RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8 Format Terbaru K13 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8 Format Terbaru K13 Revisi 2020 – Perubahan kurikulum terus terjadi seiring berjalannya waktu. Pembaruan tersebut akhirnya membuat guru harus beradaptasi dan mengikuti segala peraturan yang sudah ditetapkan. Misalnya saja penyusunan RPP kelas 4 dengan format 1 halaman (selembar) yang saat ini sedang hangat diperbincangkan. Meskipun demikian, metode membuat RPP 1 lembar ini perlu disosialisasikan lagi lebih lanjut karena banyak guru yang masih bingung.

Bapak ibu guru bisa mendapatkan file RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar sesuai dengan K13 revisi 2020 terbaru yang ditetapkan. Putusan ini sesuai dengan surat edaran (SE) nomor 14 tahun 2019 yang diterbitkan menteri pendidikan. RPP format terbaru ini sudah mulai diberlakukan sejak tahun kemarin dan akan terus digalakkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dari sini munculah perdebatan pro dan kontra penggunaan perangkat ajar tersebut.

Apakah RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar K13 revisi terbaru bisa dijalankan efektif? pertanyaan ini sering sering muncul di benak kita. Disisi lain guru juga diuntungkan karena tidak perlu lagi repot membuang waktu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang belum tentu sesuai dengan realisasi di lapangan. Lantas bagaimana pandangan bapak ibu tentang penggunaan RPP 1 lembar kelas 4 tema 8 tersebut?

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8 Format Terbaru K13 Revisi 2020

Di tahun 2020 dunia pendidikan banyak sekali mengalami perubahan baik secara struktural maupun fungsional. Baik itu pada tenaga pendidik, materi pembelajaran, hingga metode guru dalam mengajar sekalipun. Salah satunya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai perangkat ajar yang wajib dimiliki guru. Faktanya, belum terlalu banyak guru yang memahami cara membuat RPP 1 lembar sesuai K13 revisi 2020 terbaru.

RPP kelas 4 tema 8 1 lembar K13 revisi 2020
RPP kelas 4 tema 8 1 lembar K13 revisi 2020

Kondisi ini disebabkan karena kurangnya penyuluhan yang dilakukan pemerintah. Sehingga menyebabkan guru salah dalam memasukan komponen yang ada pada RPP 1 lembar kelas 4 tema 8 tersebut. Lantas seperti apa format penyusunan rencana ajar yang benar sesuai surat edaran menteri pendidikan? kita akan membahasnya hingga tuntas.

Selain mendownload, kita juga akan membahas lebih dalam tentang RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar sesuai dengan kurikulum terbaru yang ditetapkan kementerian pendidikan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan pendalaman apa saja yang harus diikutsertakan dalam penyusunan rencana pelaksaan pembelajaran tersebut. Selain itu kita juga akan mendalami pembahasan subtema serta pembelajaran yang ada di dalam tema 8.

File RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar K13

Tema 8 berdasarkan silabus kelas 4 semester 2 mengangkat topik bahasan dearah tempat tinggalku (tempat tinggal siswa). Guru perlu memberikan pengenalan daerah pada siswa agar mereka bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Hal ini sesuai dengan RPP 1 lembar kelas 4 tema 8 K13 revisi 2020 yang diberlakukan saat ini. Selain itu, guru juga perlu memberikan penekanan para pengembangan karakter peserta didik sebagaimana dirumuskan dalam tujuan RPP.

Pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, dan masyarakat pun juga bisa diimplementasikan untuk mensukseskan tujuan kurikulum 2013. Sayangnya, masih banyak tenaga pendidik yang salah dalam menginterpretasikan tujuan dari kurikulum tersebut. Sehingga pendidikan karakter tidak disampaikan sebagaimana mestinya. Selain itu regulasi berbelit juga menyusahkan guru untuk mengembangkan rencana yang lebih fleksibel dan efektif.

