8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya – Dalam dunia pendidikan khususnya bahasa indonesia kita telah mengenal berbagai jenis teks. Mulai dari teks narasi, debat, prosedur, dan karangan eksposisi yang notabennya memiliki unsur, struktur, dan contoh yang berbeda beda. Teks eksposisi sendiri adalah jenis teks dalam bahasa indonesia yang berfungsi untuk memberikan informasi spesifik kepada pembacanya. Tujuan utama sekaligus fungsi sosial teks ini tidak lain adalah untuk memberikan pemaparan info tanpa mempengaruhi pemikiran pembaca.

Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta strukturnya
Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Beragam tema teks eksposisi dapat kita temukan dalam buku LKS bahasa indonesia. Namun tidak sedikit pula kita bisa menemukan bacaan teks bergaya eksposisi seperti pada majalah, berita, dan lain sebagainya. Teks yang notabennya digunakan untuk menyampaikan atau memaparkan informasi kepada pembaca ini memiliki ciri menjawab pertanyaan 5W1H. Sedangkan struktur teks eksposisi sendiri hampir menyerupai teks editorial dengan 3 komponen utama sebagai kerangka teksnya.

Baca juag: Materi Teks Eksposisi (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis dan Contohnya)

Kita mungkin sudah pernah membaca karangan eksposisi tentang pendidikan, kebersihan, dan tema lainnya. Topik bahasan tersebut umum dijumpai karena masih relevan dengan kehidupan sehari-hari. Namun seiring berjalannya waktu, munculah berbagai isu-isu lain yang dianggap penting sehingga layak diangkat menjadi teks eksposisi. Misalnya saja, fenomena belajar di rumah dan social distancing yang baru-baru ini digalakkan oleh pemerintah. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan beragam contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Memiliki tubuh sehat menjadi modal awal manusia untuk menjalani kehidupan. Banyak orang diluar sana rela membayar mahal untuk mendapatkan kesehatan mereka. Tidak heran jika banyak yang memberikan anjuran menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Baik itu jaga pola makan, rajin olahraga, rutin cek up dan lain sebagainya.

Himbauan berbentuk bacaan seperti diatas bisa menjadi contoh teks eksposisi secara konkret. Karena dalam pembahasannya teks tersebut memaparkan informasi secara jelas dan gamblang. Dalam sesi pertama saya akan memberikan contoh karangan eksposisi beserta strukturnya dengan tema kesehatan.

Pola Makan Sehat
Karangan Eksposisi by Ivo Veronica

Tesis:
Budaya hidup sehat memang sudah disuarakan oleh pemerintah sebagai bentuk peningkatan hidup masyarakat. Pola makan sehat menjadi salah satu unsur yang tidak boleh dilupakan. Bisa dibilang pemilihan pola makan memberikan pengaruh kesehatan yang besar bagi seseorang. Orang dengan pola makan teratur cenderung lebih sehat daripada mereka yang tidak memperdulikan pola makan.

Argumetnasi:
Terpenuhinya karbohidrat, protein, vitamin, dan zat lainnya turut serta menjadi bagian 4 sehat 5 sempurna sesuai jargon pemerintah. Selain itu waktu dan porsi makan pun juga turut dipertimbangkan untuk menciptakan pola makan sehat. Selain memenuhi kebuhan makanan, kita juga tidak boleh mengabaikan kecukupan minum harian. Karena tubuh kita pun juga memerlukan mineral dan zat lain yang terkandung dalam air.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan
Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Meskipun demikian masih banyak orang yang mengabaikan pola hidup sehat tersebut. Waktu makan telat, porsi makan tidak sesuai, dan pemenuhan nutrisi yang tidak seimbang seakan sudah melekat di benak masyarakat. Banyak cara sudah dilakukan untuk menghilangkan stigma tersebut. Mulai dari kampanye hidup sehat hingga mengedukasi masyarakat secara langsung. Melalui contoh teks eksposisi tentang kesehatan ini pula saya menegaskan pentingnya menjaga pola makan sehat.

