Ciri Ciri Masa Perundagian, Kehidupan Sosial, Peninggalan, dan Hasil Budaya

Ciri Ciri Masa Perundagian, Kehidupan Sosial, Peninggalan, dan Hasil Budaya – pernahkan kalian mendengar kata perundagian ? mungkin Sebagian orang masih sangat asing dengan kata tersebut, materi ini akan kalian pelajari pada mata pelajaran sejarah. Seperti yang kalian tau bahwa manusia sudah ada di bumi sejak berjuta juta tahun yang lalu, seiring berjalnnya waktu manusia melakukan evolusi secara perlahan.

Kehidupan manusia pada zaman manusia belum mengenal tulisan disebut dengan kehidupan manusia praaksara. Zaman ini berdasarkan aspek kemampuannya di bagi menjadi menjadi 4 masa yaitu masa berburu, mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan perundagian. Masing-masing tentunya memiliki perbedaan signifikan di setiap aspek kehidupannya.

Masa Perundagian

Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas ciri ciri masa perundagian saja. Meski demikian, kita akan menilik lebih dalam tentang kehidupan sosial, Peninggalan, serta hasil kebudayaan pada zaman tersebut.

Secara garis besar masa perundagian memiliki peranan yang penting bagi perkembangan sejarah di Indonesia, mengapa demikian ? hal ini dikarenakan pada masa ini hubungan antar daerah disekitaran kepulauan Indonesia sudah terjamin. Agar kalian lebih paham lagi mengenai masa perundagian di bawah ini penjelasannya.

Ciri Ciri Masa Perundagian, Kehidupan Sosial, Peninggalan, dan Hasil Budaya

Seperti yang sudah kalian ketahui di atas pada zaman praaksara di bagi menjadi beberapa jenis sesuai masanya. Mungkin sebagian siswa masih bingung membedakannya karena sejarah menjadi mapel yang lumayan menylitkan untuk dipelajari. Cakupan materinya pun juga begitu luas membahas dari pertama manusia ada di bumi hingga sampai saat ini.

Tapi tidak jarang juga banyak siswa yang penasan dan juga tertarik dengan materi zaman praaksara. Nah, dari rasa ingin tau ini akhirnya banyak yang mencari tau seperti apa ciri ciri masa perundagian baik dari kehidupan sosial, hasil budaya, maupun kebiasaan masyarakat.

Seperti yang sudah kalian ketahui salah satu masa yang ada pada zaman praaksara adalah masa perundagian. Pada masa ini ada yang menyebutnya dengan istilah zaman peruggu, karena pada zaman ini ditemukan temuan yang cukup banyak artefak dari olahan perunggu.

Apa Itu Masa Perundagian

Perundagian dari kata Undagi, yaitu seseorang yang ahli dalam melakukan pekerjaan tertentu. Masa perundagian merupakan periode akhir prasejarah, Para ahli meyakini bahwa era perundagian terjadi pada tahun 500 sebelum masehi. Prediksi tersebut diperkuat dengan berbagai temuan yang berkaitan dengan alat rumah tangga, alat berburu, alat upacara, dan lain-lain.

Dalam konteks pendidikan kita bisa mengartikan perundagian sebagai zaman logam. Pembahasan tentangnya pun tertulis rapi di LKS serta buku pedoman sejarah baik SMP maupun SMA.

Ciri ciri masa perundagian yang paling mencolok ditandai dengan adanya keterampilan untuk membuat alat-alat dari bahan logam. Alat berbahan logam tersebut diproduksi dan digunakan untuk menunjang segala kegiatan kala itu. Misalnya bertani, peralatan upacara, berburu, bahkan untuk dijadikan perhiasan sekalipun.

Peningggalan masa perundagian seperti benda seni, peralatan hidup, keanekaragaman dan kekayaan budaya serta upacara adat menunjukkan bahwa kehidupan pada masa peundagian telah memiliki selera yang tinggi.

Ciri Ciri Zaman Perundagian

Ketika membahas karakterstik sebenarnya tak terbatas hanya pada kehidupan sosial manusia yang hidup di masa perundagian saja. Tapi ciri ciri tersebut juga bisa berkenaan dengan peninggalan, kebiasaan, ataupun menyangkut fisik dari manusia purba itu sendiri.

