Rumus Persegi Panjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal

Rumus Persegi Panjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal – Bangun datar memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah bangun persegi panjang. Apa yang dimaksud persegi panjang? Bagaimana rumus luas persegi panjang itu? Bagaimana rumus keliling persegi panjang itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal persegi panjang itu? Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering menjumpai konsep persegi panjang. Contohnya pagar yang dibuat untuk mengelilingi halaman rumah, dimana bentuk halaman yang dikelilingi pagar ini berupa persegi panjang. Selain itu konsep persegi panjang ini juga dapat dijumpai dalam bentuk selembar kertas ataupun tanah. Luas kedua hal ini dapat dilakukan menggunakan luas persegi panjang secara umum. 

Rumus persegi panjang merupakan rumus Matematika dalam bangun persegi panjang yang berguna untuk menentukan nilai nilai di dalamnya. Dalam materi persegi panjang ini terdapat pembahasan mengenai rumus luas persegi panjang, rumus keliling persegi panjang dan contoh soal persegi panjang. Selain itu adapula sifat sifat persegi panjang yang juga perlu dipahami. Persegi panjang ini pada umumnya memiliki rumus yang sangat sederhana. Hal ini dikarenakan dalam bangun tersebut hanya terdapat unsur panjang dan lebar saja. Untuk itulah pemahaman mengenai rumus bangun persegi panjang tersebut lebih mudah dibandingkan jenis bangun datar lainnya.

Ketika di bangku sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) tentunya pernah diajarkan mengenai materi persegi panjang ini. Seperti pada jenis bangun datar lainnya, bangun persegi panjang memiliki sifat sifat dan unsur unsur di dalamnya. Bagaimana cara mencari luas persegi panjang itu? Bagaimana cara mencari keliling persegi panjang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus persegi panjang, rumus luas persegi panjang, rumus keliling persegi panjang, sifat sifat persegi panjang dan contoh soal persegi panjang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Rumus Persegi Panjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal

Jika membahas tentang persegi panjang, maka akan terbesit dipikiran kita mengenai bangun datar. Bangun datar ini dapat dibgi menjadi beberapa bentuk seperti persegi panjang ini, persegi dan masih banyak lagi. Masing masing bangun datar memiliki ciri khas dan rumusnya sendiri. Seperti halnya bangun persegi yang memiliki ciri dan rumusnya sendiri.

Apa yang dimaksud persegi panjang itu? Pengertian persegi panjang ialah bangun segi empat yang memiliki empat sudut siku siku, sisi sisi yang panjangnya sama dan saling berhadapan dengan sejajar. Persegi panjang secara umum memiliki unsur panjang dan lebar di dalamnya. Unsur unsur inilah yang berperan serta dalam rumus bangun persegi panjang.

Sebelum menjelaskan tentang rumus persegi panjang (rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang), maka saya akan membagikan sifat sifat persegi panjang terlebih dahulu. Bangun persegi panjang tersebut memiliki beberapa sifat sifat di dalamnya seperti:

  • Mempunyai empat titik sudut dan empat sisi.
  • Mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang dan sejajar.
  • Mempunyai empat sudut berbentuk siku siku.

Rumus Persegi Panjang

Setelah menjelaskan tentang pengertian persegi panjang dan sifat sifat persegi panjang di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang rumus bangun persegi panjang. Persegi panjang memiliki rumus seperti di bawah ini:

Rumus Luas Persegi Panjang

Luas = p x l

Rumus Keliling Persegi Panjang

Keliling = 2 x (p + l)

Keterangan:
p = Panjang
l = Lebar

Contoh Soal Persegi Panjang

Setelah menjelaskan tentang pengertian persegi panjang, sifat sifat persegi panjang dan rumus persegi panjang di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal bangun persegi panjang terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Sebuah persegi panjang memiliki sisi lebar 10 m dan panjang 30 m. Tentukan luas dan keliling persegi panjang tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang seperti di bawah ini:
Luas = p x l
        = 30 x 10
        = 300 m²

Keliling = 2 x (p + l)
            = 2 x (30 + 10)
            = 80 cm
Jadi luas dan keliling persegi panjang tersebut ialah 300 m² dan 80 cm.

2. Persegi panjang memiliki keliling sebesar 500 cm. Jika panjangnya 150 cm, maka tentukan lebar persegi panjang tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal persegi panjang ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus persegi panjang tersebut yaitu:
Keliling = 2 x (p + l)
     500 = 2 x (150 + l)
  500/2 = 150 + l
     250 = 150 + l
          l = 250 – 150
          l = 100 cm
Jadi lebar persegi panjang tersebut ialah 100 cm.

3. Sebuah persegi panjang memiliki luas 255 cm². Jika panjangnya 17 cm, maka tentukan lebar dan keliling persegi panjang tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal tersebut dapat diselesaikan dengan rumus luas persegi panjang seperti di bawah ini:
Luas = p x l
 255 = 17 x l
      l = 255/17
      l = 15 cm

Setelah lebar diketahui, kemudian menggunakan rumus keliling persegi panjang seperti di bawah ini:
Keliling = 2 x (p + l)
            = 2 x (17 + 15)
            = 64 cm
Jadi lebar dan keliling persegi panjang tersebut ialah 15 cm dan 64 cm.

4. Tentukan panjang pada bangun persegi panjang jika luasnya 156 cm² dan lebarnya 12 cm?

Pembahasan.
Contoh soal persegi panjang ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus persegi panjang yang digunakan yaitu:
Luas = p x l
 156 = p x 12
     p = 156/12
     p = 13 cm
Jadi panjang bangun tersebut ialah 13 cm.

5. Bangun persegi panjang memiliki keliling 50 cm dengan lebar 12 cm. Tentukan ukuran panjangnya?

Pembahasan.
Keliling = 2 x (p + l)
       50 = 2 x (p + 12)
    50/2 = p + 12
       25 = p + 12
         p = 25 – 12
         p = 13 cm
Jadi panjang bangun tersebut ialah 13 cm.

Sekian penjelasan mengenai rumus persegi panjang, rumus luas persegi panjang, rumus keliling persegi panjang, sifat sifat persegi panjang dan contoh soal persegi panjang. Persegi panjang pada umumnya hanya memiliki unsur panjang dan lebar di dalamnya sehingga rumus yang digunakan tergolong lebih sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi persegi panjang di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here