Penegasan Ulang:
Untuk bisa hidup sehat sebenarnya tidak memerlukan biaya yang mahal. Selain waktu tidur teratur, rajin olahraga, kita juga harus bisa menjaga pola makan haran. Kita juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang belum tau melalui materi dan konten edaktif.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang sering mendapatkan sorotan di Indonesia. Perubahan kurikulum dan kebijakan terjadi begitu cepat sehingga menimbulkan polemik tersendiri. Berbagai dampak baik itu positif maupun negatif turut serta dirasakan oleh siswa. Contoh teks eksposisi beserta strukturnya pada sesi ini akan membahas tema pendidikan di indonesia.

Terdapat dua isu yang ingin saya angkat menjadi karangan eksposisi. Diantaranya adalah perubahan kebijakan dalam kurikulum dan juga penghapusan ujian nasional UN. Saya memang sudah memberikan struktur teks eksposisi pada setiap contohnya. Namun, anda harus menganalisa sendiri penggunaan kaidah kebahasaan beserta unsur unsurnya. Tanpa basa-basi lagi, silahkan simak 2 contoh eksposisi singkat tentang pendidikan di bawah.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Perubahan Kurikulum dan Standar Pendidikan di Indonesia
Karangan eksposisi by Ivo Veronica

Tesis:
Sistem pendidikan Negara Indonesia terus mengalami perubahan selama beberapa periode balakangan ini. Berbagai kebijakan terus diganti guna menyesuaikan arus perkembangan jaman yang juga semakin modern. Salah satunya adalah ditiadakannya ujian nasional dan diganti dengan penilaian portofolio. Di lain sisi, materi belajar yang sekarang menerapkan HOTS (high order thinking skill) juga menuntut siswa belajar lebih aktif dari sebelumnya.

Argumentasi:
Diberlakukannya kurikulum 2013 menjadi langkah awal pemerintah dalam merombak dunia pendidikan di Indonesia. Perubahan kebijakan pendidikan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, namun untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih optimal. Pergantian kurikulum yang awalnya diterapkan pada sekolah berakreditasi A sekarang telah resmi diterapkan di seluruh sekolah. Berdasarkan penuturan Mendikbud, K13 lebih menitik beratkan pembangunan karakter siswa yang diimbangi dengan keterampilan, sikap, dan pengetahuan abad 21.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan
Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Maka dari itu seluruh pendekatan dan metode pembelajaran yang dilakukan guru diganti seluruhnya menjadi scientific approach. Metode kurikulum 2013 pun juga lebih tersusun rapi dengan 5 kerangka utama yhakni mengamati, menanya, mengeksplorasi, hingga proses mencipta. Menteri pendidikan Nadiem makarim juga menegaskan kembali bahwa pembelajaran K13 sebagai koreksi dari kurikulum sebelumnya yang dirasa terlalu membebani siswa dengan teori-teori. Sekarang dengan implementasi lebih baik diharapkan bisa melahirkan kualitas lulusan yang lebih produktif dan kreatif.

Penegasan Ulang:
Meskipun memberikan banyak dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Namun revisi yang dilakukan pemerintah terkesan tergesa-gesa dan dipaksakan tanpa memikirkan dampak buruknya. Akibatnya banyak siswa dan guru yang sulit beradaptasi dengan perubahan yang ada. Maka dari itu, pemerintah perlu mengkaji lebih dalam lagi seluruh aspek sebelum mengimplementasikannya.

Contoh Karangan Eksposisi Singkat Tentang Ujian Nasional

Belakangan ini kita dikejutkan dengan berita ujian nasional (UN) dihapus yang beredar di masyarakat. Hal ini benar adanya dan sudah ditegaskan oleh menteri pendidikan Nadiem Makarim. Pada contoh kedua karangan eksposisi singkat kali ini saya akan membahas isu penghapusan UN di jenjang SD, SMP, SMA, dan sederajat.

