Akhlakul Karimah Artinya Apa? Hadits dan Contoh Sikapnya

Akhlakul Karimah Artinya Apa? Hadits dan Contoh Sikapnya – Dalam kehidupan sehari hari kita pasti berinteraksi dengan banyak orang. Nah, salah satu yang wajib diperhatikan adalah sikap kita kepada orang lain. Semakin baik sikap maka semakin baik pula orang lain akan membalasnya. Dalam islam kita mengenal konsep ini dengan sebutan akhlak.

Akhlakul karimah artinya apa? sebenarnya materi ini sering kali disinggung tak hanya di sekolah. Bahkan ketika berada di majelis ilmu seperti pengajian serta TPA guru pasti akan mengajarkanya. Mengapa demikian? sebab setiap individu wajib memiliki sikap akhlakul karimah tertanam di hati bahkan sejak dini.

Akhlakul karimah artinya apa? ketika mendapat pertanyaan demikian saya lebih suka menjawabnya sebagai sikap baik sesuai ajaran islam. Banyak sekali manfaat bila kalian menerapkan sikap akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Tidak hanya manusia yang memandang baik akan tetapi kalian juga akan terlihat baik oleh Allah SWT.

Surga pun juga sudah dijanjikan pula oleh Allah terhadap insan yang mampu mengamalkan akhluk karimah. Agar kalian termotifasi lagi untuk menerapkan sikap terpuji ini. Maka pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian akhlakul karimah. Selain itu, akan saya sajikan pula hadits tentang akhlakul karimah beserta lengkap dengan contohnya.

Akhlakul Karimah Artinya Apa? Hadits dan Contoh Sikapnya

Di sekolah pastinya guru akan mengajarkan siswanya untuk memiliki sikap dan perilaku terpuji. Sifat terpuji ini menyangkut banyak hal seperti kejujuran, sopan satun, gigih atau optimis dan lain sebagiannya. Dari tuntutan itu penting kiranya kita mempelajari akhlakul karimah artinya apa.

Seseorang dapat dikatakan memiliki akhlak yang baik jika timbul dengan sendirinya tanpa ada dorongan dari orang ataupun tanpa niat agar disenangi banyak orang apalagi mendapat banyak pujian. Hadits tentang akhlakul karimah pun beragam, salah satunya yakni Tirmidzi menjelaskan bahwa mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaknya.

Akhlakul Karimah Artinya Apa
Hadits akhlakul karimah

Contoh akhlakul karimah pun sebenarnya bisa kita jumpai dalam konteks kehidupan nyata. Banyak sikap maupun perbuatan orang lain, teman, keluarga, atau bahkan guru mencerminkan akhlak terpuji ini. Namun mayoritas siswa kurang mampu menyadarinya sebab mereka tidak menguasai materi dengan baik.

Padahal sedikit banyak pertanyaan akhlakul karimah artinya apa pasti muncul sebagai butir soal ujian. Untuk membantu kalian menguasai materi maka saya sudah siapkan pembahasan secara lengkap. Kita akan belajar pengertian, contoh, dan hadits tentang akhlakul karimah tersebut.

Pengertian Akhlakul Karimah

Sebelum kita membahas pengetian akhlakul karimah lebih baiknya kita tau dulu istilah dasarnya. Secara etimologi akhlaq mempunyai arti sesuatu yang lahir pada hati manusia kemudian munculah perbuatan-perbuatan yang mudah tanpa melalui proses pemikiran pertimbangan.

Kata akhlaq berasal dari kata khalaqa atau khalqun yang berarti kejadian, bentuk, ciptaan, tampilan, prilaku, tingkah laku, yang sepintas hanya berkonotasi lahiriyah. Padahal sebenarnya akhlaq itu meliputi yang bathiniyah (dalam) disamping yang lahiriyah. Terkadang seseorang yang baik, sopan satun, dan juga baik tutur katanya akan tetapi dalam hatinya tidak berakhlaq mulia.

Karena terkadang orang berbuat baik hanya untuk mencari perhatian dan juga pujian bahkan ada juga yang mempunyai niatan untuk menipu. Salah satu dari contoh sifat terpuji adalah Akhlakul karimah yang notabenya bersifat mulia. Kalau ada yang bertanya akhlakul karimah artinya apa maka jawabannya adalah sikap yang baik sesuai dengan ajaran agama islam.

Beberapa pakar serta cendikiawan muslim pun turut berpendapat. Berikut di bawah ini pengertian akhlakul kariman dari beberapa ulama atau para ahli dalam islam :

Menurut Ahmad bin Mushthafa:
Akhlak adalah sebuah ilmu yang memperlajari jenis-jenis keutamaan, dimana keutamaan itu ialah terwujudnya keseimbangan antara tiga kekuatan yakni kekuatan berpikir, marah dan syahwat atau nafsu.

Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani:
Akhlakul karimah adalah sesuatu yang sifatnya (baik atau buruk) tertanam kuat dalam diri manusia yang darinyalah terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa berpikir dan direnungkan.

Menurut Abu Hamid Al Ghazali:
Akhlak ialah sifat yang terpatri dalam jiwa manusia yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan senang dan mudah tanpa memikirkan dirinya serta tanpa adanya renungan terlebih dahulu.