Dalam sesi ini bapak ibu bisa mendownload RPP 1 lembar sesuai dengan format kurikulum 2013 revisi tahun 2020 yang ditetapkan menteri pendidikan. File berbentuk word dan pdf telah saya kompres dalam bentuk rar. Untuk bisa membuka file RPP bapak ibu memerlukan rar ekstraktor.

File RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar K13 Revisi 2020

Selain sebagai syarat administrasi RPP disusun juga untuk media evaluasi metode mengajar guru. Melalui data yang didapatkan ketika mengajar guru bisa membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik di kemudian hari. Untuk mengantisipasi segala permasalahan ketika KBM berlangsung guru perlu melakukan pendalaman materi. Baik itu terkait materi pelajaran maupun metode dan strategi yang digunakan guru untuk mengajar.

Pembahasan RPP 1 lembar kelas 4 tema 8

Memberikan pengenalan tentang daerah dimana siswa tinggal tidak kalah pentingnya dengan pendidikan karakter. Pasalnya kedua hal ini saling terkait satu sama lainnya. Dengan demikian siswa mampu beradaptasi dengan segala perubahan dan mampu mengenal dearahnya lebih baik lagi. Oleh karena itu guru perlu menguasai seluruh subtema beserta materi pembelajaran yang ada pada tema 8.

Landasan teori kuat harus dimiliki guru jika ingin seluruh materi tersampaikan dengan baik. Untuk mempersiapkan guru sebelum mengajar maka dilakukanlah pendalaman materi. Dalam tema 8 terdapat 3 subtema dan masing-masing subtema memiliki 6 pembelajaran yang berbeda. Maka dari itu kita akan membaginya menjadi beberapa bagian yang bisa anda simak dibawah.

RPP kelas 4 tema 8 subtema 1

Subtema 1 pada RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar mengangkat topik lingkungan tempat tinggalku. Lingkungan memiliki cakupan yang lebih sempit dibandingkan daerah. Lingkungan berkaitan langsung dengan masyarakat dan segala interaksi yang ada didalamnya. Kita bisa menstimulasi siswa untuk lebih peka dalam menanggapi lingkungan. Misalnya saja mengajarkan kegiatan sosial dalam lingkungan, mengidentifikasi komponen masyarakat, dan lain sebagainya.

Secara garis besar mata pelajaran yang diajarkan pada subtema 1 standar sama seperti pada umumnya. Kita bisa menemukan pelajaran IPA, IPS, PKN, matematika hingga bahasa indonesia sekalipun. Setiap pelajaran memiliki kompetensi dasar dan kompetensi inti yang berbeda. Kita hanya perlu mengikuti setiap KD dan KI tersebut agar pembelajaran yang dihantarkan bisa maksimal.

RPP kelas 4 tema 8 subtema 2

Setiap daerah memiliki perbedaan baik dari segi sosial, budaya maupun masyarakatnya. Menghargai perbedaan tersebut adalah kewajiban kita sebagai warga negara sekaligus tenaga pendidik. Subtema 2 mengangkat topik bahasan tentang keunikan daerah tempat tinggalku (Tempat tinggal siswa). Dengan kata lain kita perlu mengajarkan siswa untuk mengenali ciri khas dearahnya sebagai sesuatu yang unik dan layak dibanggakan.

Bapak ibu guru bisa menggunakan berbagai metode pembelajaran mulai dari saintifik hingga discovery learning di setiap mata pelajaran. Selain itu, kita juga bisa memfokuskan tujuan pendidikan karakter serta menyampaikan tema pembelajarna dalam 1 waktu pada mapel IPS. Jika sudah membaca RPP 1 lembar kelas 4 tema 8 subtema 2 diatas maka bapak ibu akan menemukan berbagai bahan ajar serta kegiatan yang sesuai. Selain mengikuti kegiatan yang ada di RPP, bapak ibu juga bisa memberikan penugasan pada siswa untuk menemukan keunikan yang ada di daerah tempat tinggal siswa.

