RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi 2020 – Disahkannya RPP kurikulum 2013 dengan format 1 lembar merupakan kabar gembari bagi kita tenaga pendidik. Lewat Surat Edaran nomor 14 tahun 2019 menteri pendidikan menginstruksikan guru untuk menyingkat rencana pelaksanaan pembelajaran. Instruksi ini berlaku untuk guru mapel maupun kelas semua jenjang baik itu SD SMP dan SMA. Surat edaran tersebut disambut gembira oleh berbagai pihak dan akhirnya guru pun mulai memakai RPP kelas 6 semester 2 format 1 lembar dan meninggalkan RPP format lama.

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki tenaga pendidik. Selain sebagai syarat administrasi “Lesson Plan” memiliki berbagai fungsi mekanis diantaranya sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran, media kontrol guru, serta alat evaluasi jangka pendek. Melalui dokumen 1 halaman inilah seluruh alur cara guru mengajar, materi, serta berbagai komponen lainnya diatur. Bisa dibilang RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 yang akan bapak ibu simpan menjadi pedoman utama dalam menghantarkan materi pada peserta didik.

Pada mulanya sebelum RPP kelas 6 1 lembar ini diterapkan guru harus menyusun rencana secara detail dan presisi. Hal ini menjadi syarat birokrasi berbelit dari kurikulum 2013 versi sebelumnya. Melihat kesalahan administratif tersebut akhirnya muncul wacana untuk mengoreksi kurikulum dan lahirlah surat edaran menteri no 14 tahun 2019 yang mengatur penyederhanaan RPP. Kini guru tidak perlu lagi repot dengan penyusunan rencana ajar karena bapak ibu bisa menggunakan format RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 secara bebas.

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi 2020

Seperti yang telah saya terangkan diatar bahwa rencana ajar menjadi syarat guru yang didalamnya mengatur seluruh aktivitas kelas. Oleh karenanya, RPP harus dibuat dengan baik sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Tapi bapak ibu tidak perlu khawatir lagi karena menteri pendidikan telah memberikan wewenang pada tenaga pendidik untuk menggunakan berbagai model rencana pelaksanaan pembelajaran dengan catatan dokumen tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

Internet merupakan media digital yang memberikan akses informasi tanpa batas berskala global. Buah hasil perkembangan teknologi ini sering kali dimanfaatkan guru untuk mencari perangkat pembelajaran, rencana ajar, materi dan lain sebagainya. Melalui internet pula kita bisa menemukan contoh RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 K13 dengan mudahnya. Menyadari potensi tersebut akhirnya menteri pendidikan pun juga menginstuksikan guru untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Biasanya teknologi tersebut akan disandingkan dengan budaya literasi sebagai pengetahuan abad 21 untuk mengimbangi arus perkembangan jaman.

RPP kelas 6 semester 2 format 1 lembar sesuai kurikulum 2013 revisi 2020
RPP kelas 6 semester 2 format 1 lembar sesuai kurikulum 2013 revisi 2020

Apakah anda sudah memiliki gambaran seperti apa format RPP 1 lembar untuk kelas 6 SD? Sejatinya, perangkat pembelajaran dengan format 1 halaman ini sangat mudah untuk dibuat. Tidak banyak syarat khusus yang mengikat penyusunan dokumen ini melainkan 3 komponen utama. Sebagai awalan kita bisa mencari contoh melalui internet dan mengembangkannya sendiri sesuai kebutuhan. Banyak website baik itu formal milik pemerintah maupun informal (pribadi) yang menyediakan kebutuhan mengajar. Salah satunya adalah situs saya ini, dalam artikel kali ini saya akan memberikan contoh RPP kelas 6 semester 2 format 1 lembar sesuai kurikulum 2013 revisi 2020.

