Nilai Dasar Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman

Nilai Dasar Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman – sebagai warga negara Indonesia seharusnya kalian tau apa dasar negara kita, ya dasar negara kita adalah Pancasila. Setelah disahkannya Pancasila sebagai dasar negara dan juga pandangan hidup rakyat indonesia yang sangat logis. Maka nilai nilai dalam Pancasila dijadikan sebagai landasan pokok (fundamental) bagi penyelenggaraan berbangsa dan berbegara.

Taukah kalian? Pancasila adalah dasar negara sekaligus ideologi bangsa Indonesia. Tanpa perlu saya sampaikan, harusnya kalian sudah hafal semua silanya. Yang terdiri dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial. Uniknya, semua sila tersebut saling memiliki keterikatan.

Nilai yang terkandung dalam pancasila

Lantas kenapa nilai nilai dasar pancasila sesuai dengan perkembangan zaman? pertanyaan ini mungkin terdengar asing. Tapi secara singkat, kita bisa menjawab karena Pancasila dapat menyesuaikan diri dari modernisasi sekaligus perubahan. Dengan kata lain, nilai-nilai tersebut tetap dapat diterapkan dalam berbagai kehidupan bangsa dari masa ke masa.

Sesuai dengan judul di atas dalam artikel kali ini kita akan membahas kenapa Nilai Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman. Apakah kalian penasaran? bila iya maka simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Nilai Dasar Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman

Apa yang kalian ketahui tentang Pancasila sebagai dasar negara? Sebagai ideologi negara pancasila merupakan gagasan atau ide pokok yang di jadikan sebagi pedoman atau tuntunan dan juga arahan dalam mencapai cita cita bangsa dan juga mempertahan kemerdekaan yang sudah susah payah diperjuangankan oleh para pejuang bangsa.

Pancasila juga menjadi ideologi khusus milik bangsa Indonesia. Hal ini pun mengacu kembali pada fakta bahwa setiap negara memiliki pedoman berbeda sesuai nilai-nilai yang dianutnya. Oleh karenanya, pendidikan kewarganegaraan mulai diberikan kepada siswa bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Tujuannya adalah menanamkan ideologi dan dasar negara.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai penjelasan tentang nilai dasar pancasila sesuai dengan perkembangan zaman di jenjang SMA. Menurut saya pribadi materi ini mempunyai tingkat kesulitan cukup tinggi untuk dihafalkan. Mengapa demikian? sebab kita harus mempelajari hakikat serta membedah nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila 1 sampai 5.

Hakikat Pancasila

Perlu kalian ketahui bahwa nilai nilai Pancasila tidak berubah dan tidak boleh dirubah, ideologi Pancasila bersifat actual, dinamis, antisipatis dan senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Nilai dasar pancasila sesuai dengan perkembangan zaman karena sudah mengalami penyesuain dari berbagai aspek. Sehingga bisa memenuhi tantangan yang di hadapi serta kebutuhan warga. Baik berupa kemajuan dalam bidang iptek, maupun yang berhubungan dengan dinamika aspirasi masyarakat yang selalu berkembang.

Hal tersebut dikarenakan kita mempunyai ideologi yang bersifat terbuka. Nilai dasar Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman artinya akan terus melekat pada kelasungan hidup bernegara. Nilai nilai dasar tersebut selanjutnya dijabarkan dalam pasal UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Lantas apa yang dimaksud ideologi terbuka pancasila? untuk menjawabnya simaklah penjelasan menurut para ahli di bawah:

  1. Mubyarto berpendapat, bahwa ideologi adalah suatu doktrin, simbol, dan kepercayaan yang dianut sekelompok masyarakat atau bangsa. Ideologi tersebut selanjutnya menjadi pedoman sekaligus pegangan kerja untuk mencapai tujuan berbangsa.
  2. Menurut Soerjanto Poespowardoyo, Ideologi adalah konsep pengetahuan sekaligus nilai yang menjadi landasan masyarakat secara keseluruhan untuk memahami, mengolah, serta menentukan sikap.

Lantas mengapa muncul pendapat bahwa nilai dasar pancasila sesuai dengan perkembangan zaman? Bukan perkara mudah untuk menelaah hal tersebut. Faktanya, kita harus membedah serta mempelajari kandungan masing-masing sila lebih dalam lagi.

Kandungan Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Karakteristik utama ideologi terbuka adalah nilai serta cita citanya tidak bisa dipaksakan. Akan tetapi digali dan diambil dari kekayaan yang ada seperti moral, dan budaya, dan aspek kerohanian. Karena terlahir serta menjadi milik rakyat, maka konsensusnya pun juga harus berasal dari masyarakat.

Ketika masuk ke pelajaran PKN kita sering mendapat pertanyaan yang menyulitkan. Misalnya kenapa nilai dasar pancasila sesuai dengan perkembangan zaman? Untuk menjawabnya, maka simaklah kandungan ideologi pancasila berikut:

  1. Nilai Dasar, yaitu hakikat kelima sila Pancasila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, Keadilan. Nilai-nilai dasar tersebut bersifat universal, sehingga di dalamnya terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar ini bersifat tetap dan terlekat pada kelangsungan hidup negara.
  2. Nilai kemanusiaan: Semua warga negara memiliki keterkaitan serta hubungan sebagai makhluk sosial. Maka dari itu, semua anggota masyarakat harus menjaga sikap serta menjalin rasa kekeluargaan. Saling bertoleransi, tidak membedakan ras, suku, agama menjadi kunci utamanya.
  3. Nilai persatuan pancasila: Untuk menghadapi gempuran zaman maka masyarakat wajib mengikuti aturan yang berlaku. Selain itu, nilai ini juga diwujudkan dengan sikap mengedepankan kepentingan bangsa diatas pribadi.
  4. Nilai instrumental: penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar ideologi Pancasila. Misalnya program-program pembangunan yang dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat. Undang undang awer departemen sebagai lembaga pelaksana juga dapat berkembang. Pada aspek ini senantiasa dapat dilakukan perubahan.
  5. Nilai praksis: yaitu merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena mempunyai asas praktis membuat nilai pancasila bisa terus berkembangan sesuai perkembangan zaman.

Demikilanlah penjelasan singkat mengenai Nilai Dasar Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman. Uraian di atas membuktikan kepada kita bahwa Pancasila mampu menampung dinamika perkembangan masyarakat. Pancasila bukanlah ideologi tertutup, yang tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan dan bersifat kaku. Keterbukaan Pancasila sebagai ideologi merupakan salah satu keunggulan Pancasila sehingga tetap dipertahankan oleh bangsa Indonesia.

Tugas kita sebagai generasi muda, adalah untuk tetap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional. Upaya mempertahankan Pancasila, tidak hanya dengan tetap menjadikannya sebagai dasar negara dan tidak mengubahnya. Tetapi, yang paling utama adalah dengan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here