Cara Menentukan FPB dan KPK Pada Tiga Bilangan Beserta Contoh Soal

Cara Menentukan FPB dan KPK Pada Tiga Bilangan Beserta Contoh Soal – Apakah anda tahu cara menentukan FPB pada tiga bilangan itu? Apakah anda tahu cara menentukan KPK pada tiga bilangan itu? Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat beberapa metode dalam cara mencari FPB dan KPK tersebut. Metode yang digunakan pada KPK dan FPB memang tidak jauh berbeda. Sebenarnya kita telah diajarkan mengenai materi FPB dan KPK ketika dibangku sekolah. Di kala itu adapula pembahasan mengenai rumus FPB dan rumus KPK yang digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang ada.

Materi FPB dan KPK sering kali masuk dalam kisi kisi soal ujian Matematika, baik ujian Nasional maupun ujian Sekolah. Dalam materi ini terdapat bilangan prima dan faktorisasi prima yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum menerapkan cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan. Pengertian bilangan prima ialah bilangan asli yang memiliki dua faktor berupa bilangan itu sendiri dengan angka satu. Oleh karenanya bilangan itu sendiri saja yang dapat membagi bilangan prima tersebut. Adapun contoh bilangan prima yaitu 5, 7, 11, 13 dan lain lain.

Setelah itu adapula pengertian faktorisasi prima yaitu penguraian bilangan yang diubah bentuknya menjadi perkalian faktor faktor prima. Bagaimana cara mencari FPB dan KPK itu? Bagaimana cara menentukan KPK pada tiga bilangan? Bagaimana cara menentukan FPB pada tiga bilangan? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan beserta contoh soal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Cara Menentukan FPB dan KPK Pada Tiga Bilangan Beserta Contoh Soal

Dasar terpenting dalam mempelajari FPB dan KPK ialah bilangan prima dan faktorisasi prima. Kedua pembahasan tersebut telah saya jelaskan maknanya di atas. Dalam KPK terdapat cara yang paling mudah untuk diterapkan yaitu dengan faktorisasi prima menggunakan pohon faktor. Setelah itu kita hanya perlu mengambil angka yang sama dengan pangkat terbesar antara dua bilangan atau lebih yang di cari KPK nya serta dikalikan dengan bilangan lainnya diantara keduanya tadi. Tetapi untuk FPB dapat dicari dengan cara mengambil angka yang sama diantara dua bilangan atau lebih yang dicari FPB nya tetapi memiliki pangkat terkecil.

Sebelum menerapkan beberapa cara dalam mencari FPB dan KPK tersebut. Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai definisi FPB dan definisi KPK. Selain itu anda juga harus mengetahui perbedaan dari FPB dan KPK. Dengan begitu pengerjaan soal soalnya tidak keliru atau menggunakan metode yang salah. FPB atau faktor persekutuan besar memang tidak dapat dipisahkan dari KPK atau kelipatan persekutuan besar.

Apa yang dimaksud KPK? Apa yang dimaksud FPB? Pengertian KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) ialah dua bilangan yang termasuk dalam bilangan terkecil positif. Salah satu ciri yang dimiliki KPK ialah dapat dibagi habis oleh bilangan sendiri. Kemudian pengertian FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) ialah dua bilangan yang termasuk dalam bilangan terbesar positif. Salah satu ciri yang dimiliki FPB ialah dapat membagi habis bilangannya sendiri. Lalu bagaimana cara mencari FPB dan KPK itu? Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan beserta contoh soalnya yaitu:

Menggunakan Pohon Faktor

Cara menentukn FPB pada tiga bilangan dan cara menentukan KPK pada tiga bilangan hampir sama dengan penentuan KPK dan FPB dua bilangan. Di bawah ini terdapat contoh soal FPB dan KPK pada tiga bilangan beserta pembahasannya yaitu:

Contoh Soal

Tentukan FPB dan KPK dari 8, 16, dan 20?

Pembahasan.
Kita dapat mencari FPB dan KPK tiga bilangan tersebut dengan pohon faktor seperti berikut:

Cara Menentukan FPB dan KPK Pada Tiga Bilangan Beserta Contoh Soal

Langkah selanjutnya dalam cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan yaitu:
8 = 2³
16 = 2⁴
20 = 2² x 5

Cara menentukan FPB pada tiga bilangan yaitu mengambil angka yang sama dengan pangkat terkecil diantara tiga bilangan tadi. Maka:
FPB = 2² = 4

Kemudian cara menentukan KPK pada tiga bilangan yaitu mengambil angka yang sama dengan pangkat terbesar dan dikalikan angka lainnya diantara ketiga bilangan tersebut. Maka:
KPK = 2⁴ x 5 = 80

Jadi FPB dan KPK dari 8, 16 dan 20 ialah 4 dan 80.

Dengan Tabel Faktor

Cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan selanjutnya ialah menggunakan tabel faktor. Berikut contoh soal FPB dan KPK pada tiga bilangan tersebut yaitu:

Contoh Soal

Tentukan FPB dan KPK dari 8, 16, dan 20?

Pembahasan.
Kita dapat mencari FPB dan KPK tiga bilangan tersebut dengan tabel faktor seperti berikut:

Cara Menentukan FPB dan KPK Pada Tiga Bilangan Beserta Contoh Soal

Cara menentukan FPB pada tiga bilangan tersebut dilakukan dengan mengambil angka yang membagi ketiga bilangan sampai habis yang sama (lihat lingkaran berwarna biru). Sehingga:
FPB = 2 x 2 = 4

Kemudian cara menentukan KPK pada tiga bilangan tersebut yaitu memilih semua faktor yang ada dalam ketiga bilangan itu (lihat pada bilangan berwarna merah). Sehingga:
KPK = 2 x 2 x 2 x 2 x 5 = 80

Jadi FPB dan KPK dari 8, 16 dan 20 ialah 4 dan 80.

Latihan Soal

Setelah menjelaskan tentang cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan tersebut. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa latihan soal terkait materi FPB dan KPK tiga bilangan tersebut yaitu:

  1. Tentukan FPB dan KPK dari 10, 30 dan 60?
  2. Tentukan FPB dan KPK dari 8, 24 dan 56?
  3. Tentukan FPB dan KPK dari 12, 42 dan 72?
  4. Tentukan FPB dan KPK dari 9, 21 dan 30?
  5. Tentukan FPB dan KPK dari 11, 22 dan 44?

Demikianlah penjelasan mengenai cara menentukan FPB dan KPK pada tiga bilangan beserta contoh soal. Cara mencari FPB dan KPK pada tiga bilangan maupun dua bilangan memiliki metode yang sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here