Ujian Nasional Resmi Dihapus
Teks Eksposisi by Ivo Veronica

Tesis:
Ujian nasional dianggap sudah tidak valid lagi dalam mengukur kemampuan belajar siswa sehingga layak untuk dihapuskan. Mendikbud pun juga membenarkan pernyataan ini dalam pidatonya akhir tahun lalu. Wacana untuk mengganti ujian nasional dengan penilaian berbasis portofolio sebenarnya sudah muncul semenjak Nadiem Makarim menjabat sebagai menteri pendidikan.

Argumentasi:
Keputusan tersebut dibuat tentu bukan tanpa alasan. Ujian nasional bersifat terlalu global dengan menggeneralisasikan seluruh siswa. Maksudnya adalah dengan menerapkan UN maka pemerintah menganggap seluruh anak di Indonesia memiliki kecerdasan, kreatifitas, dan integritas yang sama. Padahal hal ini salah besar mengingat semua orang memiliki latar belakang dan bakat yang berbeda-beda. Oleh karenanya, diperlukan metode penilaian berbeda yang bisa mengakomodir perbedaan siswa tersebut.

Baca juga: Contoh Karangan Eksposisi Tentang Pengalaman Belajar di Rumah

Dihapuskannya ujian nasional dan diganti dengan metode penilaian portofolio merupakan teroosan baru di dunia pendidikan. Sistem portofolio siswa dinilai lebih efektif dalam mengukur hasil belajar siswa secara individual. Portofolio sendiri tersusun dari berbagai komponen selama siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Diantaranya adalah absensi siswa, nilai ulangan harian, nilai ujian semester, penugasan lain, dan penilaian kelakuan dari guru. Dikombinasikan dengan K13, maka sekolah akan mencetak lulusan yang kreatif, produktif, dan berintegritas tinggi.

Penegasan Ulang:
Ujian nasional memang menjadi sebuah beban untuk siswa. Mereka dipaksa mengikuti penilaian dengan standar yang sama padahal setiap orang memiliki bakat dan kemampuan berbeda beda. Namun, dengan dihapusnya ujian nasional menjadi berita gembira untuk seluruh siswa di indonesia. Mereka tidak perlu lagi memikirkan tekanan untuk mendapatkan nilai baik melainkan mereka bisa berfokus pada potensi diri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Tema lingkungan sekolah menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas mengingat kita adalah seorang siswa. Bahkan, tanpa kita sadari lingkungan sekolah memiliki keterikatan dengan kita. Sedikit banyak lingkungan sekolah akan mempengaruhi aktivitas, proses, dan hasil belajar siswa. Maka dari itu dalam contoh teks eksposisi singkat kali ini kita akan membahas tema tentang lingkungan sekolah.

Kebersihan Lingkungan Sekolah
Karangan Eksposisi oleh Ivo Veronica

Tesis:
Kebersihan lingkungan di sekolah menjadi salah satu faktor penting terciptanya kegiatan belajar yang nyaman. Selain itu, sekolah dengan lingkungan yang bersih secara otomatis juga akan menjamin kesehatan siswanya. Di lain sisi, bisa dipastikan jika siswa lebih suka belajar dalam suasana yang bersih.

Sayangnya, masih banyak peserta didik yang kurang bisa menjaga kebersihan baik di lingkungan kelas maupun sekolah. Misalnya saja, membuang sampah di laci meja yang notabennya sudah menjadi kebiasaan siswa. Perilaku tidak tertib dalam membuang sampah hingga penyimpangan kebersihan lingkungan sekolah lainnya.

Argumentasi:
Fenomena diatas terjadi karena siswa tidak memiliki rasa peka dan kesadaran dalam dirinya. Rasa malas, tidak disiplin dan sifat negatif lainnya turut mengambil peran dalam penyimpangan tersebut. Dan ironisnya lagi, hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi di kalangan pendidik.

