RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 8 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 8 K13 Revisi 2020 Format Terbaru – Sekarang guru diperbolehkan membuat RPP K13 dengan format 1 lembar saja. Perubahan tersebut berdasarkan putusan menteri yang dimuat dalam Surat Edaran (SE) nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran. Menanggapi hal tersebut sudah pasti banyak guru kelas 5 SD yang merasa senang karena tidak perlu lagi menghabiskan waktu menyusun RPP kelas 5 tema 8 format lama.

Sebagai unit satuan ajar terkecil guru memang dihadapkan berbagai kenyataan. Mulai dari mengikuti prosedur administrasi yang berbelit hingga menghadapi situasi kelas yang kurang kondusif. Padahal, dunia pendidikan telah mengalami kemajuan di berbagai aspek baik operasional maupun fungsional. Perubahan tersebut tentunya dibuat bukan tanpa alasan melainkan untuk mengikuti arus perkembangan jaman. Critical thinking, budaya literasi, dan pendidikan karakter turut mewarnai kurikulum 2013 yang saat ini kita implementasikan. Pada RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 pun juga mengimplementasikan K13 revisi.

Hanya saja penerapan RPP 1 lembar K13 lebih fleksibel dibanding format lama yang selama ini kita pakai. Dalam surat edaran menteri menyatakan bahwa guru diberi wewenang untuk menggunakan, membuat, serta mengembangkan RPP menjadi sesederhana mungkin. Secara tak langsung RPP tidak lagi menjadi pedoman guru dalam mengajar di kelas. Dengan demikian diharapkan mampu meningkatkan kinerja bapak ibu ketika mengajar. Nah bagaimana pendapak bapak ibu terkait implementasi RPP kelas 5 format 1 lembar ini?

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 8 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP K13 merupakan salah satu perangkat ajar yang wajib dimiliki guru sebagai syarat administrasi. Melalui dokumen inilah guru bisa mengatur berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di kelas. Setiap komponen RPP bersifat mengatur sehingga guru wajib mengikuti apa yang telah dirumuskan dalam RPP tersebut. Sayangnya, implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran justru membebani karena guru harus menyediakan waktu ekstra untuk menyusunnya.

Selain itu garis besar rencana tersebut juga terkadang mengalami kegagalan ketika diterapkan di kelas. Hal ini disebabkan karena keadaan kelas yang tidak bisa diprediksi. Guru memang bisa menyusun serta merencanakan pembelajaran sedetil mungkin. namun kita tidak bisa memastikan apa yang akan terjadi ketika kita sudah masuk dan mengajar. Maka dari itu diberlakukanlah RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 K13 revisi. Tujuannya tidak lain untuk mempermudah guru menyusun strategi lebih fleksibel serta mengembangkan potensi kelas.

RPP 1 lembar kelas 5 tema 8
RPP 1 lembar kelas 5 tema 8

Sayangnya dalam proses transisi dari format lama menuju RPP K13 format 1 lembar tidaklah mudah. Banyak guru yang masih bingung bagaimana cara membuat RPP 1 lembar untuk kelas 4 di semester 2 ini. Nah, untuk mengatasinya saya telah menyediakan contoh RPP kelas 5 tema 8 format 1 lembar K13 terbaru sesuai surat edaran menteri pendidikan. Melalui contoh inilah bapak ibu bisa menganalisa dan membandingkan komponen apa saja yang mesti dimasukan dalam RPP. Bahkan jika sudah fasih maka bapak ibu bisa membuat RPP 1 lembar sendiri tanpa perlu melihat contoh.

RPP Kelas 5 Tema 8 Format 1 Lembar

RPP K13 disusun berdasarkan silabus, seluruh informasi (KI, KD, Kegiatan, dll) merupakan bagian kecil dari pembelajaran yang akan diterapkan nantinya. Dokumen ini pun sedikit banyak juga mengatur strategi mengajar sekaligus pedoman untuk guru. Meskipun guru diberi wewenang khusus untuk menyusun RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 K13 namun tidak serta merta RPP tersebut disusun secara asal asalan. Bapak ibu perlu memperhatikan beberapa faktor penyusunan rencana ajar terbaru yang telah diterbitkan menteri pendidikan.

