Contoh Konjungsi Korelatif dan Pengertiannya

Contoh Konjungsi Korelatif dan Pengertiannya – Membahas mengenai materi dalam bahasa Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Mengapa demikian? karena mapel satu ini memiliki ragam materi yang bervariasi. Bahasa Indonesia tidak jauh dari yang namanya kalimat, kalimat merupakan kumpulan atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan mempunyai arti.

contoh konjungsi korelatif
contoh konjungsi korelatif

Dari kata agar menjadi satu kesatuan kalimat yang mempunyai arti harus membutuhkan yang Namanya konjungsi, wah apa ya konjungsi itu ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antar kata, antar frasa, antar klausa, dan antar kalimat.

Penghubung sangatlah penting untuk memperjelas kalimat. Karena jenis kata satu ini termasuk rambu-rambu bahasa tulis yang berpengaruh dalam pembuatan sebuah kalimat. Asas ini pun berlaku juga untu contoh konjungsi korelatif yang ada pada sebuah kalimat efektif.

Ada beberapa jenis konjungsi bahasa indonesia yang harus kita hafalkan sebagai siswa. Sesuai dengan judul artikel diatas yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah salah satu dari jenis konjungsi yaitu konjungsi korelatif. Bagaimana, apakah kalian pernah mendengar apa itu konjungsi korelatif sebelumnya? jika belum mari kita belajar bersama dan kupas tuntas mengenai materi konjungsi korelatif sampai ke akarnya.

Contoh Konjungsi Korelatif dan Pengertiannya

Pada dasarnya ada beberapa jenis dari konjungsi dan tidak sedikit siswa yang merasa bingung membedakan antara konjungsi satu dengan lainnya. Padahal dalam kehidupan sehari hari disekolah siswa akan menemui ketika menjalankan rutinitas seperti membaca dan menulis.

Walau guru sudah menjelaskan bagaimana menulis dengan kalimat yang baik dan benar. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak ditemui permasalah siswa yang menulis dengan penggunaan kata hubung yang tidak tepat. Sehingga inti sari kalimat pun menjadi susah dimengerti oleh pembaca.

Inilah pentingnya mengapa kita harus mempelajari fungsi konjungsi pada sebuah kalimat. Nah, contoh konjungsi korelatif sendiri sebenarnya bisa kita temukan hampir setiap hari. Tapi karena kurang memahami materi akhirnya membuat siswa tidak menyadari hal tersebut.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan coba mempelajari pengertian dan ciri ciri konjungsi korelatif bahasa Indonesia. Apakah kalian tertarik? Bila iya maka simaklah pembahasan di bawah sampai selesai.

Apa itu Konjungsi Korelatif

Pengertian konjungsi korelatif adalah sebuah kata hubung yang dapat menghubungkan dua kalimat sekaligus, klausa, atau lebih menjadi satu kalimat. Dari namanya pun kita bisa memaknainya sebagai kata yang menjembatani dua kalimat yang saling berhubungan.

Hubungan antar frasa, kata, dan klausa yaitu adalah sederajat atau setara. Adapun hasil penggabungan dari penggabungan kalimat biasanya berupa kalimat majemuk setara yang dibilang cukup rumit dan juga biasanya akan banyak variasinya.

Ada juga yang memiliki dua buah subjek dengan satu predikat. Konjungsi ini bisa kita gunakan pada kalimat majemuk setara atau sintaksis. Sebelum mempelajari contoh konjungsi korelatif lebih lanjut simaklah kelompok kata yang termasuk di bawah:

  • Tidak hanya…
  • tetapi juga…,
  • Tidak hanya…,
  • bahkan…,
  • Bukannya…
  • melainkan…,
  • Makin…,
  • Jangankan…
  • pun…,
  • Baik…
  • maupun…
  • Bukan…
  • hanya…
  • Demikian…
  • sehingga…

Singkatnya konjungsi merupakan kata yang menghubungkan beberapa kalimat menjadi lebih efektif. Sehingga contoh konjungsi korelatif membuat kalimat tersebut mudah dipahami. Apabila kalian memaksakan dua kalimat yang setara tanpa adanya kata hubung maka akan terdengar ambigu, rancu, dan sulit dimengerti.

