Contoh Soal Bilangan Berpangkat Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Beserta Jawaban dan Pembahasannya – Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal bilangan pangkat itu? Materi perpangkatan ini tentunya telah kita pelajari dalam ilmu Matematika. Materi tersebut merupakan tahap berikutnya setelah mempelajari tentang bilangan bulat. Materi bilangan berpangkat ini memuat beberapa pembahasan seperti pengertian bilangan berpangkat maupun rumus bilangan berpangkat yang digunakan. Secara umum bilangan berpangkat terdiri dari beberapa jenis seperti bilangan berpangkat bulat positif, bilangan berpangkat nol maupun bilangan berpangkat negatif.

Apakah anda tahu cara menyelesaikan contoh soal bilangan berpangkat tersebut? Bagi beberapa siswa tentunya masih kesulitan untuk memahami dan mengerti materi bilangan pangkat tersebut. Hal ini disebabkan bentuk soalnya yang terlihat rumit dibandingkan materi Matematika lainnya. Pada kenyataannya materi perpangkatan ini dapat dikerjakan dengan mudah menggunakan rumus rumus pangkat yang tersedia. Disisi lain bilangan berpangkat juga memiliki operasi hitung yang berbentuk pembagian maupun perkalian.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Beserta Jawaban Terlengkap
Materi Perpangkatan

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Pengertian bilangan berpangkat sendiri ialah perkalian bilangan yang lebih sederhana bentuk di dalamnya. Bilangan berpangkat ini memuat beberapa sifat di dalamnya dengan unsur yang berbeda seperti pembagian, perkalian dan lain lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal bilangan berpangkat beserta jawaban dan pembahasannya.

Rumus perkalian pangkat tentunya berbeda dengan rumus pembagian pangkat. Kedua rumus perpangkatan ini memiliki pengerjaan yang berbeda, tetapi syarat ketentuannya sama. Syarat yang dimaksud yaitu bilangan pokok atau bilangan yang akan dipangkatkan harus sama, baik dalam operasi pembagian ataupun perkalian.

Baca juga : Rumus Volume Tembereng Bola dan Contoh Soalnya

Dalam materi sebelumnya kita telah menjelaskan tentang beberapa rumus bilangan berpangkat yang digunakan. Rumus ini dapat berupa rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol dan rumus pangkat negatif. Agar anda lebih memahami mengenai materi perpangkatan tersebut, maka saya akan membagikan beberapa soal terkait materi ini. Berikut contoh soal bilangan berpangkat yaitu sebagai berikut:

1. Hitunglah hasil perkalian dari 7³ x 7²?

Pembahasan.
7³ x 7² = 7³⁺²
           = 7⁵
           = 16.807

2. Hitunglah hasil dari perkalian 4³ x 4³?

Pembahasan.
4³ x 4³ = 4³⁺³
           = 4⁶
           = 4096

Baca juga : Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya Lengkap

3. Hitunglah pembagian dari 9¹³ : 9¹⁰?

Pembahasan.
Contoh soal bilangan berpangkat tersebut dapat kerjakan menggunakan langkah seperti di bawah ini:
9¹³ : 9¹⁰ = 9¹³‾¹⁰
              = 9³
              = 729

4. Hitunglah hasil dari 600⁰ + 60⁰ + 6000⁰ + 7500⁰?

Pembahasan.
600⁰ + 60⁰ + 6000⁰ + 7500⁰ = 1 + 1 + 1 + 1 = 4

Catatan:
Bilangan berapapun nilainya akan memiliki hasil berupa satu jika dipangkatkan dengan nol.

5. Hitunglah hasil dari 5‾²?

Pembahasan.
5‾² = 1/(5)²
      = 1/25
      = 0,04

Sekian contoh soal bilangan berpangkat beserta jawaban terlengkap yang dapat saya bagikan. Materi perpangkatan pada umumnya memiliki rumusnya sendiri untuk menyelesaikan soal soal pangkat yang tersedia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here