Pengertian Legenda, Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Pengertian Legenda, Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap – Dalam Bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis cerita fantasi. Cerita fantasi sendiri merupakan sebuah cerita yang berisi imajinasi, khayalan dan angan angan dengan alur normal dari pengarang. Ada banyak sekali contoh legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Namun hanya sedikit siswa yang mengetahui aspek aspeknya.

pengertian legenda ciri ciri dan jenisnya
pengertian legenda ciri ciri dan jenisnya

Apa yang dimaksud legenda? Apa saja ciri ciri legenda? Apa saja jenis jenis legenda? pertanyaan itu mungkin sering diajukan. Banyak yang menulis definisi legenda sebagai hikayat atau cerita prosa rakyat. Menariknya, para pendengar meyakini bahwa cerita tersebut benar-benar terjadi dan timbulah kepercayaan. Sehingga legenda dapat menjadi sebuah bahan pemulihan sejarah dengan unsur ciri ciri folklor yang dimiliki agar lebih baik.

Legenda cenderung menceritakan terjadinya sebuah peristiwa yang benar benar berlangsung. Dalam konteks sastra, legenda juga dimasukkan dalam kategori prosa lama. Contoh legenda dapat pula kita masukan sebagai sejarah yang bersifat kolektif. Legenda merupakan satu dari sekian banyak jenis cerita fantasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian legenda, ciri ciri legenda, jenis jenis legenda dan contoh legenda lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Pengertian Legenda, Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Dalam konteks kehidupan nyata kalian pasti sudah pernah mendengar berbagai kisah yang diceritakan secara turun temurun berdasarkan kejadian di masa lalu. Ambilah contoh cerita sangkuriang, danau toba, dan lain sebagainya yang menceritakan suatu peristiwa hebat hingga layak dikenang sampai sekarang.

Bentuk cerita rakyat yang banyak beredar di masyarakat salah satunya adalah cerita legenda. Apa pengertian legenda itu? Legenda sering dikaitkan dengan adanya kisal asal usul tempat, wilayah, benda pusaka, dan hal lainnya yang mempunyai nilai sejarah. Jenis cerita rakyat ini berbeda dengan cerita dongeng, fabel atau cerita cerita lainnya.

Legenda memiliki karakterisik yang hampir sama dengan cerita setengah khayalan atau mitos. Hal ini dikarenakan legenda tidak dianggap suci dan tidak bernilai sakral dalam masyarakat setempat. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap pengertian legenda, ciri ciri legenda, jenis jenis legenda, dan contoh legenda yaitu sebagai berikut:

Pengertian Legenda

Legenda secara umum dapat diartikan sebagai sebuah peristiwa yang benar benar terjadi dalam bentuk cerita rakyat berisi tokoh sejarah dan dilengkapi dengan keistimewaan, kesaktian serta keajaiban dari tokohnya.

Hooykaas yang notabenya merupakan pakar menulis definisi legenda sebagai sebuah dongeng mengenai hal sejarah dengan bumbu keajaiban atau kesaktian. Lain halnya William R. Bascom berpendapat pengertian legenda adalah cerita dengan ciri ciri menyerupai mitos. Sifatnya masih simpang siur sehingga belum valid kebenarannya.

pengertian legenda dan contoh legenda
Legenda itu ada

Sedangkan pengertian legenda menurut Emies ialah sebuah cerita kuno yang berasal dari sejarah untuk setengahnya dan angan angan untuk setengah lainnya. Legenda menurut Pudentia ialah sebuah cerita yang terjadi dan dipercayai oleh beberapa penduduk setempat, namun tidak ada anggapan sakral atau suci sehingga dapat menjadi pembeda dengan mite.

Tapi, mari kita sepakat menggunakan pengertian legenda menurut KBBI saja. Legenda adalah sebuah cerita yang berhubungan dengan kejadian sejarah di masa lalu. Menurut saya definisi inilah yang paling relevan dan cocok kita pakai sebagai jawaban.

Ciri Ciri Legenda

Terkadang legenda memiliki alur cerita yang sedikit berbeda dari versi aslinya. Distorsi yang terjadi akibat penuturan dari mulut ke mulut menjadi penyebab utamanya. Selain harus menghafal definisi, siwa pun juga dituntut harus paham apa saja ciri ciri legenda secara presisi.