Menganut Kepercayaan Animisme dan Dinamisme

Ciri ciri masa perundagian yang pertama adalah manusia purba sudah menganut konsep animisme dan dinamisme. Animisme ialah mempercayai keberadaan makhluk halus dan roh sebagai sesuatu yang patut dipuja. Sedangkan dinamisme meyakini bahwa benda-benda tertentu di bumi ini mempunyai kekuatan gaib yang bisa mengabulkan permohonan.

Adanya kepercayaan dan sesembahan sekaligus menjadi jurang pemisah antara jaman batu dan logam. Kala itu masyarakat mulai menyembah berbagia benda seperti gunung, pohon, dan lain sebagianya.

Bermukim di Pegunungan dan Dataran Rendah

Ciri ciri masa perundagian yang menurut saya cukup mencolok adalah keberadaan pemukiman di beberapa daerah. Berbagai temuan seperti alat berburu maupun rumah tangga juga memperkuat teori ini. Dari pemukiman inilah akhirnya muncul kehidupan sosial yang lebih tertata.

Kehidupan primitif manusia di masa perundagian kebanyakan berpusat pada daerah pegunungan atau dataran rendah. Jika bermukim di pegunungan, biasanya mereka akan menetap tak jauh dari hutan dan hulu sungai karena banyak makanan yang bisa didapat dari alam. Sedangkan di dataran rendah biasanya tinggal di sekitar bantaran sungai ataupun sumber mata air lainnya.

Hidup Berkelompok

Karena sudah menetap di pegunungan atau dataran rendah maka orang orang di masa perundagian memulai kehidupan sosial. Mereka tidak lagi tinggal secara individu, melainkan menetap bersama dengan satu aturan tunggal yang mengikat sebagai kesatuan masyarakat. tentu saja akan ada kelahiran anak-anak baru sehingga ukuran kelompok ini perlahan-lahan membesar.

Sudah Mampu Mengolah Biji Logam

Ciri ciri masa perundagian selanjutnya adalah manusia pada era ini mampu menciptakan beragam perkakas dari bahan logam. Hasilnya berwujud benda-benda yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau untuk keperluan upacara adat.

Menerapkan Sistem Bercocok Tanam

Manusia primitif di masa perundagian telah mengenal sistem bercocok tanam yang sangat sederhana. Ada yang bertugas untuk cocok tanam, ada yang mengolah makanan, ada yang memproduksi alat kerja, dan pembagian tugas lain dalam lingkup sederhana.

Perkembangan ilmu pengetahuan seputar alam sudah terjadi di era perundagian. Manusia sudah mengenal adanya dua musim dan dinamika cuaca serta iklim local. Dari iklim inilah mereka dapat menentukan kapan dan jenis tanaman untuk ladang.

Mulai Tercipta Keteraturan Sosial

Ciri ciri masa perundagian dari aspek kehidupan sosial dintadai dengan terciptakan struktur yang lebih dinamis di tengah masyarakat. Dengan demikian orang-orang yang tinggal berkelompok menjadi lebih teratur. Manusia purba pada masa ini mengangkat satu diantara mereka sebagai kepala suku atau pemimpin.

Kehidupan sosial masa perundagian pun menurut saya cukup tertata. Secara umum pembagiannya adalah laki-laki berburu atau bercocok tanam, sedangkan perempuan melakukan pekerjaan rumah, mengolah makanan dan kegiatan perdagangan.

Karakteristik Manusia Pada Zaman Perundagian

Memahami seperti apa ciri ciri manusia pada masa perundagian juga tak kalah penting. Pasalnya manusia yang pernah hidup di jaman batu tua, muda, serta zaman logam memiliki karakteristik berbeda.

