RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 7 Format Terbaru K13 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 7 Format Terbaru K13 Revisi 2020 – Berdasarkan surat edaran (SE) nomor 14 tahun 2019 format penyusunan RPP telah berubah. Sekarang guru hanya perlu membuat RPP 1 lembar saja sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2020 yang ditetapkan menteri pendidikan Nadiem Makarim. Arahan inipun sudah disahkan dan akan diberlakukan total pada awal tahun mendatang. Maka dari itu guru harus bersiap untuk menghadapi perubahan arus pendidikan.

Sayangnya masih banyak guru yang belum bisa beradaptasi dengan perkembangan pendidikan di Indonesia. Mulai dari kurangnya sosialisasi hingga contoh RPP 1 lembar membuat banyak guru kebingungan. Sebenarnya apa saja yang harus dimasukan ketika menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran format terbaru? ini merupakan pertanyaan umum. Untuk menjawabnya saya telah menyediakan RPP kelas 4 tema 7 K13 1 lembar di bawah.

Bapak ibu bisa menyimpan RPP kelas 4 tema 7 1 lembar K13 dan mengembangkannya sesuai kebutuhan. Bahkan jika kita sudah mengerti komponennya, tanpa perlu mencari referensi pun kita bisa menyusun sendiri RPP kelas 4 SD 1 lembar. Selain mendapatkan file RPP, bapak ibu juga akan mendapatkan pendalaman materi pada setiap subtema yang diajarkan. Tujuannya agar kita bisa lebih siap dalam mengimplementasikan rencana yang sudah dirancang sebelumnya.

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 7 Format Terbaru K13 Revisi 2020

Dunia pendidikan terus mengalami perubahan signifikan setiap tahunnya. Tenaga pendidik dituntut harus mampu menyesuaikan perkembangan yang ada. Misalnya saja kurikulum yang terus mengalami revisi setiap pergantian menteri. Namun, di era menteri Nadiem Makarim pendidikan seolah diubah menjadi lebih baik. Muncul harapan baru bagi guru untuk mengajar dengan cara yang lebih fleksibel.

RPP kelas 4 tema 7 format 1 lembar K13 revisi 2020 terbaru
RPP kelas 4 tema 7 format 1 lembar K13 revisi 2020 terbaru

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan dokumen pendukung yang harus dimiliki oleh semua guru. Tidak hanya bersifat administratif saja, melainkan RPP juga harus benar benar diimplementasikan sesuai dengan urutannya. Hal ini terkadang membuat metode mengajar guru menjadi kaku dan tidak menarik di mata siswa. Dengan adanya pembaruan kebijakan RPP 1 lembar K13 revisi 2020 diharapkan mampu meningkatkan kualitas guru dalam mengajar.

Belum terlalu banyak sumber yang menyediakan RPP kelas 4 SD format 1 lembar karena peraturan ini masih baru. Sebagai referensi, saya telah menyediakan RPP 1 lembar kelas 4 tema 7 sesuai dengan kurikulum 2013 revisi terbaru saat ini. Setelah berhasil mengunduh file silahkan pelajari pula pendalaman materi pada sesi selanjutnya.

Contoh RPP kelas 4 tema 7 1 lembar

Berdasarkan silabus kelas 4 semester 2, tema 7 mengangkat pokok bahasan indahnya keragaman di negeriku. Dengan mempelajari keanekaragaman dari berbagai aspek diharapkan siswa mampu memupuk rasa kebinekaan dalam dirinya. Di lain sisi, tema indahnya keanekaragaman negeriku memang sangat cocok diimplementasikan dengan pendidikan karakter.

Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air guru bisa mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, maupun lingkungan. Metode yang digunakan dalam mengajar juga bisa kita pilih sendiri karena RPP 1 lembar format K13 bersifat fleksibel. Maksudnya adalah memberikan guru ruang untuk menciptakan pengalaman belajar mengajar sesuai bebas.

File yang akan bapak ibu simpan berbentuk rar jadi harus diekstrak terlebih dulu dengan winrar extractor. Pada file RPP tersebut bapak ibu akan menemukan 3 subtema inti. Pada masing masing subtema akan terdapat 6 pembelajaran dengan materi yagn berbeda beda.