Ciri Ciri Konjungsi Korelatif

Secara garis besar contoh konjungsi korelatif memang tidak mendapat porsi pembahasan yang sesuai di sekolah. Bahkan, pembahasannya pun bisa dikatakan tak tercantum sebagai materi resmi. Tapi di lain sisi guru pasti akan tetap mengajarkannya di waktu tertentu. Mengapa demikian? sebab konjungsi korelatif menjadi syarat untuk menciptakan kalimat majemuk yang padu.

ciri ciri konjungsi korelatif
ciri ciri konjungsi korelatif

Kalimat yang menggunakan penghubung korelatif disebut kalimat korelatif. Kalimat korelatif biasanya berupa kalimat majemuk. Agar lebih jelasnya lagi mari kita simak ciri ciri dari konjungsi korelatif.

  • Konjungsi korelatif bertugas sebagai kata penghubung antar dua unsur yang setara. Baik dalam kalimat, frasa, klausa maupun kata.
  • Konjungsi korelatif telah tersusun oleh sepasang mata atau pun gabungan kata.

Setelah kalian membaca pengertian dari konjungsi korelatif apakah kalian sudah bisa membayangkan bagaimana contohnya ? jika masih kebingungan dibawah ini saya sajikan beberapa contoh dari konjungsi korelatif.

Contoh Konjungsi Korelatif

Tanpa kita sadari sebenarnya kalimat yang mengandung konjungsi korelatif bisa kita jumpai hampir setiap hari. Dalam konteks pendidikan pun siswa sering diminta untuk membuat kalimat dengan pola korelasional. Nah, bila kalian masih belum memahami konsep dari kata hubung ini maka simaklah contoh konjungsi korelatif berikut:

  1. Kerusuhan itu bukan hanya terjadi kali ini saja, melainkan sudah semenjak lima tahun yang lalu.
  2. Aldi mengundurkan diri dari perusahaan itu dengan alasan yang tidak jelas, entah karena jenuh entah karena ingin mencari pengalaman baru.
  3. Taman itu telah dibenahi sedemikian rupa, sehingga kini menjadi indah dan lebih menarik.
  4. Restoran itu tidak hanya menyajikan hidangan pembuka yang lezat, tetapi juga menyajikan hidangan utama dan penutup yang tak kalah lezat dari hidangan pembukanya.
  5. Pemesanan tiket konser bisa dilakukan baik secara langsung melalui gerai resmi pemesanan tiket, maupun secara daring melalui situs resmi penyedia tiket konser.
  6. Bukan hanya kali ini saja Jojo membolos, melainkan sudah sejak kelas satu SMP.
  7. Entah karena bosan entah karena tidak suka makanan itu, dia pun tidak menghabiskan makanan tersebut.
  8. Sudah sedemikian rupa rumah itu direnovasi, sehingga rumah itu pun sering berubah bentuk dan juga warna.
  9. Reni tidak hanya mengikuti kursus bahasa Inggris, tetapi juga menulis dan fotografi.
  10. Tidak hanya kali ini saja kerusuhan itu terjadi, tetapi juga beberapa hari bahkan tahun yang lalu pun tindakan serupa juga pernah terjadi.
  11. Apakah kamu benar-benar tidak atau hanya pura-pura tidak tahu?
  12. Apakah kamu benar benar ingin menjadi pemain terkenal atau hanya sekedar hobi??
  13. Apakah kamu percaya dengan omongannya atau tidak sama sekali?
  14. Jangankan mendaki gunung, lautan pun akan akan seberangi demi mendapatkan cintamu, kasih.
  15. Jangankan hanya mas, berlian pun akan aku berikan padamu, kekasih.

Itulah contoh konjungsi korelatif pada kalimat yang dapat saya sampaikan. Dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa konjungsi korelatif adalah kata sambung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat, klausa, atau lebih menjadi satu agar lebih efektif.

Ada beberapa ciri ciri dari konjungsi korelatif yaknis sebagai penjembatan antara dua unsur yang setara, baik dalam kalimat, frasa, klausa maupun kata. Dan Konjungsi korelatif telah tersusun oleh sepasang mata atau pun gabungan kata. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam memahami materi konjungsi korelatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here