Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya Lengkap

Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya Lengkap – Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal membandingkan bilangan bulat itu? Materi perbandingan bilangan bulat tentunya telah diajarkan ketika di bangku sekolah dasar. Materi ini dapat anda pelajari dengan mudah karena pembahasannya cukup sederhana. Istilah bilangan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bilangan dalam Matematika dapat diartikan sebagai konsep Matematika yang memiliki nilai dari perhitungan jumlah tertentu. Bilangan ini mempunyai lambang atau simbol berbentuk angka.

Bilangan pada dasarnya berhubungan dengan hal hal yang cukup luas. Maka dari itulah dalam Matematika terdapat pembahasan mengenai cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam Matematika terdapat beberapa jenis bilangan seperti bilangan bulat, bilangan real, bilangan asli, bilangan rasional, bilangan imajiner, bilangan cacah, bilangan irasional, bilangan pecahan, bilangan kompleks dan lain lain. Materi bilangan bulat merupakan satu dari sekian jenis bilangan Matematika yang sering dibahas.

Apakah anda tahu contoh membandingkan bilangan bulat itu? Materi perbandingan bilangan bulat merupakan materi yang berisi hal hal terkait bilangan bulat itu sendiri. Bilangan bulat dapat didefinisikan sebagai kumpulan atau himpunan bilangan yang memiliki nilai berbentuk bulat. Bilangan bulat ini memuat bilangan lain di dalamnya yaitu bilangan cacah dan bilangan bulat negatif. Biasanya bilangan bulat sering dilambangkan dengan huruf B atau huruf Z. Asal lambang huruf Z tersebut dari bahasa Jerman yaitu kata Zehlan dengan arti bilangan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak bawah ini.

Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya Lengkap

Bilangan bulat pada umumnya memang mengandung beberapa bilangan lain di dalamnya yaitu bilangan positif, bilangan negatif dan bilangan nol. Bilangan nol tersebut dapat disebut bilangan netral karena tidak termasuk dalam bilangan negatif ataupun bilangan positif. Bilangan bulat dapat dituliskan dalam bentuk B = {…, -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, …}. Dalam garis bilangan ini, kita dapat menggambarkan bilangan bulat seperti berikut:

Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya Lengkap
Garis Bilangan Bulat

Baca juga : Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Berdasarkan garis bilangan bulat di atas dapat kita jumpai perbedaan nilai yang berbeda. Misalnya nilai -1 dengan 1 yang jarak awalnya dari 0. Kedua angka ini berbeda nilainya karena arahnyapun berbeda. Sebelum membahas tentang cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal bilangan bulat ini. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai tanda perbandingan bilangan bulat yang digunakan. Tanda tanda yang dimaksud ialah:

  • Tanda “=” yang dibaca sama dengan.
  • Tanda “<” yang dibaca kurang dari.
  • Tanda “>” yang dibaca lebih dari.

Dalam garis bilangan bulat terdapat bilangan sebelah kiri yang bernilai kurang dari bilangan dengan letak sebelah kanan. Misalnya -4 kurang dari 2 (-4 < 2). Nilainya kurang dari dikarenakan -4 terletak di sebelah kiri 2. Berbeda lagi dengan 5 lebih dari 2 (5 > 2), karena angka 5 terletak disebelah kanan 2. Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan yaitu:

  • Bilangan pada garis bilangan yang letaknya semakin ke kanan akan bernilai semakin besar.
  • Bilangan pada garis bilangan yang letaknya semakin ke kiri akan bernilai semakin kecil.

Simpulan di atas dapat diterapkan untuk melakukan cara membandingkan bilangan bulat tersebut. 

Baca juga : Pengertian Fungsi Komposisi, Rumus, Sifat dan Contoh Soal

Contoh Soal Membandingkan Bilangan Bulat

Setelah menjelaskan tentang cara perbandingan bilangan bulat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh membandingkan bilangan bulat. Berikut contoh soal materi perbandingkan bilangan bulat yaitu:

Tentukan manakah yang lebih kecil antara -512 dengan -124?

Pembahasan.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa perbandingan bilangan bulat dapat dilakukan dengan konsep nilai bilangannya akan semakin kecil jika letaknya semakin ke kiri dan nilainya akan semakin besar jika letaknya semakin ke kanan. Maka dari itu bilangan -512 lebih kecil daripada -124. Hal ini dikarenakan bilangan -512 terletak di sebelah kiri bilangan -124.

Sekian penjelasan mengenai cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat lengkap. Dalam bilangan bulat terdapat beberapa bilangan lain seperti bilangan nol, bilangan negatif dan bilangan positif. Selain itu adapula bilangan cacah di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here