Dalam sesi ini saya akan memberikan contoh RPP K13 format 1 lembar untuk kelas 5 tema 8. Rencana yang sudah saya buat tidak harus diimplementasikan sepenuhnya. Melainkan lewat RPP saya ini bapak ibu bisa mengembangkan format rencana yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan kelas. Detil file yang akan anda simpan antara lain adalah:

  • Rpp kelas 5 tema 8 1 lembar subtema 1
  • Rpp 1 lembar kelas 5 tema subtema 2
  • Rpp K13 1 lembar kelas 5 tema 8 subtema 3

Saya telah merangkumnya menjadi satu dokumen sehingga memudahkan proses bapak ibu menyimpan file tersebut. Terkadang format file masih berbentuk rar, sehingga anda perlu mengekstraknya terlebih dulu sebelum menggunakannya. Untuk memulai proses penyimpanan silahkan tap tautan di bawah ini dan simpanlah pada folder yang diinginkan.

RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 semua subtema dan pembelajaran

Berdasarkan silabus kelas 5 SD semester 2 setiap subtema memiliki 6 pembelajaran. Padahal kita ingin menyederhanakan rencana pembelajaran tersebut menjadi 1 lembar saja. Lantas bagaimana caranya? hal ini tentunya menjadi tanda tanya besar. Bagaimana guru memasukan 18 pembelajaran lengkap dengan seluruh materi dan kegiatannya menjadi 1 file RPP saja.

Cara Menyusun RPP 1 Lembar

Menyederhanakan rencana pembelajaran pada dasarnya tidaklah terlalu sulit. Bapak ibu guru hanya perlu mengikuti panduan penyusunan RPP format 1 halaman terbaru yang dikeluarkan dinas pendidikan. Baik guru maupun siswa dituntut untuk lebih berkompeten dengan jaman yang terus berkembang. Maka dari itu pada RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 mengusung tujuan pendidikan karakter melalui pengembangan pola berpikir kritis (critical thinking).

Di lain sisi kurikulum terus mengalami penyesuaian dari tahun ke tahun. Pada akhir tahun kemarin kementerian pendidikan kembali melakukan revisi pada sistem pembelajaran di Indonesia. Namun revisi yang dilakukan justru cenderung mempermudah guru dalam mengajar. Berdasarkan SE No.14 Tahun 2019 bapak ibu guru diperbolehkan menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajarna menjadi 1 halaman saja. Dalam penyusunannya bapak ibu juga diberikan otoritas untuk menggunakan, menyesuaikan serta mengimplementasikan format RPP apapun secara bebas.

Dalam tanda kutip selama format RPP tersebut sesuai dengan kaidah serta aspek yang telah ditentukan. Jika kita amati secara seksama memang terdapat beberapa perbedaan pada format RPP lama dan baru. Lantas apa saja perbedaan format RPP K13 baru dan versi sebelumnya? kita akan mempelajarinya dalam pembahasan di bawah.

RPP K13 Format Lama

Rencana pelaksanaan pembelajaran K13 format lama memberikan penekanan kuat pada pendidikan karakter siswa. Melalui budaya literasi diharapkan siswa mampu memahami ilmu pengetahuan abad 21 yang baru. Namun bagi guru RPP kelas 5 tema 8 format K13 lama sangatlah menghambat administrasi. Betapa tidak, peraturan mengharuskan guru menyusun rencana secara detil dan urut sehingga guru membutuhkan waktu lama untuk menyeselesaikannya.

