Pengertian Memo, Ciri Ciri, Struktur dan Contoh Lengkap

Pengertian Memo, Ciri Ciri, Struktur dan Contoh Lengkap – Dalam materi Bahasa Indonesia tentunya kita pernah mendengar adanya istilah surat atau pesan. Pesan atau surat ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah pesan ringkas atau memo. Pesan ringkas atau memo dapat diartikan sebagai bentuk pesan atau surat yang ditujukan untuk seseorang dengan penulisan yang jelas, ringkas dan padat. Untuk itulah memo menurut penggunaannya termasuk dalam surat tidak resmi atau pribadi. Namun adapula yang mengaitkan memo sebagai surat resmi. Lalu apa ciri ciri memo itu? Apa saja struktur memo? Apa saja fungsi memo? Bagaimana cara membuat contoh memo? Memo yang sifatnya resmi berguna untuk menyatakan hubungan resmi antara bawahan dengan pimpinannya. Maka dari itu pengeluaran memo resmi dilakukan oleh organisasi, lembaga ataupun instansi.

Kemudian adapula memo yang tidak resmi, dimana penggunaannya untuk menyatakan surat atau nota tidak resmi kepada saudara, teman maupun orang lain yang memiliki hubungan akrab. Maka dari itu pengeluaran memo tidak resmi ditujukan untuk orang yang termasuk dalam instansi, organisasi ataupun lembaga tertentu. Pengertian memo secara singkat ialah surat yang pembuatannya ditujukan untuk kepentingan dalam organisasi atau kantor secara khusus. Pembuatan pesan ringkas ini tentunya disesuaikan dengan ciri ciri memo, struktur memo dan jenis jenis memonya. Maka dari itu contoh memo yang dibuat menjadi lebih padat, langsung pada intinya dan tidak bertele tele. Lantas akapah anda tahu tujuan memo dan fungsi memo itu?

Pengertian Memo, ciri ciri, jenis, dan contoh memo resmi tidak resmi
Pengertian Memo, ciri ciri, jenis, dan contoh memo resmi tidak resmi

Memo pada dasarnya dapat disampaikan dengan cara yang vertikal maupun horizontal. Penyampaian memo secara horizontal dilakukan oleh pihak pihak yang mempunyai jabatan setara. Sedangkan penyampaian memo secara vertikal dilakukan oleh pihak bawahan kepada atasan atau sebaliknya dengan tujuan untuk memerintah atau mengingatkan sesuatu. Memo memang berbeda dengan surat pada umumnya karena kata kata yang digunakannya cenderung sedikit dan lebih mengarah pada tujuannya sekaligus. Akan tetapi meskipun singkat tentunya memiliki beberapa bagian atau struktur di dalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian memo, ciri ciri memo, struktur memo, dan contoh memo lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Memo, Ciri Ciri, Struktur dan Contoh Lengkap

Memo dapat diartikan sebagai sebuah tulisan untuk seseorang yang disusun dengan padat, singkat dan jelas serta memiliki sifat informal. Memo ditulis dengan cara diketik, ditulis tangan dan biasanya jumlah barisnya kurang dari 10. Memo berfungsi untuk menegaskan dan mengingatkan akan urusan atau sesuatu hal. Untuk itulah memo berisi instruksi, saran, tugas, permintaan, pemberitahuan dan pesan pesan tertentu. Selain itu adapula tujuan memo yaitu untuk memberikan dan meminta petunjuk atau informasi dari seseorang yang lebih kompeten. Untuk itulah memo dapat bersifat resmi. Apapun bentuk memonya tentunya dibuat dengan struktur yang sama. Struktur memo inilah yang membuat contoh memo menjadi lebih baik dan langsung merujuk pada inti pembahasannya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian memo ialah bentuk pesan atau surat yang ditujukan untuk seseorang dengan penulisan yang jelas, ringkas dan padat. Fungsi memo dan tujuan memo telah saya jelaskan di atas. Kemudian saya akan menjelaskan tentang ciri ciri memo. Memo memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Penyampaian kepada maklumatnya harus terus dan jelas maksudnya.
  • Pastinya harus lengkap tarikh, tanda tangan, nomor rujukan, perkara dan lain lain.
  • Memo dapat ditulis dengan ciri ciri penulisan surat resmi pada umumnya.
  • Memo memiliki catatan salinan kepada, bentuknya lebih ringkas dan tidak terlalu formal.
  • Tidak memiliki hubungan dengan pihak tertentu seperti yang ada pada surat resmi.
  • Penulisan memo dapat berbentuk surat ataupun orang. Hal ini disesuaikan dengan format memo pada jabatan atau institut tertentu seperti dari atasan yang memberikan perintah kepada bawahan.