Kehidupan sosial masa perundagian

Secara garis besar kita memang bisa membaca materi ini di buku pedoman sejarah. Tapi untuk mempersingkat waktu akan saya sajikan beberapa poin pentingnya. Karakteristif fisik serta kehidupan masyarakat pada masa perundagian adalah:

  1. Memiliki Rahang yang cukup besar.
  2. Memiliki Volume Otak yang cukup besar.
  3. Sudah dapat berjalan Tegak.
  4. Merubah Cara mendapatkan makanan dari Food Gathering menjadi Food Producing.
  5. Mulai tinggal menetap.

Hasil Kebudayaan Masa Perundagian

Hasil kebudayaan juga bisa menjadi ciri ciri masa perundagian yang dapat membedakannya dari era lainnya. Mengapa demikian? Sebab pada zaman masyarakat sudah lebih maju dan mengenal unsur sosial di dalam hidupnya.

Berbagai barang pun turut serta diciptakan untuk menunjang kebutuhan harian seperti berburu, memasak, ataupun bercocok tanam. Alat-alat tersebut sebenarnya juga sudah tertulis rapi di LKS yang notabenya pasti dibahas oleh guru sejarah.

Bila kalian masih belum memahami materi maka simaklah beberapa hasil kebudayaan masa perundagian di bawah.

Perhiasan

Perhiasan pada masa perundagian ini sama seperti perhiasan pada umumnya seperti kalung, bandul kalung, gelang, cincin dan lain sebagainya dengan mempunyai pola hias tersendiri. Kamu bisa menemukan hasil peninggalan perhiasan tersebut di wilayah Bogor (Jawa Barat), Balin, dan juga Malang (Jawa Timur).

Kapak Corong

Kapak corong menjadi ciri ciri masa perundagian yang tak akan kalian jumpai pada zaman sebelumnya. Kapak ini banyak dipakai untuk menunjang kegiatan sehar-hari seperti mengolah makanan serta berburu.

Gambar kapak corong

Kapak ini berbentuk corong yang mempunyai sembir belah dan juga berbahan dasar dari logam. Pada bagian dalam corong tangkai kayu menyiku pada bidang kapak atau yang sering disebut dengan kapak sepatu, karena mempunyai bentuk seperti sepatu.
Kapak corong ini bisa ditemukan di wilayah Sumatra Selatan, Bali, Selayar, Sulawesi Tengah dan Selatan, serta Irian.

Bejana

Bejana adalah hasil budaya zaman logam yang dapat kita jumpai di daerah madura dan sumatera. Ciri ciri masa perundagian berupa bejana ini terbuat dari bahan perunggu, yang mempunyai bentuk seperti bentuk gitar Spanyol tapi gak mempunyai tangkai. Melainkan, mempunyai pola hias berupa anyaman dan juga huruf L.

Arca Perunggu

Pada masa perundagian ini, ada beberapa arca perunggu yang berbahan dasar dari logam, ada juga patung berbentuk manusia dan hewan. Pada arca tersebut beragam pola diaplikasikan seperti arca yang sedang menari, naik kuda, memanah dan berdiri.

Ada juga arca hewan kerbau pose berbaring, kuda dengan pelana dan berdiri. Arca perunggu ini bisa kalian temukan di wilayah Palembang, Bangkinang (Provinsi Riau), Lumajang, dan juga Bogor. Pada sesi sebelumnya saya sudah menyatakan ciri ciri masa perundagian yakni masyarakat mulai menganut kepercayaan. Nah, bisa jadi arca perunggu yang merupakan hasil kebudayaan menjadi sesembahan orang pada zaman itu.

Nekara

Nekara merupakan jenis berumbung yang terbuat dari perunggu serta mempunyai pinggang pada bagian tengah dan pada sisi atap yang tertutup. Nekara ini mempunyai pola hias yang cukup beragam.

Biasanya pola hias yang ada pada nekara ini seperti bentuk dari hewan, geometrik, gambar beberapa burung, dan juga gambar manusia serta menjadikan nekara punya nilai seni yang tinggi.

Itulah sedikit pembahasan tentang apa saja ciri ciri masa perundagian yang dapat saya sampaikan. Secara garis besar kita bisa memankai perundagian sebagai zaman logam. Era ini ditandai dengan munculnya keterampilan masyarakat membuat peralatan dari bahan logam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here