Apa Yang Dimaksud Dengan Simpulan dan Contohnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Simpulan dan Contohnya – Meski terkesan mudah tapi tak semua orang hafal ketika ditanya apa itu simpulan. Bahasa indonesia menjadi salah satu mapel yang memiliki banyak cakupan pembahasan. Setiap materinya dapat kita pecah kembali menjadi aspek-aspek yang baru.

Simpulan adalah suatu keputusan yang harus diambil dengan cara berfikir deduktif dan induktif dalam pembahasan ataupun gagasan. Dalam bahasa Indonesia simpulan ini memiliki tujuan dam maksud tersendiri, tujuan dari simpulan itu sendiri adalah untuk memberikan kesempatan serta memberikan informasi kepada pembaca yang berguna untuk mengetahui secara detail dan terperinci dengan hasil akhir suatu penelitian yang telah dilakukan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Simpulan dan Contohnya
Contoh simpulan bahasa indonesia

Apa yang dimaksud dengan simpulan bisa juga kita artikan sebagai opini dari penulis untuk memberi tahu pernyataan akhir data-data. Simpulan juga merupakan suatu pendapat terakhir Berdasarkan dengan pembicaraan yang sebelumnya. Setiap simpulan memiliki tujuan dan maksud masing-masing yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan.

Nah, harus kalian ketahui biasanya setiap simpulan itu memiliki maksud dan tujuan masing-masing. Bagi penulis sendiri simpulan berguna untuk menyampaikan sebuah pesan. Dengan demikian pembaca akan lebih mengerti maksud atau pesan yang disampaikan oleh penulis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Simpulan dan Contohnya

Ada banyak sekali materi bahasa indonesia yang menyertakan simpulan pada pembahasannya. Misalnya saja saat kalian masuk pada teks cerita, pidato, ataupun mengerjakan karya tulis bersifat ilmiah. Sering kali kita diminta untuk merangkumnya menjadi sebuah kesimpulan yang lebih singkat.

Dalam konteks pendidikan, contoh simpulan biasanya akan diajarkan bersamaan dengan saran. Mengapa demikian? sebab kedua unsur ini memiliki hubungan saling terikat. Meski tak mendapatkan porsi pembahasan secara resmi. Namun guru pasti tetap akan mengajarkan cara menulis simpulan yang baik dan benar.

Di lain sisi, kalian pun dapat mencari berbagai contoh simpulan singkat berbagai tema di internet. Tapi dalam artikel kali ini akan membahas secara singkat tentang apa itu simpulan dan contohnya, mari kita simak Bersama penjelasan dibawah ini mengenai pengertian dari simpulan dan contohnya.

Apa Itu Simpulan

Dalam suatu penelitian pasti ada simpulan, karena simpulan sendiri memiliki fungsi untuk menegaskan kembali kepada pembaca tentang isi penelitian yang di tuliskan dan disampikan. Maka dengan ini kita harus mengetahui apa sih yang dimaksud dengan simpulan dan apa aja sih contoh simpulan itu. Untuk itu mari kita bahas Bersama apa itu simpulan beserta contohnya.

Simpulan adalah rumusan paling akhir dari sebuah teks yang disusun Berdasarkan pengetahuan dan pemahaman. Sementara, secara sederhana pengertian simpulan merupakan sebuah pendapat Berdasarkan dengan pembicaraan sebelumnya.

Langkah-langkah membuat simpulan anatara lain:

  1. Membaca dengan detail keseluruhan isi yang ada dalam teks dan menemukan gagasan umum.
  2. Mencatat bagian-bagian penting yang terdapat di awal ataupun akhir paragraf.
  3. Lalu memahami hubungan logis antar bagian teks sesuai dengan hubungan sebab akibat
  4. Merumuskan simpulan akhir.

Ciri Ciri Simpulan

Tidak semua orang tau bagaimana cara membuat kesimpulan yang baik dan benar. Hal ini pun didasarkan atas berbagai keluhan yang timbul di tengah pembelajaran. Nah, tidak hanya itu saja dalam simpulan juga terdapat beberapa ciri-ciri yang meliputi:

Singkat Padat Jelas

Dalam bagian ciri simpulan yang pertama yaitu harus sederhana, singkat, dan jelas. Di dalamnya meringkas beberapa gagasan atau pernyataan yang diambil sebelumnya kemudian disampaikan dalam isi.

Menggunakan Kosa Kata BaKu

Ciri-ciri yang selanjutnya adalah penggunaan kosa kata baku, dalam hal ini hindari penggunaan frasa yang ada di luar pedoman ejaan bahasa Indonesia. Jangan pernah menggunakan istilah yang tidak dipahami dan di ketahui orang pada umumnya karena akan timbul pertanyaan kontekstual yang mungkin tidak terdapat dalam simpulan tersebut.

Memuat Kata Kunci

Di dalam kalimat simpulan perlu ditulis kata-kata kunci yang merupakan bagian dari kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf.

Contoh Simpulan Singkat

Nah, dengan ini kita sudah mengetahui apa sih yang dimaksud dengan simpulan itu, dan tidak hanya itu saja pada penjelasan diatas juga membahas lngakah-langkah dan ciri-ciri dalam simpulan. Kemudian yang selanjutnya mari kita simak bersama contoh dari simpulan.
Perhatikan Paragraf Beikut!

Contoh Paragraf Simpulan

Icha selalu berangkat ke sekolah sebelum jam pelajaran dimulai. Di sekolah, Icha akan menyiapkan buku-buku pelajaran yang sudah disiapkan dirumah, kemudian Icha mengeluarkan buku apa saja yang akan diperlukan untuk pelajaran di hari itu. Jika ada pekerjaan rumah, Icha akan menyelesaikannya di rumah. Di sekolah, ia akan mempelajari materi-materi yang telah disampaiakan oaleh gurunya dan sudah dipelajari. Setiap ujian, dia tidak pernah khawatir mendapat nilai yang rendah karena selalu belajar sehingga ia selalu siap kapan pun. Oleh karena itu, Bayu sangat pantas dijadikan siswa teladan di sekolah.

Simpulan : Icha pantas dijadikan siswa teladan di sekolah karena selalu datang tepat waktu dan rajin belajar.

Contoh Simpulan Laporan

Penggunaan plastik yang semakin banyak sehingga menjadi masalah lingkungan yang tidak kunjung usai. Plastik adalah bahan anorganik yang tidak ramah lingkungan. Hal ini disebabkan sifat plastik yang tidak mudah hancur dan terurai oleh tanah. Butuh waktu beratus-ratus tahun hingga plastik bias terurai dalam tanah.

Simpulan : Penggunaan plastik yang semakin banyak menjadi masalah lingkungan karena limbah plastik sulit diuraikan oleh tanah.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu yang dimaksud dengan simpulan dan contohnya. semoga apa yang sudah disampaikan diatas dapat bermanfaat untuk untuk kita semua. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here