Struktur Memo

Pernahkah kalian mendapatkan secarik kertas berisikan informasi yang bersifat mengingatkan? jika iya itulah contoh memo. Dalam konteks kehidupan nyata memo sering kali dipakai untuk berbagai kepentingan tidak hanya catatan saja. Tapi apakah kalian pernah memperhatikan struktur bagaimana seseorang menulis memo?

Setelah membahas tentang definisi memo dan ciri ciri memo di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang struktur memo. Memo memiliki beberapa struktur di dalamnya seperti:

  • Kepala memo yang berisi nama pengirim, nama penerima dan kop memo (untuk kategori memo resmi).
  • Badan memo yang berisi isi dari memo itu sendiri.
  • Kaki memo yang berisi nama jelas dan tanda tangan dari pembuat memonya.

Jenis Jenis Memo

Ada berapa jenis memo berdasarkan buku pedoman bahasa Indonesia? Pada dasarnya hanya ada dua jenis saja. Penggolongan jenis tersebut mengacu pada lawan atau kepada siapakah memo tersebut dibuat.

Sebelum membagikan contoh contoh memo, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai jenis jenis memo. Adapun macam macam memo yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Memo bersifat resmi ialah jenis memo yang digunakan untuk menghubungkan atasan dengan bawahan sehingga bentuknya surat pernyataan resmi.
  • Memo tidak resmi (bersifat pribadi) ialah memo yang penggunaannya dilakukan antar saudara, teman dan orang lain yang dianggap akrab sehingga bentuknya surat pernyataan tidak resmi atau nota.

Contoh Memo

Setelah menjelaskan tentang pengertian memo, ciri ciri memo, struktur memo dan macam macam memo di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh contoh memo yaitu sebagai berikut:

Memo Internal

Nomor      : 02/IPPJK/V/2019
Lampiran : 1
Sifat           : Penting

Yth. Direktur Rumah Sakit                                                                       Dari : Tim Pendidikan Keluarga dan Pasien
Pale Pajang

Unit/Bagian : Pendidikan Keluarga dan Pasien

Tembusan     :
Direktur Rumah Sakit Pale Pajang
Seluruh Karyawan Rumah Sakit Pale Pajang
Arsip
Tanggal          : 12 Januari 2019

Perihal            : Undangan Sosialisasi Penulisan Edukasi dan SOP Pemberian

Dengan hormat,
Demi membuat mutu dan kinerja tim Pendidikan Keluarga dan Pasien menjadi meningkat, maka akan dilakukan sosialisasi kepada para keluarga dan pasien tentang pemberian edukasi pada:
Hari/Tanggal : Senin 22 Januari 2019
Pukul               : 08.00 s/d selesai
Tempat            : Ruang IGD Rumah Sakit Pale Pajang
Agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar, maka kami sangat mengharapkan kehadiran saudara. Demikianlah pememberitahuan ini saya sampaikan dan terima kasih atas kerjasamanya.

Tim Akreditasi PJK

Daniel Rohmad, Amd, Kep
Ketua Pokja PJK

Sekian penjelasan mengenai pengertian memo, ciri ciri memo, struktur memo, dan contoh memo lengkap. Memo dapat diartikan sebagai tulisan untuk seseorang yang disusun dengan padat, singkat dan jelas serta memiliki sifat informal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi memo di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here