RPP Kelas 4 Tema 4 K13 Revisi Terbaru Semua Subtema dan Pembelajaran

RPP Kelas 4 Tema 4 K13 Revisi Terbaru Semua Subtema dan Pembelajaran – Pada artikel kali ini kita akan membedah RPP kelas 4 K13 revisi tema 4 dengan materi pokok berbagai pekerjaan. Kegiatan pembelajaran yang ada pada setiap subtema juga telah disesuaikan berdasarkan kurikulum 2013 dan silabus kelas 4 SD semester 1 yang berlaku. Setelah mendapatkan file RPP 1 lembar kelas 4 tema 4 kita juga akan membahas setiap kegiatan, kiat-kiat mengajar, dan implementasi secara mendalam dari RPP tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa RPP kurikulum 2013 revisi terbaru menjadi perangkat ajar yang wajib dimiliki oleh unit satuan ajar (guru). Metode penyusunan RPP pun bisa dilakukan secara berkelompok dalam satuan ajar maupun secara individu. Dengan tanda kutip dokumen tersebut disusun berdasarkan silabus dan kurikulum yang berlaku. Berbeda dengan revisi sebelumnya, Model RPP kelas 4 K13 revisi terbaru saat ini lebih berfokus pada penguatan karakter dalam diri siswa.

Dalam penyusunannya RPP memiliki beberapa tujuan utama yang salah satunya adalah untuk mempermudan kegiatan belajar mengajar. Melalui serangkaian kegiatannya pun RPP juga bisa menjadi unit kontrol pembelajaran yang baik sekaligus menjadi alat monitoring guru. Dengan demikian guru bisa mengevaluasi hasil pembelajaran dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik di lain hari.

RPP Kelas 4 Tema 4 K13 Revisi Terbaru Semua Subtema dan Pembelajaran

Pengembangan RPP K13 memang lebih berfokus pada penguatan karakter peserta didik agar lebih siap menghadapi persaingan abad 21. Lewat motede yang telah ditetapkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran diharapkan bisa memotivasi siswa menjadi lebih aktif. Standar pembelajaran HOTS pun turut serta dirumuskan pada RPP kelas 4 tema 4 yang nantinya akan mengarahkan siswa untuk berpikir kritis.

Download RPP kelas 4 K13 tema 4 subtema 1, 2 dan 3
File RPP kelas 4 K13 tema 4 subtema 1, 2 dan 3

Untuk membantu bapak ibu guru beradaptasi dengan perubahan kurikulum maka dinas pendidikan pun mengeluarkan modul pelatihan guru. Melalui modul ini, guru diharapkan mampu menciptakan pembelajaran interaktif, inovatif, mendukung penguatan karakter siswa dan menyenangkan sehingga meninggalkan kesan positif di hati peserta didik. Tidak hanya bersifat administratif saja, melainkan program penguatan karakter peserta didik harus benar benar diimplementasikan secara nyata ketika guru mengajar.

File RPP 1 Lembar

Ilmu dasar tentang kehidupan memang harus ditanamkan dalam diri peserta didik sejak dini. Salah satu hal yang harus diajarkan guru untuk mempersiapkan siswa ke jenjang yang lebih tinggi adalah tentang berbagai pekerjaan sesuai dengan RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi. Tema 4 beserta dengan subtema yang ada mengajarkan siswa tentang berbagai pekerjaan umum yang ada di sekitar kita. Bapak dan ibu guru bisa fokus pada nilai nilai relevan sesuai dengan KD dan KI untuk mendapatkan hasil pelajaran yang maksimal.

Selain itu, rumusan pengembangan karakter peserta didik juga harus dicantumkan dalam RPP pada bagian tujuan pembelajaran secara gamblang. Bapak ibu guru bisa memberikan penguatan karakter lewat pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, dan masyarakat sesuai dengan apa yang dirumuskan dalam RPP kelas 4 tema 4 K13 revisi. Dengan demikian kita telah memenuhi kewajiban untuk mengajarkan moral, etika, nilai nilai luhur, dan pengetahuan dalam satu waktu.

