Buku Saku RPP 1 Lembar Kemendikbud 2020

Buku Saku RPP 1 Lembar Kemendikbud 2020 – RPP format 1 lembar merupakan salah satu kebijakan merdeka belajar buah pemikiran menteri pendidikan Nadiem Makarim. Melalui permendikbud nomor 14 tahun 2019 menteri menghimbau guru untuk menggunakan format RPP 1 lembar yang sudah disederhanakan. Terlepas dari kelebihannya, program penyederhanaan perangkat pembelajaran tersebut masih perlu dikoreksi. Misalnya saja menentukan parameter patokan penyusunan dokumen yang sekarang bisa ditemukan pada buku saku RPP 1 lembar.

Buku Saku Tanya Jawab RPP SD, SMP, SMA dan SMK
Buku Saku Tanya Jawab RPP SD, SMP, SMA dan SMK

Pasalnya, sampai saat ini pemerintah tidak menerbitkan RPP sebagai contoh resmi melainkan hanya garis besarnya saja. Kurangnya sosialisasi dinas terkait akhirnya membuat implementasi program merdeka belajar menjadi tidak maksimal. Maka dari itu, diperlukan adanya tindak lanjut agar segala regulasi bisa tersampaikan kepada seluruh tenaga pendidik di Indonesia.

Buku saku RPP 1 lembar diciptakan untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Melalui informasi yang dimuat pada buku saku tersebut diharapkan bisa menjawab segala pertanyaan guru terkait panduan rencana mengajar dengan format yang disederhanakan. Bisa dibilang konsep buku saku ini mirip seperti “Frequently answer and questions” pada suatu program. Maksudnya buku RPP tersebut berisi beragam pertanyaan umum yang sering diajukan serta jawabannya.

Buku Saku RPP 1 Lembar Kemendikbud 2020

Setiap sekolah memiliki keadaan dan kebutuhan yang berbeda bada. Begitu juga dengan guru yang notabennya merupakan satuan unit pengajar terkecil sekaligus sebagai seorang individu. Hal inilah yang menjadi pertimbangan mengapa pemerintah tidak menerbitkan contoh resmi rencana ajar yang disederhanakan. Kebijakan baru inipun akhirnya memberikan guru sedikit ruang untuk menciptakan sendiri pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, dan efektif sesuai kebutuhan siswa.

Sementara itu, Mendikbud terus berupayan untuk mensosialisasikan program merdeka belajar demi terwujudnya lingkungan pendidikan sedemikian rupa. Salah satunya adalah dengan menerbitkan buku saku sebagai patokan jika guru ingin menggunakan RPP dengan format yang sudah disederhanakan.

Lantas apa saja isi buku ini? konten buku tersebut lebih mirip seperti frequently answer and questions. Jadi bisa dibilang seperti buku tanya jawab RPP 1 lembar (manual book) untuk pedoman guru. Esensi dari rencana ajar tidak serta merta tentang panduan/proses penyusunannya saja melainkan bagaimana seorang guru bisa membuat refleksi dari implementasi ketika mengajar. Hal inilah yang ingin digaris bawahi oleh menteri pendidikan melalui buku saku tanya jawab tersebut.

Buku Saku Tanya Jawab RPP 1 lembar

Kita semua tau bahwa wacana pemberlakuan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disederhanakan menimbulkan polemik serta pertanyaan sendiri. Oleh karena itu pemerintah menerbitkan buku saku RPP 1 lembar sebagai panduan awal untuk guru.

Dengan berbagai perubahan kebijakan di sektor pendidikan sudah pasti meninggalkan beragam pertanyaan yang tidak bisa dijawab satu persatu. Tapi, secara garis besar kita bisa menyaring daftar perntanyaan tersebut berdasarkan frekuensi dan urgensinya. Lantas, apa saja kebijakan penyederhanaan RPP 2020 saat ini?

Buku saku RPP 1 lembar resmi yang diterbitkan kemendikbud memiliki 20 halaman secara total. Bapak ibu bisa menemukan setidaknya 30 pertanyaan tentang program RPP format 1 lembar beserta dengan jawabannya. Nah, saya akan menjabarkan seperti apa daftar tanya jawab RPP yang ada pada buku saku tersebut.

Google Drive

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel singkat yang berjudul Buku saku RPP 1 2020. Pada dasarnya setiap perubahan kebijakan dilakukan bukan tanpa alasan melainkan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Indonesia. Maka dari itu, sebagai guru kita harus bisa beradaptasi agar tercipta sinergi yang baik antara unit satuan pengajar dengan pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here