Hadits Tentang Akhlakul Karimah

Masih penasaran akhlakul karimah artinya apa? untuk memahami konsep serta teorinya kita bisa cek langsung hadist yang menaunginya. Dalam sebuah hadits pun dikatakan bahwa ” Aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia“. Sehingga jelas bagi umat Islam diseluruh alam berpatokan pada akhlaknya nabi Muhammad SAW.

Dalil Tentang Akhlakul Karimah

Allah SWT berfirman: خُذِ ٱلعَفوَ وَأمُر بِٱلعُرفِ وَأَعرِضعَنِ ٱلجَٰهِلِينَ

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma´ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A’raf: 199).

Ayat ini singkat namun padat dan mengandung arti yang begitu luas. Dengan kalimatnya yang singkat ia sudah mencakup seluruh aspek akhlaqul karimah. Ayat ini memerintahkan kita kepada tiga hal:

Kata خذ العفو (maafkanlah) memerintahkan kita untuk memaafkan orang yang bersalah. Menyambung tali silaturrahmi kepada saudara yang mememutuskannya. Memperbaiki hubungan dengan orang lain. Memaafkan orang yang menyakiti kita dan lain sebagainya.

Kalimat ini mengandung segala bentuk memaafkan dan bersabar terhadap orang lain.
Kata وَأمُر بِٱلعُرفِ (suruhlah orang mengerjakan yang ma´ruf (baik).) mengandung perintah untuk menyeru kepada segala hal yang dianggap baik dalam syariat, baik berupa perkataan maupun perbuatan.

Kata وَأَعرِض عَنِ ٱلجَٰهِلِينَ (berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh) mengandung perintah untuk bersabar dan berpaling dari orang-orang bodoh serta memuliakan diri dengan tidak berdebat dengan mereka.

Hadits tentang akhlakul karimah pun tertulis pula pada hadis Arba’in An Nawawi dituliskan bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Dan ketahuilah bahwasannya, didalam tubuh itu ada segumpal daging yang apabila baik, maka baik pula amalnya, dan apabila buruk, maka buruk pula amalnya, dan ketahuilah bahwa ia adalah hati”.

Hadits ini dengan jelas menerangkan, bahwa hati adalah bagian terpenting dari tubuh manusia, sehingga apapun yang direncanakan oleh hati sejatinya akan sangat berpengaruh pada perbuatan yang akan dilakukan oleh pemiliknya.

Contoh Akhlakul Krimah

Setiap orang yang hidup pasti pernah menerapkan akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari hari. Akan tetapi kita tidak boleh sombong jika sudah menerapkan sikap terpuji tersebut. Pasti kalian sudah menyadari bukan akhlak mulia apa saya yang sudah kalian tanamkan dalam diri masing-masing.

Agar tak perlu lagi bertanya akhlakul karimah artinya apa maka kita harus melihat pula contohnya. Saya akan sajikan beberapa contoh akhlakul karimah baik disekolah, rumah, serta lingkungan sekitar.

Contoh Akhlakul Karimah sesuai dengan perintah Allah SWT:

  1. Rendah hati, tidak sombong (Q.S Luqman 31:18)
  2. Iffah (menahan diri dari melakukan yang terlarang)
  3. Syukur (Q.S An-Nahl, 16 : 14)
  4. Hilmun (menahan diri dari marah)
  5. Kana’ah (merasa cukup dengan apa yang ada)

Contoh Akhlakul Karimah Di sekolah:

  1. Makan dan main Bersama Sama.
  2. Datang Ke Sekolah Tepat Waktunya.
  3. Selalu Mengikuti Perintah Gurunya.
  4. Makan dan main Bersama Sama.
  5. Datang Ke Sekolah Tepat Waktunya.
  6. Selalu Mengikuti Perintah Gurunya.

Contoh Akhlakul Karimah Dalam Kehidupan Sehari Hari:

Berbakti kepada orang tua: Islam menjadikan berbakti kepada kedua orang tua sebagai sebuah kewajiban yang sangat besar. Rasulullah saw bersabda ketika ditanya tentang amal – amal
sholeh paling tinggi dan mulia, “ sholat tepat pada waktunya.. berbuat baik kepada
kedua orang tua.. jihad di jalan Allah swt.” ( H.R. Bukhari dan Muslim )

Mematuhi perintah Allah: Sebagai hamba allah swt, sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim untuk senantiasa taat akan perintah Allah dan menjauhi segala larangnya.

Berbicara dengan kata-kata yang baik: Berbicara dengan kata-kata yang baik dan sopan seperti dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 23, diperintahkan untuk tidak berkata “ah” kepada kedua orang tua karena hal tersebut dapat menyakiti hatinya.

Ikhlas: Ikhlas adalah sebuah kata yang mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Ikhlas
adalah sebuah ibadah yang hanya bisa dilakukan oleh hati dan tidak bisa terlihat.

Nah, itulah penjelasan akhlakul karimah apa artinya beserta hadits yang menaunginya. Sangat penting bukan nerepakan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari hari?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here