RPP 1 lembar kelas 4 tema 7 K13 revisi 2020

Untuk bisa donwload RPP kelas 4 tema 7 1 lembar silahkan bapak ibu tap tautan diatas. Simpanlah pada folder yang diinginkan lalu lakukan pengekstrakan. Setelahnya bapak ibu akan disuguhkan dengan RPP format 1 lembar sesuai dengan surat edaran menteri pendidikan. Kita bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan dan keinginan selama tidka menghilangkan komponen inti didalamnya.

Pembahasan tema 7

Dalam sesi kedua ini kita akan melakukan pendalaman materi yang ada pada RPP 1 lembar kelas 4 tema 7 K13 revisi 2020. Tujuannya tidak lain untuk mempersiapkan bapak ibu guru sebelum mengajar dikelas. Mengingat format RPP 1 lembar masih terbilang baru dan butuh penyesuaian kita tidak boleh mengabaikan isi yang ada didalamnya.

Berdasarkan KD dan KI guru perlu memberikan pengenalan kebudayaan kepada peserta didik. Materi tersebut termasuk bagian dari indahnya keragaman negeriku sesuai tema 7. Sayangnya, untuk memberikan penguatan karakter, materi ajar, dan melaksanakan tujuan RPP tidaklah mudah. Untuk menghadapi permasalahan tersebut guru perlu memperkuat landasan teori yang dimilikinya.

RPP 1 lembar kelas 4 tema 7 subtema 1

Mengingat begitu luasnya tema yang membahas keberagaman negeri, maka kita akan membaginya. Pada sesi pertama kita akan membahas subtema keragaman suku bangsa dan agama negeriku. Sebagai negara majemuk tentunya Indonesia memiliki suku dan agama yang beragam. Lebih dari 1304 suku bangsa dan 6 agama diakui di Indonesia secara legal. Maka dari itu kita perlu memberikan pengenalan tentang ragam suku bangsa tersebut.

Memaksimalkan penyampaian tema serta pendidikan karakter dapat dilakukan pada beberapa mata pelajaran. Misalnya saja pelajaran IPS dan PKN yang notabennya mengajarkan peserta didik tentang ilmu sosial bernegara. Berdasarkan KI dan KD yang ditulis, kita harus memberikan pengenalan tentang ragam suku bangsa pada siswa. Selain itu guru juga diharuskan mengajarkan norma-norma dalam beragama mengingat Indonesia adalah negara majemuk.

RPP kelas 4 tema 7 1 lembar subtema 2

Sedikit berbeda dari subtema sebelumnya, pada subtema 2 membahas tentang indahnya keragaman budaya negeriku. Jadi fokus pembahasan serta pendidikan karakter pada RPP kelas 4 tema 7 subtema 2 adalah pada ragam budaya Indonesia. Guru wajib memberikan pengetahuan tersebut melalui serangkaian kegiatan dan pembelajaran. Lantas bagaimana caranya? mudah saja karena saya telah menyediakan teknis kegiatan pada file RPP yang sudah anda simpan sebelumnya.

Budaya menjadi bagian dari kehidupan sosial berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, budaya tidak boleh sampai hilang dan diklaim negara lain. Pentingnya mempelajari ragam budaya negara indonsia dicetuskan dalam rpp 1 lembar kelas 4 tema 7 subtema 2. Nah, peran bapak ibu adalam memberikan pengetahuan seputar budaya setiap suku bangsa dan daerah tempat tinggalnya. Banyak sekali pembelajaran yang mengakomodasi penyampaian budaya misalnya saja bahasa indonesia, mulok, ips, dan lain sebagainya.

RPP kelas 4 tema 7 subtema 3

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan tujuan utama yang harus dicapai pada subtema 3. Subtema ini pun menjadi muara dari semua pembelajaran yang ada pada tema 7. Tidak materi ajar spesifik yang mengakomodir oembahasan persatuan dan kesatuan selain PKN. Namun kita tetap bisa memaksimalkannya melalui pendidikan karakter di setiap kegiatannya.

Baca juga: RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8 Format Terbaru K13 Revisi 2020

Sebagai alternatif guru bisa mengajarkan 3 aspek subtema dalam sekali waktu saja. Mengapa demikian? karena semua topik bahasan subtema saling berkaitan satu sama lain. Bapak ibu juga bisa mengikuti setiap kegiatan serta memberikan penugasan kelas maupun pekerjaan rumah.