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2

Sebagai guru kelas SD yang mengampu seluruh mata pelajaran kita pasti sudah familiar dengan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Salah satunya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirumuskan lengkap mendetail dan dipakai untuk setiap tatap muka. Secara resmi pemerintah memang sudah mengumumkan implementasi RPP kelas 6 semester 2 1 lembar lewat permendikbud no 14 tahun 2019. Sayangnya pengumuman ini tidak diimbangi dengan edukasi dan sosialisasi langsung dari dinas terkait. Sehingga banyak guru yang berpikir ambigu dengan implementasi RPP 1 lembar tersebut.

Di lain sisi tenaga pendidik pun juga harus berperan aktif dalam setiap kondisi. Pernahkan bapak ibu mendengar sistem jemput bola? Ya, maksudnya kita yang harus mencari sendiri informasi jika kita memang membutuhkannya. Jika memang tidak ada edukasi terkait penggunaan rencana ajar format 1 lembar tersebut guru harus mencarinya sendiri lewat internet. Grup daring, forum guru, serta website pun menjadi media guru untuk belajar menyusun RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 K13. Melalui contoh yang didapatkan kita bisa mengembangkannya sesuai kenbutuhan dan menciptakan RPP baru yang lebih baik.

File RPP Kelas 6 Semester 2 Format 1 Lembar

Dalam artikel ini saya telah menyediakan dokumen RPP kelas 6 format 1 lembar untuk semester 2. Apa saja yang akan bapak ibu guru dapatkan? tentu saja rencana ajar kelas 6 SD mulai dari tema 6 hingga 9 sesuai dengan silabus kurikulum 2013 yang berlaku. Silahkan tap tautan diatas dan simpanlah file dalam folder yang diinginkan. Selanjutnya bapak ibu bisa mengembangkan RPP tersebut ataupun menggunakannya secara langsung karena file tersebut sejatinya sudah mengikuti format permendikbud.

Pendalaman Materi Kelas 6 Semester 2

Dengan bertambahnya waktu luang guru tidak serta merta membuat kita boleh terlena. Kita harus memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mempersiapkan pelajaran agar nantinya lebih optimal ketika dilakukan. Setelahnya kita juga bisa mengevaluasi langkah yang guru lakukan ketika KBM berlangsung. Dengan demikian kita bisa meningkatkan performa sesuai harapan menteri pendidikan.

Sebagai tindakan follow up atas diberlakukannya RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 kita harus melakukan pendalaman materi. Mengapa demikian? pendalaman materi perlu dilakukan sebagai bentuk apresepsi untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi di kelas nantinya. Selain itu guru perlu memperkuat landasan teori agar nantinya bisa menjawab segala pertanyaan yang diajukan siswa. Oleh karenanya pada sesi ini kita akan membahas lebih dalam materi apa saja yang ada di semester 2 sesuai dengan silabus KI dan KD kurikulum 2013 revisi.

Tema 6

Meskipun masih di jenjang SD namun siswa kelas 6 memiliki pemikiran yang jauh lebih matang daripada kelas dibawahnya. Maka dari itu memberikan pendidikan karakter berbasis lingkungan masyarakat dirasa sangat sesuai. Dalam RPP kelas 6 tema 6 membahas tentang menuju masyarakat sejahtera sesuai dengan K13 saat ini. Setiap subtema dan pembelajaran tema 6 tentunya tidak jauh dari topik bahasan tersebut. Bapak ibu pun juga bebas memilih metode pembelajaran karena pada prinsipnya selain memberikan fasilitas RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 permendikbud juga memberikan wewenang guru mengatur sendiri perangkat pembelajaran yang digunakan.

Ada banyak sekali kegiatan serta materi yang bisa disampaikan untuk mengakomodasi tujuan menuju masyarakat sejahtera. Misalnya saja mengamati keadaan lingkungan masyarakat saat ini atau dimana siswa tinggal. Dengan kegiatan tersebut siswa bisa belajar apa saja kekurangan dan faktor penghambat yang menyebabkan lingkungannya susah berkembang. Berbagai kegiatan tersebut bisa dilakukan secara berkelompok maupun individu. Guru pun bisa meminta siswa melaporkan pengamatan serta hasil diskusinya di depan kelas untuk membuka percakapan diskusi.