Legenda merupakan sebuah peristiwa yang benar benar terjadi dalam bentuk cerita rakyat. Aspeknya pun ada banyak yakni tokoh sejarah dan keistimewaan, keajaiban, serta kesaktian dari tokohnya. Ciri ciri legenda itu akhirnya berkembang dan bisa kita simpulkan menjadi beberapa poin penting.

Setelah membahas tentang definisi legenda pada sesi di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri ciri legenda. Legenda memiliki ciri ciri seperti di bawah ini:

  1. Terjadinya peristiwa memang benar dan telah dipercaya.
  2. Bersifat keduniawiaan atau sekuler.
  3. Biasanya legenda memiliki tokoh manusia.
  4. Disebut sejarah kolektif yaitu sejarah yang memiliki distorsi untuk dialami lebih sering karena mempunyai perbedaan dengan cerita aslinya.
  5. Memiliki sifat berpindah pindah atau migration.
  6. Memiliki sifat berupa siklus yaitu tokoh diceritakan pada zaman tertentu.

Jenis Jenis Legenda

Tanpa sadar sebenarnya kita sudah sering menjumpai contoh legenda di tengah masyarakat. Meski pengertian dan ciri ciri legenda bisa kita jumpai di buku pedoman bahasa. Tapi sayangnya kategori dari cerita ini kurang dielaborasi oleh guru.

Padahal masing-masing daerah pastinya memiliki contoh legenda yang berbeda. Seperti di jawa tengah dengan cerita candi borobudur, di sumatera ada legenda danau samosir, dan lain-lain.

Selain pengertian legenda dan ciri ciri yang kita bahas sebelumnya. Adapula macam macam legenda beserta contoh legendanya. Legenda dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu meliputi:

Legenda Keagamaan

Jenis legenda yang pertama ialah legenda keagamaan. Definisi legenda keagamaan ialah sebuah kisah mengenai agama tertentu. Adapun contoh legenda keagamaan yang populer yakni kisah menyebarnya agama Islam lewat wali songo.

Legenda Kegaiban

Legenda tentang hantu dan makhluk gaib seringkali menjadi cerita menyeramkan yang memacu adrenalin. Banyak orang yang tertarik dengan legenda kegaiban meski sebenarnya mereka merasa takut.

Macam legenda selanjutnya ialah legenda kegaiban. Legenda kegaiban ialah sebuah kepercayaan tentang alam gaib. Adapun contoh legenda kegaiban yaitu kisah sang penguasa pantai selatan dan kisah Nyai Roro Kidul.

Terkadang, kita bisa memetik hikmah dari cerita legenda yang berhubungan dengan hal gaib. Misalnya dengan menjaga adab, sopan, santun di semua tempat dan taat terhadap norma yang berlaku.

Legenda Perseorangan

Jenis legenda selanjutnya ialah legenda perseorangan. Pengertian legenda perseorangan ialah sebuah legenda mengenai tokoh tertentu yang diceritakan kisahnya. Contoh legenda orang yang menurut saya lumayan terkenal adalah legenda si pitung.

Legenda Lokal

Jenis legenda yang wajib kalian ketahui selanjutnya yakni cerita legenda lokal. Pengertian legenda lokal merujuk pada cerita di suatu tempat yang spesifik dan turun temurun. Contoh legenda lokal yang terkenal adalah cerita candi prambanan, telaga warna, gunung merapi, dan lain-lain.

Legenda lokal juga sering bercerita tentang asal mula tempat yang notabenya bersifat khas. Selain menuturkan asal usulnya, jenis legenda ini juga menunjukan nilai estetik serta keunikan dari sudut pandang berbeda.

Sekian penjelasan mengenai pengertian legenda, ciri ciri legenda, jenis jenis legenda dan contoh legenda lengkap. Legenda ialah sebuah peristiwa yang benar benar terjadi dalam bentuk cerita rakyat berisi tokoh sejarah dan dilengkapi dengan keistimewaan, kesaktian serta keajaiban dari tokohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here