Apa Itu Slogan, Ciri Ciri, dan Contoh Slogan Singkat

Apa Itu Slogan, Ciri Ciri, dan Contoh Slogan Singkat – Tanpa sadar sebenarnya kita sudah pernah melihat berbagai gambar slogan di sekolah ataupun tempat umum. Bahasa singkat serta informatif berbalut ilustrasi membuatnya mudah untuk dikenali oleh mayoritas orang. Di sekolah pun harusnya kalian sudah sangat familiar dengan slogan karena menjadi bagian dari pembelajaran bahasa indonesia.

apa itu slogan? berikut penjelasan beserta ciri ciri dan contohnya
apa itu slogan

Slogan merupakan suatu kalimat atau kata-kata yang relatif pendek yang pada dasarnya menarik, mencolok, serta mudah untuk diingat. Fungsi sosial serta tujuan slogan adalah untuk menyampaikan sebuah informasi kepada publik. Tak sedikit orang kesulitan menyebutkan apa perbedaan iklan, slogan, dan poster karena memiliki unsur yang hampir sama. Yakni memberi ajakan pada pembaca baik itu menaati peraturan, menjaga lingkungan, atau membeli suatu produk.

Meskipun contoh slogan dibuat secara singkat tapi kita tetap harus memperhatikan pemilihan kata. Memakai kata-kata yang unik dan menarik menjadi kunci utama agar kalimat slogan mudah mendapat perhatian serta diingat oleh pembaca. Walaupun hanya mengandung beberapa kata yang singkat akan tetapi slogan harus memiliki arti yang luas dan mendalam.

Bahkan tak hanya berbentuk kalimat, kini kita bisa menjumpainya dalam bentuk gambar untuk menambah kesan mencolok. Hal ini pun terbukti efektif untuk menarik minat baca dan memberi sugesti pada masyarakat untuk mengikuti anjuran kalimat slogan. Nah, apakah kalian sedang mendapat tugas untuk merangkum materinya? jika iya simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Apa Itu Slogan, Ciri Ciri, dan Contoh Slogan Singkat

Slogan menjadi salah satu materi dasar yang wajib dikuasai siswa hampir di semua jenjang sekolah. Materi yang sedikit banyak membahas unsur, aspek, pengertian, dan ciri ciri slogan sendiri bisa kita jumpai di buku pedoman bahasa. Guru pun biasanya akan menyampaikannya secara terperinci karena sedikit banyak materi satu ini pasti muncul sebagai butir soal ujian.

Tak jarang guru meminta siswa untuk membuat contoh slogan pendidikan, lingkungan, kesehatan, maupun tema lainnya. Penugasan semacam itu dilakukan untuk menguji tingkat pemahaman kita. Masalahnya, tak semua siswa mampu melakukan hal tersebut karena berbagai alasan klasik.

Alih-alih menulis contoh, menjelaskan apa itu slogan saja mereka sudah kewalahan sebab pengertiannya hampir sama dengan iklan dan poster. Padahal ketiga karya tulis tersebut memiliki perbedaan signifikan jika ditinjau dari ciri-ciri dan aspek penyusunan di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya lagi simaklah materi tentang pengertian, ciri ciri, dan juga akan saya beri contoh slogan singkat. Tujuannya tak lain agar kalian lebih paham lagi mengenai apa itu slogan hingga harapannya semua siswa bisa menulis sendiri contoh kalimatnya dengan baik dan benar.

Apa Itu Slogan

Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan kata slogan. Sebab slogan biasanya sudah di ajarkan oleh guru kalian Ketika kalian menginjak bangku sekolah dasar. Dalam konteks kehidupan nyata semua siswa pun pasti sudah pernah melihat atau membaca kalimat slogan.

Lantas apa itu slogan? secara umum pengertian slogan adalah sebuah kalimat ataupun kata yang relatif singkat namun menarik, mencolok, serta mudah untuk diingat. ada juga para ahli yang berpendapat mengenai penegertian slogan diantaranya :

  • Menurut KBBI: adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu.
  • Menurut Sukini: Slogan ialah kumpulah dari kalimat singkat yang bentuknya persuasi dan susunan dalam kalimat tidak seperti umumnya.
  • Menurut Jusuf Sjarif Badudu: Slogan adalah rangkaian suatu kalimat pendek yang memiliki arti dan bunyi yang menarik supaya mudah dipahami.