Untuk menyukseskan tujuan RPP kelas 6 tema 6 sangat dianjurkan menyampaikan materi di dalam kelas lalu memberikan kegiatan tambahan sebagia penugasan. Namun tugas yang diberikan hendaknya dilakukan di luar kelas (outdoor) untuk meningkatkan minat siswa mempelajari tema menuju masyarakat sejahtera. Selain itu bapak ibu juga bisa mengajarkan bagaimana cara menyejahterakan masyarakat sejak dini.

Tema 7

Dalam RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 khususnya tema 7 membahas tentang kepemimpinan. Setiap peserta didik memiliki potensi menjadi pemimpin dalam dirinya. Setelah mengenalkan tujuan mencapai masyarakat sejahtera maka kita pun harus menyiapkan siswa menjadi pemimpin dalam bermasyarakat. Maka dari itu pembelajaran berfokus pada pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan peserta didik. Lantas bagaimana cara guru menyampaikan tujuan RPP kurikulum 2013 yang satu ini? mudah saja.

Banyak sekali cara maupun metode yang bisa diterapkan untuk memotivasi siswa menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Salah satunya adalah dengan public speeking yang notabennya akan meningkatkan rasa percaya diri siswa. Memberikan figur idola agar kepada siswa juga merupakan tindakan yang baik, dengan adanya figur idola tersebut siswa bisa meniru apa yang baik darinya. Bapak ibu bisa memaksimalkan penyampaian tema kepemimpinan pada pembelajaran bahasa indonesia. Misalnya saja dengan memberikan tugas berpidato di depan kelas dan lain sebagainya.

Tema 8

Pembelajaran yang ada pada RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 tema 8 mengangkat topik bahasan berjudul bumiku. Seperti yang kita ketahui kalau bumi sangat luas karena mencakup keadaan geografis serta astronomis benua dan negara. Maka dari itu setiap belahan bumi memiliki kondisi yang berbeda beda. Disini guru diharuskan mengajar berbagai perbedaan tersebut dimulai dari jam, waktu, dan pengaruhnya.

Penyampaian materi bisa difokuskan pada pelajaran IPS geografi dan ilmu pengetahuan alam. Rangkaian kegiatan yang mengakomodasi penyampaian tujuan bumiku lebih condong ke praktek. Misalnya saja mengamati perbedaan peta bola dunia (globe), membaca tanda peta, maupun praktek terjadinya siang dan malam. Perbedaan waktu yang dialami setiap belahan dunia pasti berdampak baik itu pada cuaca, iklim, dan lain sebagainya. Pada intinya guru bisa mengimprovisasi sendiri materi yang ingin disampaikan.

Tema 9

Setelah diberikan materi tentang bumiku pada akhir semester 2 siswa harus mempelajari tentang ruang angkasa (tata surya). Berdasarkan RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 guru harus mengajarkan topik menjelajahi luar angkasa. Mempelajari tata surya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi siswa. Melalui materi yang disampaikan siswa bisa belajar berbagai hal-hal baru yang menarik. Misalnya saja keteraturan serta kesinambungan yang tercipta di luar angkasa. Bagaimana bumi bisa berputar pada porosnya bersamaan dengan mengelelilingi matahari.

Selain itu siswa pun juga bisa diberikan materi berbagai benda-benda luar angkasa seperti asteroid, nama planet, satelit, dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan baik diskusi maupun bekerja secara individu dapat pula diimplementasikan di tema 9. Namun sangat saya sarankan untuk memberikan penjabaran materi serta pengenalan ruang angkasa terlebih dahulu. Fungsinya adalah sebagai pengetahuan dasar siswa ketika praktek nantinya. Disamping itu guru pun juga perlu mengulang materi yang sudah diberikan selama siswa berada di jenjang sekolah dasar. Pasalnya pada pertengahan semester siswa sudah mulai disibukkan dengan ujicoba ujian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here