Download RPP Kelas 4 Tema 4

Saya telah menyediakan RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi terbaru untuk membantu proses belajar mengajar bapak ibu guru. File RPP kelas 4 tema 4 tersebut masih berformat rar sehingga perlu diekstrak terlebih dahulu. Setelah proses ekstraksi selesai maka bapak ibu bisa menemukan 3 subtema utama dengan masing masing 6 pembelajaran pada folder RPP kelas 4 k13. Kita juga bisa menyesuaikan RPP kelas 4 tema 4 tersebut dengan kebutuhan dan kondisi kelas melalui pengembangan terpadu.

FIle RPP kelas 4 tema 4 kurikulum 2013 Revisi

Untuk memulai proses pengunduhan silahkan tap tautan diatas dan simpan di forlder yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengekstrak file terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Rincian lampiran yang akan bapak ibu guru dapatkan pada file rar diatas adalah:

  1. RPP kelas 4 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 -6.
  2. RPP kelas 4 tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 -6.
  3. RPP kelas 4 tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 -6.

Memahami isi RPP K13 revisi mulai dari tujuan, KD, KI, dan tiap tiap indikator penting untuk dilakukan. Jika diuraikan maka akan ada 3 subtema utama dengan total 18 pembelajaran yang harus diterapkan. Dengan menghafalkan serta mempelajari isi RPP maka akan membantu proses penyampaian materi di dalam kelas.

Pembahasan tema 4

Siswa perlu mendalami materi subtema 1, 2, dan 3 yang sedikit banyak membahas berbagai pekerjaan. Tidak hanya siswa saja, melainkan guru pun juga harus menguasai materi dan menyampaikan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karenanya dalam menerapkan pembelajaran di RPP kelas 4 tema 4 ini guru hendaknya disertai dengan landasan teori yang kuat.

Pada sesi ini kita akan membahas setiap subtema pada tema 4 lengkap dengan materi pembelajaran yang tercantum dalam RPP. Tujuan dari sesi ini adalah untuk membantu bapak ibu guru memahami tema secara mendalam sehingga guru mampu menyampaikan materi dengan lebih baik. Deskripsi materi akan kita bagi menjadi 3 bagian yang mana tiap bagian merepresentasikan subtema yang ada pada tema 4. Nah, mari kita simak penjelasan di bawah ini bersama sama.

RPP kelas 4 tema 4 subtema 1

RPP K13 revisi disusun dengan tujuan untuk menguatkan karakter peserta didik melalui serangkaian kegiatan berbasis kelas. Salah satu materi dasar yang harus dipelajari siswa kelas 4 adalah tentang berbagai pekerjaan seperti yang tercantum dalam RPP kelas 4 tema 4. Dalam subtema 1 sendiri pokok bahasan lebih mengerucut pada jenis jenis pekerjaan. Pentingnya mengenali berbagai jenis pekerjaan tersebut dicantumkan dalam tujuan pembelajaran hampir di semua mata pelajaran.

Berbagai pendekatan maupun metodepembelajaran dapat bapak ibu guru implemenetasikan dalam RPP ini. Selain itu kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan tema juga bisa kita terapkan guna terciptanya pelajaran yang efektif dan mencapai KD yang diinginkan. Sama seperti topik bahasan lainnya, pada RPP kelas 4 tema 4 subtema 1 dibagi menjadi 6 pembelejaran yang masing masing memiliki KD, KI, dan indikator keberhasilan yang berbeda beda.

Pada pembelajaran bahasa maupun PPKN bapak ibu bisa mengajarkan jenis jenis pekerjaan lewat ilustrasi gambar. Seperti yang disampaikan dalam indikator RPP, siswa mampu menebak jenis jenis pekerjaan berdasarkan gambar yang diberikan. Selain itu, teks cerita juga dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan arahan guru siswa diharapkan mampu mengidentifikasi unsur unsur cerita tersebut mulai dari penokohan, latar, setting, dan lain sebagainya.

Menurut saya pribadi tidak sulit mengajarkan dan menerapkan tujuan subtema 1 (Jenis jenis pekerjaan) pada setiap pembelajaran di tema 4. Hanya saja memang guru perlu kegiatan yang bisa menstimulasi pikiran dan pandangan siswa tentang bentuk dari pekerjaan. Metode yang paling efektif adalah dengan memberikan model nyata suatu pekerjaan di lingkungan siswa.