Dari penuturan para ahli diatas dapat disimpulkan pengertian slogan sebagai perkataan atau kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Baik berupa imbauan, ajakan atau larangan. Kalimat slogan bersifat sugestif (menyadarkan) dan sama sekali tidak mengandung larangan. Setiap kalimatnya akan ditulis secara singkat dan juga penuh makna.

Secara garis besar jenis kalimat satu ini memiliki dua fungsi utama. Yaitu untuk membangkitkan semangat dan untuk menyampaikan informasi dan mempengaruhi pandangan atau pendapat seseorang mengenai informasi yang disampaikan. Unsur-unsur yang menjadi kekuatan slogan adalah kata-kata pembangunnya. Tidak selalu dalam bentuk kalimat, slogan juga dapat berupa frasa dan klausa.

Ciri Ciri Slogan

Dalam artikel kali ini juga akan menyajikan beberapa contoh slogan akan tetapi sebelum kalian menyimak contoh kalimatnya. Alangkah lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri ciri slogan.

Kita tak bisa menampik fakta bahwa masih banyak siswa tak mampu menyebutkan perbedaan iklan slogan dan poster. Hal ini disebabkan karena ketiga karya tersebut memiliki unsur serta karakteristik yang hampir sama. Tapi jika kalian lebih teliti maka ciri ciri slogan terkesan lebih sederhana dari dua saudaranya.

Agar kalian tidak bingung membedakan antara slogan dengan iklan, poster, berita dan lain sebagainya, kalian sangat pelu mengetahui apa saja ciri ciri slogan itu. Jika kalian belum mengetahuinya maka simaklah beberapa aspek di bawah:

Kalimat pendek

Slogan mengandung kalimat pendek, tujuannya agar mudah dibaca serta diingat oleh khalayak umum. Unsur satu ini tak boleh kalian lewatkan karena ternyata hampir semua siswa menulis contoh slogan pendidikan atau lingkungan panjang lebar.

Hanya karena kalian mengangkat tema yang luas bukan berarti kalian harus menciptakan kalimat sedemikian rupa. Jika mendapat tugas dari guru maka hendaklah menyusun kalimat secara singkat saja.

Pilihan kata menarik

Salah satu ciri ciri slogan adalah menggunakan pilihan kata yang menarik dan mencolok agar masyarakat tertarik membacanya. Agar terlihat mencolok, slogan bisa dibuat dengan memanfaatkan persamaan bunyi pada kata-kata yang digunakan. Dalam beberapa kasus penulis juga sering memakai majas untuk menambah kesan mencolok pada kalimatnya.

Mudah diingat

Pada sesi sebelumnya telah saya jelaskan bahwa tujuan slogan adalah untuk memberikan sugesti yang bersifat menyadarkan. Untuk mencapai tujuan itu penulis wajib menggunakan kalimat yang mudah diingat oleh publik. Alangkah baiknya kalian memakai kata-kata yang ringan sehingga masyarakat selalu mengingat anjuran yang disampaikan.

gambar slogan
gambar slogan

Untuk menimbulkan efek deja vu biasanya penulis akan menyertakan gambar sebagai ilustrasi yang bersinggungan dengan tema yang hendak diangkat. Dengan demikian kalimat slogan pun akan menyatu dengan gambar dan mudah diingat oleh khalayak umum.

Contoh Slogan

Pada dasarnya ada banyak sekali contoh kalimat sugestif yang dapat kita jumpai di tengah masyarakat baik secara langsung maupun tak langsung. Bahkan kini kita bisa menjumpai contoh slogan singkat pada platform sosial media berkat kemajuan teknologi. Temanya pun beragam dan tak memiliki batasan karena mencakup berbagai aspek kehidupan.

Nah bagaimana setelah membaca ulasan singkat tentang pengertian dan juga ciri ciri slogan di atas harusnya kalian sudah bisa membayangkan seperti apa contoh kalimatnya. Baiklah agar kalian lebih memahami kalimat slogan maka simaklah beberapa contoh slogan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari:

Contoh Slogan Lingkungan

Pencemaran lingkungan menjadi salah satu isu yang tak pernah terselesaikan bahkan sejak dulu. Salah satu faktor pemicunya karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan tempat tinggal. Imbasnya pun terjadi pencemaran, lingkungan kumuh kotor, munculnya bibit penyakit, hingga berpotensi menimbulkan bencana alam.

