Rumus Luas Permukaan Balok dan Volume Beserta Contoh Soal

Rumus Luas Permukaan Balok dan Volume Beserta Contoh Soal – Siapa yang tidak kenal dengan bangun ruang balok. Apa pengertian balok itu? Bagaimana rumus balok? Bagaimana rumus volume balok? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal balok? Materi balok ini merupakan satu dari sekian banyak materi bangun ruang yang tersedia. Balok merupakan salah satu bangun ruang yang pertama kali diperkenalkan. Perkenalan tentang balok tersebut mencakup rumus sampai dengan cara menggambarnya. Rumus bangun balok yang digunakan mencakup rumus luas permukaan maupun rumus volume. Rumus rumus tersebut dapat memudahkan anda dalam menyelesaikan soal soal yang tersedia.

Ketika di bangku sekolah dasar tentunya materi balok ini telah diajarkan, baik rumus balok dasar, rumus luas permukaan balok, rumus volume balok maupun contoh soal balok. Kemudian ilmu ini mengalami pengembangan materi ketika di bangku sekolah menengah pertama. Bangun ruang balok tentunya berbeda dengan bangun ruang persegi. Meskipun sama sama berbentuk kotak, namun ukuran sisi pada balok dan kubus tersebut berbeda. Dalam bangun kubus terdapat sisi yang semuanya sama panjang. Sedangkan dalam bangun balok terdapat ukuran sisi yang berbeda, sehingga di dalamnya mengandung unsur panjang, lebar dan tinggi.

Apa yang dimaksud balok itu? Pengertian balok ialah bangun tiga dimensi yang pembentukannya berasal dari tiga pasang persegi panjang. Dalam kehidupan sehari hari sebenarnya kita mudah menemukan benda berbentuk balok ini. Misalnya kardus untuk membungkus kado, buku, smartphone yang digunakan dan masih banyak lagi. Benda benda ini dapat mewakili bentuk balok yang diajarkan dalam ilmu Matematika. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas permukaan balok dan rumus volume balok beserta contoh soal balok. Selain rumus balok tersebut, saya juga akan membagikan sifat sifat balok secara umum. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas Permukaan Balok dan Volume Beserta Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian balok ialah bangun ruang yang terdiri dari unsur panjang, lebar dan tinggi di dalamnya. Unsur unsur inilah yang menunjang penggunaan rumus balok secara umum. Selain itu balok juga memiliki sisi berjumlah 6 buah, rusuk 12 buah dan titik sudut 8 buah. Disisi lain, balok tersebut mempunyai sisi sisi yang ukurannya berbeda, mulai dari ukuran sisi panjang, lebar ataupun tinggi.

Rumus Luas Permukaan Balok dan Volume Beserta Contoh Soal
Bangun Ruang Balok

Sebelum mempelajari tentang rumus luas permukaan balok, rumus volume balok dan contoh soal balok, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu mengenai sifat sifat balok. Balok memiliki beberapa sifat yang terkandung di dalamnya seperti:

  • Tersusun oleh 6 buah sisi atau 3 pasang sisi dengan ukuran yang sama.
  • Bentuk masing masing segi empatnya berupa persegi panjang atau persegi.
  • Minimal memiliki satu pasang sisi yang bentuknya berbeda.
  • Memiliki 12 rusuk, dimana ukurannya sama dan sejajar.
  • Memiliki 4 diagonal bidang dengan ukuran yang sama dan sejajar.
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama ukurannya.
  • Bentuk masing masing bidang diagonalnya berupa persegi panjang.

Rumus Balok

Setelah menjelaskan tentang pengertian balok dan sifat sifat balok di atas. Selanjutnya saya akan membagikan rumus bangun balok. Bangun ruang balok tersebut dapat dihitung volume dan luas permukaannya dengan menggunakan rumus tertetu. Di bawah ini terdapat rumus pada balok yang sering digunakan yaitu:

Rumus Luas Permukaan Balok

L = 2 x (p.l + p.t + l.t)

Rumus Volume Balok

V = p x l x t

Keterangan :
L = Luas
V = Volume
p = Panjang
l = Lebar
t = Tinggi

Volume balok tersebut menggunakan satuan panjang yang dipangkatkan tiga (kubik), Contohnya centimeter kubik (cm³), meter kubik (m³) dan lain lain.

Contoh Soal Balok

Selain pengertian balok, sifat sifat balok, rumus luas permukaan balok dan rumus volume balok tersebut. Adapula contoh soal terkait rumus balok di atas. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Diketahui suatu balok memiliki ukuran panjang 30 cm, lebar 15 cm dan tinggi 20 cm. Tentukan luas permukaan dan volume baloknya?

Pembahasan.
Untuk menyelesaikan soal di atas, kita dapat menggunakan cara seperti di bawah ini:
Luas Permukaan = 2 x (p.l + p.t + l.t)
                         = 2 x ((30 x 15) + (30 x 20) + (15 x 20))
                         = 2 x (450 + 600 + 300)
                         = 2700 cm²

Volume = p x l x t
            = 30 x 15 x 20
            = 9000 cm³
Jadi luas permukaan dan volume balok tersebut ialah 2700 cm² dan 9000 cm³.

2. Diketahui sebuah balok memiliki panjang 45 cm, tinggi 10 cm dan volume 13500 cm³. Tentukan luas permukaan balok tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal balok tersebut dapat diselesaikan dengan rumus balok seperti di atas. Untuk itu kita menggunakan rumus volume balok terlebih dahulu untuk mencari ukuran lebarnya. Maka dari itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Volume = p x l x t
  13500 = 45 x l x 10
  13500 = 450l
          l = 13500/450
          l = 30 cm

Kemudian menggunakan rumus luas permukaan balok untuk menghitung luasnya. Maka dari itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Luas Permukaan = 2 x (p.l + p.t + l.t)
                         = 2 x ((45 x 30) + (45 x 10) + (30 x 10))
                         = 2 x (1350 + 450 + 300)
                         = 4200 cm²
Jadi luas permukaan balok tersebut ialah 4200 cm².

Sekian penjelasan mengenai rumus luas permukaan balok dan rumus volume balok beserta contoh soal balok. Selain rumus balok tersebut, saya juga menyertakan sifat sifat balok secara umum di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi balok di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here