Pengertian Legenda, Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Pengertian Legenda, Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap – Dalam Bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis cerita fantasi. Cerita fantasi sendiri merupakan sebuah cerita yang berisi imajinasi, khayalan dan angan angan dengan alur normal dari pengarang. Salah satu bentuk cerita fantasi ialah legenda. Apa yang dimaksud legenda itu? Apa saja ciri ciri legenda? Apa saja jenis jenis legenda? Apa saja contoh legenda? Legenda sendiri merupakan sebuah hikayat atau cerita prosa rakyat yang benar benar terjadi peristiwa ini untuk dipercayai. Namun legenda sendiri sering dinyatakan sebagai ramainya sebuah sejarah. Legenda sendiri dapat menjadi sebuah bahan pemulihan sejarah dengan unsur ciri ciri folklor yang dimiliki agar lebih baik.

Legenda memang sering berbeda dengan cerita asliya meskipun cerita legenda sering tidak dicatat. Pengertian legenda tersebut termasuk dalam materi cerita fantasi Bahasa Indonesia. Selain pengertian, adapula ciri ciri legenda, jenis jenis legenda dan contoh legenda. Menurut Bahasa Latin, kata legenda memiliki makna “Legere”. Legenda merupakan sebuah peristiwa yang benar benar terjadi dalam bentuk cerita rakyat berisi tokoh sejarah dan keistimewaan, keajaiban serta kesaktian dari tokohnya. Anggapan tentang legenda tersebut dapat disebut sejarah yang kolektif. Dalam legenda terdapat distorsi yang dialami meskipun tidak tertulis sehingga memiliki perbedaan dengan kisah asli yang lainnya

Legenda tersebut memang cenderung berupa terjadinya sebuah peristiwa yang benar benar berlangsung. Selain itu legenda juga dimasukkan dalam kategori prosa lama. Selain itu juga dianggap sebagai sebuah sejarah yang kolektif. Legenda merupakan satu dari sekian banyak jenis cerita fantasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian legenda, ciri ciri legenda, jenis jenis legenda dan contoh legenda lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Legenda, Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Dalam konteks kehidupan nyata kalian pasti sudah pernah mendengar berbagai kisah yang diceritakan secara turun temurun berdasarkan kejadian di masa lalu. Ambilah contoh cerita sangkuriang, danau toba, dan lain sebagainya yang menceritakan suatu peristiwa hebat hingga layak dikenang sampai sekarang.

Legenda secara umum dapat diartikan sebagai sebuah peristiwa yang benar benar terjadi dalam bentuk cerita rakyat berisi tokoh sejarah dan dilengkapi dengan keistimewaan, kesaktian serta keajaiban dari tokohnya. Selain itu adapula definisi legenda berdasarkan Hooykaas yaitu sebuah dongeng mengenai hal sejarah yang berisi keajaiban atau hal ajaib sebagai tanda kesaktian. Adapula pendapat William R. Bascom yang menyebutkan arti legenda yaitu sebuah cerita dengan ciri ciri di dalamnya yang hampir sama dengan mitos seperti terjadinya memang benar dan tidak ada anggapan bahwa cerita ini suci.

pengertian legenda dan contoh legenda
Legenda itu ada

Pengertian legenda menurut Emies ialah sebuah cerita kuno yang berasal dari sejarah untuk setengahnya dan angan angan untuk setengah lainnya. Legenda menurut Pudentia ialah sebuah cerita yang terjadi dan dipercayai oleh beberapa penduduk setempat, namun tidak ada anggapan sakral atau suci sehingga dapat menjadi pembeda dengan mite. Selain itu adapula arti legenda menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah sebuah cerita yang berhubungan dengan kejadian sejarah di masa lalu.

Ciri Ciri Legenda

Setelah membahas tentang definisi legenda di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri ciri legenda. Legenda memiliki ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Terjadinya peristiwa memang benar dan telah dipercaya.
  • Bersifat keduniawiaan atau sekuler.
  • Biasanya legenda memiliki tokoh manusia.
  • Disebut sejarah kolektif yaitu sejarah yang memiliki distorsi untuk dialami lebih sering karena mempunyai perbedaan dengan cerita aslinya.
  • Memiliki sifat berpindah pindah atau migration.
  • Memiliki sifat berupa siklus yaitu tokoh diceritakan pada zaman tertentu.

Jenis Jenis Legenda

Selain pengertian legenda dan ciri ciri legenda di atas. Adapula macam macam legenda beserta contoh legendanya. Legenda dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu meliputi:

Legenda Keagamaan

Jenis legenda yang pertama ialah legenda keagamaan. Definisi legenda keagamaan ialah sebuah kisah mengenai agama tertentu. Adapun contoh legenda keagamaan yaitu kisah wali songo.

Legenda Kegaiban

Macam legenda selanjutnya ialah legenda kegaiban. Legenda kegaiban ialah sebuah kepercayaan tentang alam gaib. Adapun contoh legenda kegaiban yaitu kisah sang penguasa pantai selatan dan kisah Nyai Roro Kidul.

Legenda Perseorangan

Jenis legenda selanjutnya ialah legenda perseorangan. Pengertian legenda perseorangan ialah sebuah legenda mengenai tokoh tertentu yang diceritakan kisahnya. Misalnya legenda si pitung.

Legenda Lokal

Macam legenda selanjutnya ialah legenda lokal. Definisi legenda lokal ialah sebuah legenda di suatu tempat yang kisah peristiwa di dalamnya telah diceritakan. Misalnya legenda candi prambanan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian legenda, ciri ciri legenda, jenis jenis legenda dan contoh legenda lengkap. Legenda ialah sebuah peristiwa yang benar benar terjadi dalam bentuk cerita rakyat berisi tokoh sejarah dan dilengkapi dengan keistimewaan, kesaktian serta keajaiban dari tokohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here