Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan

Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan – Apa yang dimaksud ekosistem? Pengertian ekosistem adalah sistem ekologi yang asalnya dari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya sehingga kedua komponen tersebut tidak dapat terpisahkan. Dalam ekosistem tentunya terdapat tatanan kesatuan diantara semua unsur lingkungan hidup yang utuh dan menyeluruh sehingga saling berpengaruh satu sama lain. Asal ekosistem sendiri memang dari setiap unit biosistem yang tergabung satu sama lain.

Lantas gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan apa? Dalam sistem ekosistem pada umumnya terdapat organisme yang saling berinteraksi dengan lingkungan fisik sehingga terjadi aliran energi dan siklus materi anorganisme yang menuju struktur biotiknya. Dalam ekosistem sendiri terdapat matahari yang merupakan sumber dari seluruh energi. Maka dari itu secara bersama sama terdapat perkembangan komunitas dan organisme tertentu hingga dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan
Terjadinya Ekosistem

Seperti yang kita tahu bahwa interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungan pasti terjadi. Hal ini dikarenakan hubungan ini akan menghasilkan keseimbangan dalam kehidupan. Ekosistem ini memang bersifat ketergantungan antar setiap komponen. Misalnya hubungan komponen biotik dan abiotik pada ekosistem kolam. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan

Seperti yang kita tahu bahwa ekosistem biotik dan ekosistem abiotik saling berinteraksi dalam sistem ekosistem. Komponen komponen ini melakukan interaksi dengan lingkungannya seperti melakukan predasi atau pemangsaan, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, kompetisi atau persaingan, antibiosis, dan simbiosis mutualisme.

Lantas gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan apa? Ekosistem pada umumnya tergolong hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Pembahasan mengenai ekosistem tersebut dapat kita pelajari dalam ilmu ekologi. Lalu ekosistem yang saling berkumpul ini akan menghasilkan adanya bioma. Dimana beberapa bioma yang berkumpul tersebut akan membentuk biosfer.

Secara umum ekosistem terdiri dari dua jenis komponen yaitu komponen hidup dan komponen tidak hidup. Komponen hidup sering disebut dengan komponen biotik. Sedangkan komponen tidak hidup disebut juga dengan komponen abiotik. Ketika dibangku sekolah tentunya kita pernah mempelajari tentang materi ekosistem. Materi tersebut bahkan menjadi bahan soal soal ujian seperti di bawah ini:

Gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan . . .
A. Populasi
B. Biosfer
C. Komunitas
D. Ekosistem

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan D. Ekosistem.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan ekosistem. Terjadinya ekosistem tersebut disebabkan karena kedua komponen saling berhubungan satu sama lain. Oleh karena itu konsep ekosistem ini mengandung hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here