Kalimat slogan lingkungan ini sering kalian jumpai di lingkungan sekitar kalian. Isi slogan ini biasanya bertemakan kebersihan dan alam. Tujuan dari slogan lingkungan ini yaitu mengajak masyarakat agar menjaga serta mencintai lingkungan sekitarnya. Contoh slogan lingkungan seperti berikut ini:

  1. Jaga, jangan kotori sungai kita.
  2. Jangan kotori lingkungan ku dengan sampah-sampah mu.
  3. Buanglah Sampah Pada Tempatnya.
  4. Hijaulah hutanku,
  5. Lestarilah lingkunganku.
  6. Hutan untuk rakyat.
  7. Kebersihan Sebagian Dari Iman
  8. Menjaga lingkungan sama dengan menjaga kesehatan!
  9. Lingkungan yang kotor menciptkan bibit penyakit!
  10. Ingatlah Bahwa Tiada Pohon Tiada Kehidupan.

Contoh Slogan Pendidikan

Kalimat slogan pendidikan ini biasanya banyak dijumpai di sekitaran sekolah, majalah diding, dan bahkan didalam kelas. Tujuan pembuatanya adalah untuk memotivasi dan mendorong pelajar agar lebih rajin belajar serta tetap mentaati peraturan sekolah. Berikut ini adalah contoh slogan pendidikan singkat yaitu:

  1. Tidak ada harta yang kekal kecuali ilmu.
  2. Kegagalan Adalah Keberhasilan yang Tertunda.
  3. Prestasi yes, narkoba no!
  4. Buku Adalah Jendela Dunia, Mari Gemar Membaca!
  5. Malu datang terlambat/pulang cepat Tidak ada harta yang kekal kecuali ilmu.
  6. Kegagalan Adalah Keberhasilan yang Tertunda.
  7. Prestasi yes, narkoba no!
  8. Buku Adalah Jendela Dunia, Mari Gemar Membaca!
  9. Malu datang terlambat/pulang cepat

Baca juga: 24 Contoh Slogan Pendidikan Singkat, Unik, dan Menarik

Contoh Slogan Kesehatan

Menjaga kesehatan diri sendiri dan masyarakat sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang individu. Sayangnya hal ini justru terabaikan karena berbagai alasan tak jelas. Banyak orang mengabaikan pola hidup bersih dan sehat sehingga kualitas masyarakat pun menurun.

Jika kalian menemukan slogan Pendidikan di sekolah lain halnya kalimat slogan kesehatan akan kalian temui di rumah sakit atau di tempat tempat tenaga kesehatan. Tujuannya tak lain untuk mengajak masyarakat agar hidup bersih serta selalu ingat akan pentingnya kesehatan.

  1. Katakan Tidak Pada Narkoba !
  2. Didalam Tubuh yang Sehat ada Jiwa yang Kuat
  3. Kekayaan itu penting, kesehatan jauh lebih penting
  4. Hidup Sehat Tanpa Narkoba!

Contoh Kalimat Slogan Produk

Kalimat slogan produk yang sering kita dengar dimana mana untuk meningkatkan penjualan barang atau makanan tertentu. Bahkan, dengan perkembangan teknologi kita bisa menjumpainya dalam bentuk iklan slogan di internet hingga platform sosial media. Misalnya iklan pepsi, toko komputer, ataupu restoran ternama. Adapun contoh slogan produk yaitu :

  1. KFC, Jagonya Ayam…!!
  2. eh Javana, Citarasa teh Indonesia.
  3. Roma: pasti roma kelapa
  4. Indomie selera ku
  5. Citato life is never flat

Nah itu tadi materi yang sedikit banyak menjelaskan apa itu slogan, ciri ciri, dan contoh kalimat singkatnya. Perlu kalian ingat bahwa slogan menggunakan kata kata yang sesingkat mungkin dan juga menarik karena melihat dari tujuannya adalah mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Baik menaati peraturan atau membeli suatu produk dan tujuan utamanya ialah mengajak.

Sebenarnya masih ada banyak sekali contoh slogan pendidikan, kesehatan, ataupun lingkungan yang ingin saya sampaikan. Tapi karena terbatasnya waktu maka akan saya bahas dalam kesempatan mendatang saja. Terimakasih sudah berkunjung dan menyempatkan membaca artikel di blog saya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here