Materi Bilangan Real: Pengertian, Sifat, Jenis, dan Contohny

Pengertian Bilangan Real dan Contohnya Terlengkap – Apa definisi bilangan real itu? Bagaimana contoh bilangan real? Apa saja jenis jenis bilangan real itu? Bilangan Matematika memang dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Macam macam bilangan Matematika ini dapat berupa bilangan real maupun bilangan imajiner. Salah satu jenis bilangan yang sering menjadi pembahasan ialah bilangan real. Bilangan tersebut sebenarnya masih dapat di bagi menjadi beberapa jenis lagi. Masing masing bilangan real ini mempunyai contoh dan karakteristik yang tidak sama atau berbeda. Untuk itu penting sekali memahami masing masing jenis bilangan real yang ada.

Pengertian Bilangan Real dan Contohnya Terlengkap

Bilangan real sebenarnya dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Dalam pembahasan mengenai materi bilangan real tentunya terdapat beberapa hal yang di bahas seperti pengertian bilangan real, jenis jenis bilangan real, sifat sifat bilangan real dan contoh bilangan real. Bilangan real ini berbeda dengan bilangan imajiner, baik dari segi pengertian sampai lambang dan simbol di dalamnya. Bilangan imajiner memiliki lambang berupa i dengan konsep √-1. Sedangkan bilangan real lebih populer dengan nama bilangan nyata. Jenis bilangan Matematika tersebut banyak digunakan dalam operasi hitung bilangan pada umumnya.

Materi Bilangan Real: Pengertian, Sifat, Jenis, dan Contohnya

Secara tidak langsung contoh bilangan real bisa kalian temukan implementasinya dalam berbagai bidang. Misalnya penggunakan bilangan real dalam penyelesaian masalah sehari hari menggunakan perhitungan dan operasi bilangan di dalamnya. Kemudian dalam bidang fisika, kimia dan matematika juga terdapat bilangan real yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan formula dan rumus tertentu.

Adapula penggunaan bilangan real pada bidang lainnya seperti akuntansi atau pembuktian, penulisan nominal mata uang, penulisan hasil pengukuran dan lain lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bilangan real dan contoh bilangan real terlengkap.

Bilangan real atau bilangan riil memang dapat diartikan sebagai sistem bilangan yang bentuk penulisannya berupa desimal. Angka desimal sendiri dapat didefinisikan sebagai angka dengan basis 10 yang berasal dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dalam pembentukannya. Berdasarkan ahli Matematika menjelaskan bahwa bilangan real memiliki lambang notasi yang berbentuk huruf R.

Contoh Bilangan Real

Setelah kita tahu mengenai pengertian bilangan real tersebut, maka saya akan memberikan pula contoh bilangan real. Bilangan riil dapat dicontohkan dalam bentuk seperti berikut:

  • -1,75 yang dibaca minus satu koma tujuh lima.
  • -20,21 dengan pembacaan minus dua puluh koma dua satu.
  • -7 dengan pembacaan minus tujuh.
  • 0
  • 1
  • 22
  • 10,25
  • ¼ = 0,25
  • √5 = 2,236067…
  • Kontanta euler, dimana e = = 2,718281…
  • Konstanta phi, dimana π = 3,141592…
  • 75% = 0,75
  • sin 40º = 0,643787…

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam contoh bilangan riil tersebut terdapat pembentukan angka dengan konsep desimal atau basis 10. Kemudian adapula pengertian bilangan riil menurut Bahasa Inggris yang berasal dari kata “Real” dengan arti nyata. Maka dari itu bilangan real ini pasti ditemukan dalam garis bilangan tersebut. Penggunaan garis bilangan sendiri ialah untuk menjelaskan macam macam bilangan real tersebut. Contohnya dalam penggaris angka yang memuat bilangan real. Pernyataan angka dalam bilangan real di penggaris dapat berbentuk titik titik.

Jenis Jenis Bilangan Real

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan real dan contoh bilangan real di atas. Selanjutnya saya akan membagikan macam macam bilangan real. Bilangan rill dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu diantaranya:

Bilangan Rasional
Macam bilangan riil yang pertama ialah bilangan rasional. Bilangan rasional merupakan bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan a dan b ialah bilangan bulat serta b ≠ 0. Maka dari itu contoh bilangan rasional dapat berupa 27, 0, -3,5 dan sebagainya.

Bilangan Irasional
Jenis bilangan real selanjutnya ialah bilangan irasional. Bilangan irasional merupakan bilangan yang bentuknya tidak berupa a/b sehingga penulisannya dapat berbentuk desimal. Contoh bilangan irasional sendiri yaitu e (euler) = 2,7182…, π (phi) = 3,1415… dan lain lain.

Sifat Sifat Bilangan Real

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan real, contoh bilangan real dan jenis jenis bilangan real di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang sifat sifat bilangan riil. Bilangan riil memiliki beberapa sifat seperti di bawah ini:

  • Tertutup yang bentuknya dapat berupa a + b = bilangan real (Penjumlahan) dan a x b = bilangan real (Perkalian).
  • Asosiatif yang bentuknya dapat berupa a + (b + c) = (a + b) + c (Penjumlahan) dan a x (b x c) = (a x b) x c (Perkalian).
  • Komutatif yang bentuknya dapat berupa a + b = b + a (Penjumlahan) dan a x b = b x a (Perkalian).
  • Unsur identitas yang bentuknya dapat berupa a + 0 = a (Penjumlahan) dan a x 1 = a (Perkalian).
  • Invers yang bentuknya dapat berupa a + (-a) = 0 (Penjumlahan) dan a x (1/a) = 1, dimana a ≠ 0 (Perkalian).
  • Distributif yang bentuknya dapat berupa a x (b + c) = (a x b) + (a x c) (Perkalian).

Sekian penjelasan mengenai pengertian bilangan real dan contoh bilangan real terlengkap. Bilangan real merupakan sistem bilangan yang bentuk penulisannya berupa desimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bilangan real di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here