RPP kelas 4 tema 8 subtema 3

Subtema 3 menjadi yang terakhir dan membahas tentang bangga terharap tempat tinggalku. Subtema ini sekaligus menjadi follow up dari subtema sebelumnya dimana siswa diajarkan tentang keunikan didaerahnya. Mengapa guru perlu menanamkan rasa bangga terhadap daerah tempat tinggal siswa? jawabannya sangat simpel. Untuk meningkatkan moral serta kepedulian siswa terhadap lingkungan dan daerahnya. Jika siswa diberikan pembelajaran seperti ini sejak dini maka ketika menginjak dewasa ia akan memiliki rasa cinta tanah airnya.

Untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap daerahnya cukup mudah. Guru bisa melalui kegiatan penugasan dan melanjutkannya dengan presentasi di depan kelas. Dengan demikian kita juga telah memberikan pendidikan karakter serta meningkatkan rasa percaya diri siswa. Kegiatan sharing dan bertukar pendapat pun juga bisa menstimulasi siswa agar pikirannya lebih terbuka terhadap daerah tempat tinggal teman-temannya.

Cara Membuat RPP 1 Lembar Terbaru

Sudah pasti banyak guru bertanya tanya perbedaan antara RPP lama dengan RPP kurikulum 2013 revisi 2020 yang baru. Pasalnya dokumen yang harusnya memuat rencana pembelajaran secara detail hanya disampaikan dalam 1 halaman saja. Bayangkan saja dalam RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar kita dipaksa untuk memasukan seluruh komponen penting rencana mengajar.

Pada sesi ini kita akan membahas segala perbedaan yang perlu digaris bawahi terkait perubahan pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Jika kita amati kondisi pendidikan saat ini sebenarnya cukup memprihatikan. Hal ini disebabkan karena regulasi kurikulum 2013 seolah mempersulit guru dalam menyusun perangkat ajar. Akibatnya pelaksanaan pembelajaran di lapangan tidak berjalan secara maksimal.

Untuk mengatasinya akhirnya menteri pendidikan mengeluarkan surat edaran yang pada intinya menginstruksikan guru membuat RPP 1 lembar saja dengan beberapa catatan. Nah kita akan membandingkan perbedaan antara format RPP lama dan baru.

RPP K13 :

  • Komponen RPP harus lengkap.
  • Karena komponennya harus lengkap akhirnya RPP dibuat menjadi banyak halaman (1 RPP bisa 20 halaman).
  • Guru diharuskan mengikuti RPP yang akhirnya membuat pembelajaran menjadi kaku.
  • Menulis RPP banyak halaman akan menghabiskan waktu guru.

RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020 :

  • RPP bersifat fleksibel (bisa dikembangkan, dibuat, disusun secara bebas oleh guru).
  • RPP hanya berisi komponen inti saja.
  • Penulisan RPP lebih menghemat waktu guru, sehingga performa mengajar menjadi lebih maksimal.
  • Guru bisa melakukan improvisasi karena tidak terkaait dengan pelaksanaan RPP yang kaku.

Menteri pendidikan saat ini sangat memperhatikan performa guru dalam mengajar dikelas. Dikeluarkannya surat edaran yang mengharuskan guru menyusun RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar seolah menjadi kabar baik untuk kita semua. Guru tidak perlu lagi terbebani dengan syarat administrasi yang membuang waktu. Sekarang kita hanya perlu memasukan kegiatan ini serta komponen utama pembelajaran dalam format RPP 1 lembar K13 revisi 2020 saja.

Sekian rangkuman RPP kelas 4 tema 8 format 1 lembar yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Berdasarkan informasi yang sudah saya rangkum, guru bisa lebih leluasa mengatur KD dan KI yang ada pada RPP. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan pun bisa lebih fleksibel (tidak kaku). Bapak ibu juga bisa memaksimalkan RPP 1 lembar kelas 4 tema 8 yang sudah diunduh diatas. Sesuaikanlah komponen utama dan materi ajar sesuai dengan kebutuhan di kelas anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here