RPP kelas 4 tema 4 subtema 2

Sebagai follow up dari model nyata suatu pekerjaan di subtema 2 topik bahasannya lebih mengarah ke pekerjaan di sekitarku (di sekitar siswa). Dengan demikian siswa mampu mempelajari ragam pekerjaan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Contoh paling mudah dari subtema yang satu ini adalah memperhatikan pekerjaan orang tua mereka masing masing.

Menggunakan cerita berbasis teks juga merupakan opsi yang tepat untuk subtema 2. Contoh teksnya pun juga sudah disediakan di RPP kelas 4 K13 revisi pada bagian lampiran. Tujuan dari kegiatan ini agar siswa mampu menilai suatu pekerjaan secara mendetail. Untuk menstimulasi critical thinking siswa perlu adanya kegiatan seperti penyampaian pendapat tentang suatu pekerjaan. Untuk mewujudkannya, guru bisa menggunakan pembelajaran berbasis diskusi serta tanya jawab diakhir sesi.

Salah satu poin penting harus harus digarisbawahi dalam pembelajaran di RPP kelas 4 tema 4 subtema 2 yakni menghargai semua pekerjaan. Mengingat jenis jenis pekerjaan dan pekerjaan disekitar siswa ada banyak sekali guru perlu mengajarkan cara menghargai dan menghormati pekerjaan tersebut. Tidak saling ejek dan saling merendahkan pekerjaan merupakan tujuan tersirat yang harus dicapai pada subtema 2. Dengan demikian siswa bisa menumbuhkan karakter baik yang ada pada diri mereka masing masing.

RPP kelas 4 tema 4 subtema 3

Memperkenalkan pekerjaan orang tua menjadi topik bahasan akhir pada subtema 4 RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi. Pada subtema inilah pembelajaran akan berfokus pada kemampuan berpikir motorik siswa dimana mereka diharuskan menceritakan secara singkat pekerjaan orang tua di depan kelas. Untuk mewujudkannya lagi lagi guru harus mengakomodasi pembelajaran yang mendukung kegiatan diskusi.

Guru bisa menggunakan pendekatan saintifik dan pembelajaran discovery untuk mempermudah penyampaian materi. Akan lebih baik jika pengenalan pekerjaan orang tua tersebut disampaikan pada pembelajaran bahasa indonesia karena bisa meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum (public speaking). Sebagai permulaan kegiatannya siswa melakukan wawancara terlebih dahulu dengan orang tua mereka.

Arahkan siswa untuk menanyakan hal umum seperti jenis pekerjaan, jam bekerja, jadwal bekerja, alamat, dan lain sebagainya. Selanjutnya untuk kegiatan kelas siswa bisa mengembangkan sebuah teks laporan wawancara berdasarkan informasi yang telah mereka dapatkan. Setelah draft selesai dibuat menjadi naskah, maka siswa sudah siap untuk menceritakan pekerjaan orang tua mereka di depan kelas seperti yang ditulis dalam RPP kelas 4 tema 4 subtema 3 diatas.

Materi berbagai pekerjaan sebenarnya sangat mudah untuk dikembangkan. Mengingat setiap orang memiliki pekerjaan yang berbeda beda. Namun satu hal yang harus ditanamkan oleh guru adalah rasa bangga khususnya terhadap pekerjaan orang tua siswa masing masing. Menumbuhkan rasa toleransi dan solidaritas juga sama pentingnya pada tema pembelajaran kali ini.

Nah, setelah bapak ibu guru semua pendapatkan pendalaman materi serta bekal mengajar. Maka tibalah saatnya kita mempelajari kiat kiat penyusunan RPP K13 revisi yang baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan RPP kelas 4 tema 4 sesuai dengan konteks nyata di sekitar siswa.

Menyusun RPP kurikulum 2013

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa guru kelas perlu mengembangkan RPP sesuai dengan keadaan nyata untuk mendapatkan hasil optimal. Penyusunan yang dilakukan oleh guru harus sesuai dengan kurikulum dan silabus pendidikan yang berlaku. Selain itu materi dalam RPP juga harus disesuaikan dengan buku ajar, buku pedoman siswa kelas 4SD, dan lembar kerja siswa.