Akibatnya, lingkungan pun menjadi tidak sehat dengan berbagai kotoran, bebauan, dan serangga pengganggu yang muncul. Terlebih lagi jika terjadi hujan dan menciptakan genangan air sudah pasti akan banyak nyamuk berkembang biak di lingkungan sekolah. Selain itu, perilaku acuh pada lingkungan kelas akan membuat proses belajar menjadi tidak nyaman. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan muncul berbagai bau tidak sedap hingga penyakit-penyakit berbahaya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah
Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Pemikiran sudah menjadi tanggung jawab penjaga sekolah dalam merawat serta menjaga kebersihan lingkungan pun juga telah menjadi stigma di benak siswa. Stigma tersebut akhirnya menimbulkan perasaan tidak masalah jika membuang sampah sembarangan karena sudah ada petugas kebersihannya. Padahal tindakan demikian sangat tidak dibenarkan mengingat kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab bersama.

Penegasan Ulang:
Menumbuhkan rasa cinta kebersihan di lingkup sekolah sangat penting untuk dilakukan. Hal inipun juga sesuai dengan tujuan dari kurikulum 2013 tentang pengembangan karakter siswa. Berbagai kegiatan seperti piket harian kelas, kegiatan jumat bersih, hingga reboisasi tingkat sekolah pun bisa dilakukan untuk mendukung terciptanya lingkungan yang sehat. Di lain sisi, denda dan sanksi tegas juga perlu diberikan kepada para pelanggar kebersihan lingkungan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sampah

Kebersihan menjadi isu yang layak diangkat ke mata publik. Ada banyak informasi dan pembelajaran yang bisa kita petik dari tema kebersihan. Oleh karenanya, kita akan membahas contoh teks eksposisi singkat dengan tema kebersihan terlebih dahulu. Silahkan simak setiap unsur baik itu kaidah bahasaan, ciri ciri, dan struktur eksposisi pada karangan di bawah ini.

Menjaga Kebersihan Adalah Budaya Bangsa
Karangan eksposisi oleh Ivo veronica

Tesis:
Menjaga kebersihan sudah menjadi salah satu budaya masyarakat di Indonesia. Kerbersihan memberikan dampak baik untuk kesehatan seluruh elemen mulai dari individu, kelompok, maupun lingkungan sekitar. Dengan menjaga kebersihan pula kita semua bisa andil dalam pencegahan berbagai penyakit.

Argumentasi:
Sayangnya, masih sedikit orang yang memiliki kesadaran betapa pentingnya budaya menjaga kebersihan tersebut. Hal ini bisa tercermin dari perilaku hidup warga yang gemar membuang sampah sembarangan. Baik itu di selokan, sungai-sungai, pinggiran jalan dan tempat umum lainnya menjadi objek pembuangan sampah ilegal oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sampah

Padahal membuang sampah pada tempatnya merupakan bentuk paling sederhana dari budaya menjaga kebersihan. Akibatnya, pencemaran lingkungan pun tidak terhindarkan lagi dan selanjutnya diikuti oleh munculnya berbagai penyakit. Tidak sampai disitu saja, bencana alam seperti banjir pun turut menghantui penduduk jika terus membuang sampah di selokan ataupun sungai.

Penegasan Ulang:
Budaya menjaga kebersihan memang harus ditanamkan pada diri setiap individu bahkan semenjak ia masih belia. Tujuan tersebut bisa diwujudkan dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, aktif dalam kerja bakti, dan lain sebagainya. Sehingga akan tercipta pribadi berpendirian teguh dan siap mengedukasi masyarakat tentang pola hidup bersih di kemudian hari.

Itulah beberapa contoh teks eksposisi singkat terkait tema dan isu yang paling bamyak dibahas di masyarakat. Sebenarnya tidak terlalu sulit menemukan bacaan dengan gaya penulisan eksposisi mengingat kita bisa mengakses segalanya lewat internet. Di era serba modern seperti saat ini kita bisa menemukan informasi terkait teks eksposisi dengan mudahnya. Jika terdapat pertanyaan terkait contoh teks eksposisi beserta strukturnya silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here