galon. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Satu Galon Berapa Liter? Jawaban dan Cara Menghitung

Sebelum menjelaskan ada berapa liter dalam satu galon tersebut. Kita akan memberikan penjelasan terkait galon tersebut. Galon yang kita maksud tersebut merupakan takaran atau ukuran benda cair. Galon (ga-lon) dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan satuan takaran untuk barang cair seperti bensin, air dan lain lain. Sedangkan istilah galon di Indonesia memang cukup bergeser.

Di Indonesia tersebut terdapat pergeseran makna galon. Galon ini digunakan untuk ukuran suatu barang cair dan sebagai tempat untuk menampung air. Maka dari itu pertanyaan satu galon berapa liter memang sering dipertanyakan. Jawaban ini dapat anda ketahui dengan memahami pengertian galon terlebih dahulu.

Baca juga : Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Jawabannya

Galon dan liter pada umumnya memiliki takaran yang berbeda. Namun di negara Inggris dan Amerika Serikat terdapat konsep dasar seperti di bawah ini:

  • 1 galon = 3.785 liter (Amerika Serikat)
  • 1 galon = 4.546 liter (Inggris)

Konsep di atas dapat digunakan untuk mengetahui ada berapa liter dalam satu galon. Namun untuk konversi satuan galon di Indonesia tersebut sedikit berbeda dengan konsep dasar di atas.

Satu Galon Berapa Liter?

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan istilah galon di Indonesia memiliki arti sebagai satuan dan tempat penampungan air. Galon ini termasuk dalam kemasan brand air minum seperti Aqua. Di Indonesia terdapat takaran satu galon setara dengan 17 – 19 liter. Takaran galon ini memiliki penyebutan yang berbeda beda untuk masing masing negara karena disesuaikan dengan kebutuhan. Maka dari itu ukuran galon di Amerika Serikat, Inggris dan Indonesia tersebut berbeda beda.

Baca juga : Perbedaan Metode, Strategi, Pendekatan, dan Teknik Pembelajaran

Sebutan gallon secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis ukuran yaitu meliputi:

  • Imperial gallon (imp gal) = 4,54609 litres. Ukuran tersebut digunakan di negara Kanada, Inggris dan negara negara yang ada di Kepulauan Karibia.
  • US gallon (US gal) = 231 kubik inci atau lebih tepatnya 3,785411784 liter. Ukuran tersebut digunakan untuk negara Amerika Serikat serta negara negara yang ada dikepulauan Karibia dan Amerika Latin.
  • Galon kering AS (usdrygal) = 1/8 gantang AS (4,40488377086 liter).

Cara Menghitung Konversi Satuan Galon

Berdasarkan penjelasan di atas tentunya anda telah mengetahui jawaban satu galon berapa liter. Secara umum ukuran 1 galon = 19 liter. Dalam 1 galon air minum sebenarnya dapat menampung 5 ukuran galon, terlebih lagi jika dikonversikan dalam jumlah liter. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan seperti berikut:

  • Kita menghitung nilai 18.9271 liter : 1,5 liter = 12,618 kali.
  • Dari perhitungan ini diperoleh 12 kali isi ulang berjumlah 1,5 liter = 18 liter.
  • Lalu tersisa 0,9271 liter, sisa ini dapat diisi menjadi lebih presisi menggunakan gelas ukur.

Sekian penjelasan mengenai jawaban satu galon berapa liter dan cara menghitung konversi satuan galon. Galon merupakan takaran atau ukuran benda cair. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here