Dalam implementasinya pun ruang gerak guru juga sangat terbatas karena seluruh kegiatan diatur dalam RPP. Hal ini tentunya menghalangi terjadinya improvisasi ketika keadaan tidak sesuai yang direncanakan. Nah, untuk anda yang masih belum menyadari seperti apa penerapan RPP K13 revisi 2017 2018 silahkan simak ciri ciri di bawah:

  • Guru harus memasukan seluruh komponen serta menyusunnya secara rinci.
  • Untuk menghasilkan RPP terperinci dibutuhkan waktu yang lama sehingga membuat performa guru menurun.
  • Pada kenyataanya implementasi RPP dikelas sangat kaku dan tidak natural karena guru diharuskan mengikuti seluruh urutan kegiatan sesuai rencana.
  • RPP format lama menjadi beban administratif tersendiri untuk guru. Hal ini disebabkan karena proses penyusunannya yang panjang, tingkat kesulitan yang tinggi, serta implementasi yang tidak efektif.

Melihat berbagai permasalahan pendidikan diatas tentunya membuat kita semua berpikir kembali. Apakah RPP kelas 5 tema 8 kurikulum 2013 format lama layak untuk dipakai? tentu saja tidak. Ketidaklayakan tersebut dibuktikan dengan terbitnya surat edaran menteri nomor 14 tahun 2019 yang mengatur tentang penyusunan perangkat ajar guru.

RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020

Dilain sisi, menteri pendidikan sepertinya memang memperhatikan kesejahteraan tenaga pengajar di Indonesia. Dengan disederhanakannya sistem administratif membuat guru lebih leluasa dalam menyusun serta menggunakan rencana ajar. RPP format baru 1 lembar memang sedang menjadi perbincangan dan digadang-gadang menjadi salah satu kesuksesan dalam sejarah pendidikan Indonesia.

Dampaknya bisa bapak ibu rasakan sendiri, pada RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 bapak ibu tidak perlu lagi pusing membuat seluruh komponen pembelajaran. Disamping itu implementasi yang lebih fleksibel juga memungkinkan guru melakukan improvisasi di kelas. Namun jika kita amati memang terdapat peningkatan signifikan setelah ditetapkannya RPP baru format 1 lembar tersebut. lantas apa saja perbedaan yang terjadi? silahkan simak di bawah ini:

  • RPP hanya berisi komponen inti saja sedangkan komponen lain hanya bersifat sebagai pendukung.
  • RPP boleh disusun menjadi sesingkat mungkin bahkan diperbolehkan 1 halaman saja. Dengan demikian guru memiliki waktu luang lebih banyak untuk mempersiapkan pembelajaran.
  • Guru diperbolehkan menyusun, mengubah, serta menggunakan segala jenis dan model RPP.
  • Penyusunan RPP 1 halaman sangat cepat dan efisien.
  • Membuka ruang untuk improvisasi dan pembelajaran yang lebih fleksibel.

Pada hakekatnya untuk menarik minat siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dengan model pembelajaran tersebut kelas menjadi lebih natural dan tidak monoton. Sayangnya banyak guru mengabaikan hal ini karena kurangya waktu untuk mempersiapkannya. Dengan dirombaknya rencana ajar menjadi 1 halaman diharapkan bisa meningkatkan kinerja kita. Namun apa saja yang perlu disiapkan sebelum kita mulai mengajar? tentu saja adalah mempelajari setiap materi yang ada.

Pembahasan RPP Kelas 5 Tema 8 1 Lembar

Pendalam materi sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk persiapan dini sebelum mulai mengajar. Terlebih lagi kalau kita menerapkan format RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 tentu membutuhkan persiapan yang matang. Maka pada sesi ini kita akan membahas apa saja materi yang ada pada tema 8 berdasarkan silabus kelas 5 SD kurikulum 2013. Pada tema 8 kita akan menemukan 4 subtema utama dengan 6 pembelajaran untuk masing-masing subtemanya.

Tema 8 mengangkat topik bahasan tentang lingkungan sahabat kita. Dari topiknya saja kita sudah bisa menebak kalau kita harus menyisipkan pendidikan karakter tentang lingkungan hidup. Kendati demikian setiap subtema memiliki topik lain yang tidak melenceng jauh dari tema utama. Silahkan simak pendalaman materi di bawah sebagai bekal bapak ibu mengajar.