Penguatan karakter siswa juga harus dirumuskan secara tertulis di bagian tujuan RPP kelas 4 tema 4 semua subtema. Berdasarkan pedoman pembuatan RPP K13 revisi yang diterbitkan pemerintah guru perlu menggarisbawahi beberapa aspek antara lain:

  • Religius: Nilai religius berkaitan dengan kepercayaan terhadap Tuhan yang maha Esa. Diharapkan siswa mampu memperkuat nilai spiritualnya, berdoa menurut agama dan kepercayaan, taat beribadah, jujur, dan selalu bersyukur.
  • Nasionalisme: Nilai nasionalisme berkaitan dengan rasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap kesatuan negara Indonesia. Dengan menumbuhkan nasionalisme, siswa akan memiliki rasa toleransi tinggi, mengerti kewajiban sebagia warga negara, dan menumbuhkan rasa rela berkorban.
  • Integritas: Menumbuhkan integritas tinggi pada kepribadian siswa juga tertulis secara eksplisit di RPP kelas 4 tema 4 subtema 1, 2, dan 3. Sifat integritas disini maksudnya adalah rasa tanggung jawab tinggi, jujur, berkomitmen dan memiliki motivasi untuk belajar hal baru.
  • Kemandirian: Untuk menghadapi persaingan abad 21 siswa perlu menumbuhkan kemandirian dalam diri mereka. Dengan demikian siswa tidak akan menggantungkan tanggung jawabnya kepada orang lain. Dengan kemandirian yang tinggi siswa juga akan berkembang menjadi lebih baik.
  • Gotongroyong: Salah satu nilai penting yang dirumuskan sebagai tujuan pengembangan karakter adalah sifat gotongroyong. Artinya sendiri sama dengan tolong menolong dalam lingkup bertema, bermasyarakat, dan bersekolah.

Keberadaan internet sekarang ini terkesan lebih mempermudah kita sebagai guru untuk mengembangkan RPP. Kita bisa bertukar pikiran terkait perangkat maupun bahan ajar dengan guru lainnya. Disamping itu, pemanfaatan teknologi untuk mengajar juga sangat direkomendasikan oleh kemdikbud. Hal ini secara langsung membuat siswa berinteraksi dengan pengetahuan dan teknologi abad 21.

Pedoman penyusunan RPP K13

Pengembangan RPP kurikulum 2013 revisi disusun berdasarkan buku pedoman yang dikeluarkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan. Baik itu langkah maupun kegiatan yang ada pada RPP kelas 4 tema 4 K13 harus tersusun secara sistematis berdasarkan urutan tertentu. Adapun urutan kegiatan yang harus diikutsertakan guru mencakup persiapan, penerapan, dan evaluasi. Sementara itu, pada silabus kelas 4SD kurikulum 2013 revisi juga menyinggung beberapa aspek yang harus dipenuhi guru dalam pengembangan RPP antara lain:

  1. Pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, dan budaya yang bersinergi dengan pengetahuan abad 21 dan kemampuan berpikir kritis (HOTS).
  2. Mengaplikasikan student centered learning atau pembelajaran yang berfokus pada siswa.
  3. Pokok materi yang sesuai dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti.
  4. Mendukung terjadinya pembelajaran tematik lintas mata pelajaran.
  5. Penerapan teknologi abad 21 yang dilakukan secara sistematis dan efektif.
  6. Mengakomodasi terciptanya pembelajaran yang interaktif dimana siswa bisa saling berdiskusi baik siswa dengan siswa mupun guru dengan siswa.
  7. Implementasi pembelajaran yang inovatif yang mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Itulah parameter penyusunan RPP kelas 4 K13 revisi yang baik dan benar berdasarkan pedoman dari pemerintahan. Kita memang diberikan hak untuk mengedit maupun menyusun ulang rencana pelaksanaan pembelajaran diatas. Namun dengan tada kutip selama bapak ibu guru mengikuti pedoman serta memperhatikan faktor penyusunan RPP K13 diatas.

Meskipun proses mengembangkan RPP tidaklah mudah namun bapak ibu guru harus tetap melakukannya sebagai bentuk tanggung jawab profesi. Melalui forum diskusi khusus guru diharapkan bisa menjadi wadah berbagi pengalaman antar pendidik di Indonesia. Dengan demikian tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Negara kita akan semakin dekat. Sekian artikel yang membahas RPP kelas 4 tema 4 subtema 1, subtema 2, dan subtema 3 yang dapat saya sampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here