Cara membuat RPP 1 lembar K13 revisi 2020

Dunia pendidikan terus mengalami perkembangan secara konstan setiap tahunnya. Implementasi K13 mengharuskan guru mengajar dengan metode student centered learning. Maksudnya adalah seluruh pembelajaran terpusat pada siswa dan guru hanyalah sebagai fasilitator saja. Metode inipun efektif menggantikan metode sebelumnya (teacher centered learning) yang dirasa monoton.

Dimulainya era globalisasi juga mengharuskan guru mengubah strategi dalam menyampaikan materi. Pengetahuan abad 21 harus disematkan pada setiap kegiatan untuk mempersiapkan siswa menghadapi perubahan jaman. Lantas dengan mengubah format RPP kurikulum 2013 menjadi 1 lembar apakah memberikan dampak signifikan? tentu saja iya.

Pada mulanya banyak guru merasa terbebani dengan format RPP berlembar-lembar. Menyusun RPP dengan format lama sangatlah menyita waktu. Diberlakukannya RPP kelas 4 tema 7 1 lembar mempermudah guru dalam mengatur pembelajaran lebih fleksibel. Dalam sesi terakhir kita akan membahas cara menyusun RPP 1 lembar K13 revisi 2020. Selain itu kita akan mempelajari apa saja perbedaan antara RPP lama dan format baru.

RPP K13 lama

RPP lama memang mencerminkan pendidikan karakter berbasis abad 21. Sayangnya jaman berkembang terlalu cepat dan pemerintah dituntut harus mampu mengimbanginya. Pada RPP lama guru wajib mengikuti segala kegiatan sesuai dengan urutan yang ada. Akhirnya pembelajaran pun terkesan kaku dan tidak bisa maksimal. Menteri pendidikan Nadiem Makarim pun akhirnya mengeluarkan Surat Edaran nomor 14 tahun 2019 untuk mengatasi permasalahan administratif tersebut.

Meskipun RPP format lama telah mencover pendidikan karakter berbasis kelas dan pengetahuan abad 21. Namun pelaksanaanya terbukti masih kurang maksimal. RPP kelas 4 tema 7 format lama ditandai dengan beberapa hal, misalnya:

  • RPP dibuat secara detil hingga berlembar lembar.
  • Proses pengerjaan RPP sangatlah lama dan menyita waktu guru.
  • Karena kurangnya waktu akhirnya proses persiapan dan evaluasi pasca pembelajaran menjadi tidak maksimal.
  • Guru diharuskan mengikuti seluruh urutan kegiatan RPP sehingga pembelajaran terkesan kaku.

Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya penggunaan RPP 1 lembar pun disahkan pada tahun lalu. Lantas apa saja perbedaan antara format lama dengan RPP format baru? silahkan simak artikel ini hingga selesai.

RPP 1 lembar K13

RPP kelas 4 tema 7 1 lembar dibuat sangat simpel dan tidak berbelit belit. Bisa dibilang dokumen ini hanya sebagai formalitas saja (selama guru memasukan komponen inti). Guru pun tidak perlu lagi memikirkan regulasi seperti tahun tahun sebelumnya. Bapak ibu bisa memodifikasi dan menyusunnya sesuai kebutuhan kelas. Hal inipun juga sudah disadari oleh menteri pendidikan kita yang baru bahwa setiap daerah memiliki background yang berbeda beda. Dengan kata lain tiap kondisi serta kebutuhan siswa di tiap daerah pun juga berbeda.

TIdaklah terlalu sulit untuk menyusun RPP format terbaru dan lebih hebatnya lagi kita tidak perlu panduan apapu. Perubahan yang terjadi pada format rencana pembelajaran dirasa sangat menguntungkan kita semua. Adapun perbedaan RPP format 1 lembar terbaru antara lain adalah:

  • Guru diberi wewenang penuh memilih, menyusun, dan mengembangkan RPP.
  • Guru hanya perlu memasukan 3 komponen inti dalam 1 halaman saja. Sedangkan komponen lain hanyalah sebagai pendukung saja.
  • Guru bisa menyusun RPP dengan lebih cepat dan efisien. Sehingga proses administratif tidak lagi memberikan beban berarti pada pembelajaran.

Itulah sedikit pembahasan singkat tentang RPP 1 lembar kelas 4 tema 7 K13 revisi 2020 yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Mengingat begitu mudahnya proses pembuatan rencana ajar diharapkan bisa meningkatkan performa guru. Namun dengan diberlakukannya kebijakan ini tidak serta merta membuat guru terlena. Jika anda memiliki pertanyaan terkait implementasi RPP kelas 4 tema 7 1 lembar silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here