RPP kelas 5 tema 8 subtema 1

Subtema 1 berisi topik yang membahas tentang manusia dan lingkungan. Semua makhluk hidup memang tidak akan pernah terlepas dari lingkungan tempat dimana dia tinggal. Kendati demikian masih banyak orang yang tidak sadar pentingnya memahami hubungan timbal balik yang terjadi antara manusia dan lingkungan. Akibatnya banyak sekali kasus dimana manusia merasa menjadi makhluk dominan dan merusak lingkungan untuk kepentinganya sendiri.

Peran guru sesuai RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 subtema 1 adalah memberikan pengenalan pada siswa tentang hubungan antara manusia dan lingkungan. Pengenalan tersebut sangat penting dilakukan sebagai langkah awal agar siswa bisa mencintai serta menjaga lingkungan nantinya. Melalui serangkaian kegiatan terstruktur guru bisa mewujudkan pendidikan karakter yang mengarah pada tema manusia dan lingkungan.

Memberikan kegiatan outdoor (luar ruangan) terpadu bisa menjadi media terbaik untuk mengenalkan alam sekitar pada siswa. Setelahnya bapak ibu juga bisa mengajarkan siswa berbagai komponen baik biotik maupun abiotik yang ada pada lingkungan tersebut. Selain itu bapak ibu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan sesuai dengan RPP yang sudah saya sediakan.

Rpp kelas 5 tema 8 subtema 2

Seiring berjalannya waktu ekosistem pasti akan mengalami perubahan baik itu mengarah pada hal yang lebih baik maupun sebaliknya. Pada subtema 2 RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 mengangkat topik perubahan lingkungan. Setelah pengenalan diberikan maka guru harus melanjutkannya dengan penjabaran perubahan lingkungan yang mungkin terjadi. Berdasarkan silabus kelas 5 SD khususnya pelajaran IPA (sains) guru harus memberikan penekanan bagaimana mengubah lingkungan menjadi lebih baik.

Perubahan yang bersifat negatif pada lingkungan akan memberikan dampak buruk bagi kita semua. Oleh karenanya bapak ibu juga perlu memberikan penjelasan tentang akibat jika siswa tidak bisa menjaga lingkungan. Serangkaian kegiatan pembelajaran terpadu bisa guru terapkan sesuai dengan tujuan RPP.

RPP kelas 5 tema 8 subtema 3

Lingkungan yang sudah dikenalkan asri sejak awal perlu dijaga. Memberikan pengetahuan tentan upaya pelestarian lingkungan menjadi muara dari 2 subtema sebelumnya. Pada subtema 3 bapak ibu diharuskan untuk mengajarkan bagaimana cara menjaga serta melestarikan lingkungan. Disamping itu pelesatiran lingkungan juga termasuk tindakan wajib yang harus dilakukan setiap warga negara.

Banyak sekali contoh kegiatan yang bisa kita aplikasikan untuk mengajarkan siswa cara melestarikan lingkungan. Misalnya saja dengan meminta siswa memipuk serta menyirami berbagai tanaman di sekolahnya. Mengajarkan siswa cara membudidayakan tumbuhan serta lain sebagainya. Dengan mengajarkan siswa pentingnya melestarikan lingkungan bisa menjadi wujud dari pendidikan karakter berbasis lingkungan dan masyarakat.

Pada intinya lingkungan dan manusia adalah dua komponen ekosistem yang saling berhubungan. Lingkungan yang merupakan tempat tinggal manusia harus dijaga dengan sungguh-sungguh. Sedangkan manusia sebagai komponen hidup harus bisa merawat lingkungan yang ada disekitarnya. Semua pembelajaran tersebut telah diatur dalam RPP 1 lembar kelas 5 tema 8 K13 revisi format terbaru.

Itulah pembahasan singkat tentang RPP kelas 5 tema 8 1 lembar yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Semoga seluruh materi, rangkaian kegiatan, serta tips yang saya berikan dapat membantu bapak ibu dalam mengajar. Melalui forum pendidikan ini diharapkan bisa menjadi wadah guru untuk saling bertanya dan berdiskusi tentang RPP 1 lembar format terbaru sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2020 terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here