8 Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya

8 Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya – saya yakin pasti kalian sudah pernah melakukan diskusi entah disengaja maupun tidak disengaja. Diskusi sendiri merupakan proses untuk membahas suatu permasalahan dengan memahami pandangan orang yang berbeda beda. Diskusi dilakukan dengan memahami pandangan setiap orang karena prosesnya juga menjadi sarana menyatukan perbedaan pendapat. Pesertanya pun berjumlah lebih dari satu orang entah itu 2, 3, atau 4 individu dalam satu percakapan.

contoh teks diskusi beserta strukturnya
contoh teks diskusi beserta strukturnya

Contoh diskusi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari dapat kalian amati saat berada di pasar. Aktivitas tawar menawar antara pedagang dan pembeli tanpa sadar sudah membentuk suatu komunikasi yang dinamakan diskusi. Nah, kalian bisa menyusun contoh teks diskusi buatan sendiri dari percakapan tersebut. Demikian pula di ranah pendidikan kita juga pasti sering berdiskusi bersama teman untuk menyelesaikan tugas kelompok.

Ketika kalian melakukan diskusi dalam sebuah kelompok, para anggota tentu saja akan melempar gagasan atau pendapat. Pada sesi diskusi, pendapat atau gagasan ini akan dituliskan dalam narasi yaitu disebut dengan teks diskusi. Di lain sisi, kita perlu memperhatikan kaidah serta struktur teks diskusi untuk menciptakan naskah yang baik. Bahkan saking pentingnya saya pun pernah membahas materi itu pada artikel sebelumnya.

Contents

8 Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya

Teks diskusi sering kita temui pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahkan materinya menjadi pelajaran umum yang wajib dikuasai pada jenjang SD hingga SMP. Meski sudah banyak dibahas oleh guru tapi faktanya masih ada beberapa siswa yang kesulitan menulis contoh teks diskusi pendek.

Jika di artikel sebelumnya saya membahas seluruh aspek mulai dari pengertian, ciri ciri, dan struktur teks diskusi. Maka pada artikel kali ini mari kita fokuskan topik bahasan hanya pada contoh teks diskusi saja. Berbagai bacaan di bawah juga sekaligus sebagai bentuk pendalaman materi agar kalian memahami konsep lebih baik.

Contoh teks diskusi beserta strukturnya memang tidak spesifik tertulis di buku pedoman. Namun berkat kemajuan teknologi kini kita bisa mencarinya sendiri lewat internet. Bahkan siswa dapat memilih tema secara spesifik baik tentang pendidikan, kesehatan, sosial masyarakat, dan lain sebagainya.

Apa yang Dimaksud Teks Diskusi

Teks diskusi adalah teks yang menyajikan beberapa pendapat dan sudut pandang yang berbeda terhadap suatu permasalahan yang dibahas. Kalian juga bisa mendefinisikannya sebagai tulisan yang mengulas sebuah masalah. Ulasan tersebut disertai argumen atau pendapat baik maupun buruk terkait isu yang sedang diangkat. Lalu tulisan diakhiri dengan simpulan maupun rekomendasi pribadi dari sang penulis.

Secara garis besar contoh teks diskusi hanya dikemukakan dalam sesi diskusi formal. Misalnya saat rapat OSIS, rapat di lingkungan RT, dan lain-lain. Ketika kalian melakukan diskusi pasti akan ada yang namanya perbedaan pendapat. Nah fungsi argumen adalah untuk mendukung pendapat yang dikemukakan sebelumnya.

Dalam proses penyampaian pendapat pasti juga tak luput dari apa yang dinamakan perdebatan. Tapi kita harus ingat kaidah utama diskusi yakni saling menghargai perbedaan gagasan. Dari penjelasan singkat diatas, apakah kalian sudah bisa memiliki gambaran struktur teks diskusi seperti apa.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

ISU
Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak diketahui masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalah gunaan narkoba.

Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.

