Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contoh Soalnya – Materi perbandingan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Materi ini telah diajarkan ketika dibangku sekolah dasar yang dimasukkan dalam kategori aritmatika. Lalu apa itu perbandingan? Pengertian perbandingan ialah usaha yang dilakukan untuk membandingkan dua atau lebih objek dengan rumus yang tepat. Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal perbandingan itu? Soal soal perbandingan ini tentunya dapat diselesaikan dengan rumus yang ada. Biasanya didalamnya terdapat pembahasan mengenai perselisihan nilai pelajaran, umur, tinggi badan, berat badan dan masih banyak lagi.

Dalam Matematika terdapat jenis jenis perbandingan yang dapat dibagi menjadi dua kategori. Macam macam perbandingan tersebut ialah perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Bagaimana rumus perbandingan senilai dan berbalik nilai itu? Bagaimana contoh soal perbandingan senilai dan berbalik nilai? Perbandingan senilai pada umumnya memiliki persamaan nilai tetap, sedangkan perbandingan berbalik nilai cenderung terbalik nilai tetapnya. Maka dari itu rumus pada perbandingan senilai dan berbalik nilai pastinya tidak sama.

Apa pengertian perbandingan secara umum? Apa pengertian perbandingan senilai? Apa pengertian perbandingan berbalik nilai? Bagaimana cara menghitung perbandingan senilai dan berbalik nilai? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus perbandingan lengkap dengan contoh soal perbandingan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Perbandingan secara umum dapat diartikan sebagai cara membandingkan dua atau lebih hal tertentu dalam bentuk ukuran ataupun jumlah. Perbandingan ini juga dapat didefinisikan sebagai penyederhanaan nilai pecahan. Untuk itu kita dapat menggunakan cara aritmatika untuk menyelesaikan perbandingan senilai maupun perbandingan berbalik nilai. 

Baca juga : Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat dan Contoh Soal

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa pengertian perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai tersebut berbeda. Selain itu rumus yang digunakannyapun berbeda. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai rumus perbandingan lengkap dengan contoh soal perbandingan, baik perbandingan senilai maupun perbandingan berbalik nilai. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai dapat diartikan sebagai usaha membandingkan besar salah satu nilai variabel antara dua objek atau lebih yang bertambah sehingga bertambah pula variabel lainnya. Dengan begitu jumlah variabel pada perbandingan senilai ini sama. Contohnya jumlah harga barang yang sama dengan jumlah barang dibeli, waktu menyimpan dengan jumlah tabungannya, gaji pekerja dengan jumlah pekerjanya dan lain lain. Perbandingan senilai memiliki rumus tertentu yang digunakan yaitu:

Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Rumus perbandingan senilai di atas memuat nilai a1 yang sama dengan b1, begitu pula dengan a2 yang nilainya sama dengan b2.

Perbandingan Berbalik Nilai

Pengertian perbandingan berbalik nilai ialah usaha membandingkan besar nilai salah satu variabel antara dua objek atau lebih yang bertambah sehingga nilai pada variabel lainnya menjadi berkurang. Misalnya waktu makanan habis dengan jumlah hewannya, waktu penyelesaian pekerjaan dengan jumlah pekerja dan lain lain. Perbandingan berbalik nilai ini juga memiliki rumusnya sendiri. Berikut rumus yang digunakan yaitu:

Rumus Perbandingan Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Rumus perbandingan berbalik nilai di atas memuat nilai a1 yang berbalik dengan b2, begitu pula dengan a2 yang nilainya berbalik dengan b1.

Baca juga : Contoh Soal Kerucut dan Jawabannya Lengkap

Contoh Soal Perbandingan

Setelah menjelaskan rumus materi perbandingan senilai dan berbalik nilai di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Diketahui 10 orang pekerja membuat kolam dengan besar gaji seluruh pekerja ialah Rp 400.000. Tetapi pembuatan kolam ingin dipercepat oleh pemiliknya sehingga 2 orang lagi ditambahkan. Hitunglah tambahan jumlah gajinya?

Pembahasan.
Diketahui : a1 = 10, b1 = 400.000, a2 = 2
Ditanyakan : b2 = ?
Jawab :
Contoh soal perbandingan ini dapat diselesaikan dengan konsep senilai. Untuk itu hasilnya akan seperti berikut:
        a1/b1 = a2/b2
10/400.000 = 2/b2
      10 x b2 = 400.000 x 2
             b2 = 800.000/10
             b2 = 80.000
Jadi tambahan jumlah gaji pekerjanya ialah 80.000.

2. Dalam waktu 30 hari terdapat 6 pekerja yang melakukan pembangunan rumah. Jika jumlah pekerjanya menjadi 10 orang, maka rumah tersebut akan selesai dalam waktu berapa hari?

Pembahasan.
Diketahui : a1 = 6, b1 = 30, a2 = 10
Ditanyakan : b2 = ?
Jawab :
Contoh soal ini dapat diselesaikan dengan rumus perbandingan berbalik nilai. Untuk itu hasilnya akan seperti berikut:
a1/b2 = a2/b1
  6/b2 = 10/30
6 x 30 = 10 x b2
      b2 = 180/10
      b2 = 18
Jadi rumah tersebut akan selesai dalam waktu 18 hari.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus perbandingan lengkap dengan contoh soal perbandingan. Perbandingan merupakan cara membandingkan dua atau lebih hal tertentu dalam bentuk ukuran ataupun jumlah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perbandingan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here