ARGUMEN MENDUKUNG
Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyak buktinya antara lain:

  • Mengganggu kinerja jantung
  • Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningakat
  • Kerusakan otak
  • Gangguan pada paru-paru
  • Gangguan fungsi reproduksi
  • Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  • Sering mual dan muntah-muntah.
  • AIDS

ARGUMEN MENENTANG
Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.
Misalnya untuk melakukan bius pada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya.

KESIMPULAN
Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba, bijak nya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.

Contoh Teks Diskusi Singkat

Remaja atau sering banyak yang menyebut dengan istilah anak zaman now itu memang mudah dalam bergaul. Namun terkadang pergaulannya di luar batas kewajaran atau di luar pemikiran banyak orang. Semakin banyak kenakalan remaja dan semakin lama semakin menjadi.

Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk keluar malam. Hal tersebut tidak lain merupakan usaha untuk menjauhkan anaknya dari pergaulan bebas tersebut. Namun ternyata ada sebagian orang tua yang membolehkan anaknya keluar malam baik dengan syarat maupun tanpa syarat.

Keluar di malam hari ini memang diakui adalah sisi positifnya. Anak bisa mudah bergaul dengan siapapun, khususnya dengan teman baru. Hal ini pun juga akan membuat pertemanan semakin akrab sekaligus menjalin persaudaraan. Bergaul di malam hari juga tidak menutup kemungkinan terciptanya diskusi hingga sharing pengetahuan antara satu dengan yang lainnya.

contoh teks diskusi singkat
contoh teks diskusi beserta strukturnya

Namun demikian, bergaul di malam hari juga memberikan sisi negatif. Tidak sedikit anak muda yang terpengaruh dengan kegiatan negatif akibat pergaulan bebas ini. Mereka biasanya melampiaskan kurangnya perhatian dari orang tua dengan melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum atau norma kesusilaan.

Dampak buruk pergaulan malam hari tersebut tentu juga akan mempengaruhi kehidupan mereka, mulai dari tidak menurut dengan orang tua, tidak bisa konsentrasi hingga berakibat pada turunnya prestasi belajar mereka.

Pergaulan bebas memang menjadi masalah bersama. Oleh karena itu, dilakukan tindakan bersama agar bisa mengurangi masalah pergaulan bebas ini. Pelajar juga harus bisa menjaga diri agar tidak mudah terjerumus dengan pergaulan bebas. Mereka harus bisa membedakan mana pergaulan yang baik dan buruk bagi mereka.

Selain itu, peran orang tua juga tidak kalah pentingnya untuk mengawasi anaknya, khususnya di malam hari. Dengan demikian, anak peluang terjerumus dalam pergaulan bebas juga semakin kecil.

Contoh Teks Diskusi Pendek

ISU
Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh udah dilakukan dari dulu. Bahkan jadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan saat ada kunjungan tamu, pertemuan, atau bagian dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu, kalo minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat.
Meski banyak manfaat dari meminum teh, tapi kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian.

ARGUMEN MENDUKUNG
Ada beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga jadi bermanfaat buat kesehatan, seperti:

  • Polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan buat mencegah berkembangnya sel kanker.
  • vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang bisa membantu buat memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.
  • ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang fungsinya buat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi dan memperkuat gigi.

ARGUMEN MENOLAK
Tapi, dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang gak wajar punya pengaruh yang gak baik buat kesehatan. Karena, caffein yang ada didalam teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan jadi terhambat. Selain itu caffein mempunyai sifat ketergantungan jadi tubuh akan terasa gak fit kalo gak mengkonsumsinya.

Nah pada ibu menyusui, caffein mempengaruhi kelenjar ASI jadi menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat caffein pada bayi zat ini bisa mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga mempunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

SIMPULAN
Kalo kamu ingin mengkonsumsi teh yang sehat, disarankan buat mengkonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena, jumlah tersebut masih batas normal kadar kafein yang bisa dikonsumsi yaitu setara 750 mg/hari.

Usahakan juga seduh teh dengan air yang gak terlalu banyak dan gak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh. Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung jadi berpengaruh pada pencernaan.

Itulah beberapa contoh teks diskusi beserta strukturnya yang dapat kalian jadikan sebagai referensi. Teks diskusi bisa juga didefinisikan sebagai tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan disertai argumen/pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here