Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Jawabannya

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Jawabannya – Ketika kita menyiapkan minuman dan makanan pasti sering menemukan jumlah resep yang harus diikuti. Resep makanan dan minuman ini sangat penting untuk membuat makanan dan minuman tersebut disajikan sesuai dengan takaran. Berbeda lagi jika anda memiliki alat ukur atau prekdiktor seperti cangkir kopi, maka penerapan resep tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Cangkir kopi ini paling sering digunakan sebagai alat ukur tersebut.

Jika anda tertarik dengan dunia kuliner, maka penggunaan secangkir kopi dalam penerapan resep tersebut sudah tidak asing lagi. Alat tersebut biasaya dikaitkan dengan satuan Oz atau Ounce. Apa yang dimaksud Ounce itu? Ada berapa ounce dalam satu cangkir kopi? Ounce sebenarnya tidak hanya ditemukan dalam resep saja, melainkan dalam pengukuran takaran minukan saat kita akan mengorder.

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Jawabannya
Konversi Ukuran Ounce

Dengan adanya takaran ini diharapkan minuman atau makanan dapat dibuat sesuai ekspektasi dan tidak gagal. Salah satu alternatifnya adalah satu cangkir kopi sebagai alat ukurnya. Apakah anda tahu cara konversi ukuran ounce? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban ada berapa ounce dalam satu cangkir. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Jawabannya

Seperti yang kita tahu bahwa saat akan memasak sebuah resep, alangkah lebih baik jika kita memahami cara konversi ukuran ounce ke satu cangkir kopi. Cangkir tersebut dapat dijadikan sebagai dasar penjumlahan bahan tertentu yang diperlukan dalam satu ounce atau ons.

Dalam Bahasa Inggris, ons dapat dinamakan dengan ounce, dimana merupakan satuan massa yang mempunyai pengertian sesuai dengan sistem satuannya. Apakah anda tahu jawaban ada berapa ounce dalam satu cangkir kopi?

Agar anda lebih paham mengenai jawaban konversi ukuran ounce tersebut. Maka anda harus memahami pengertian ounce terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya:

Apa yang di maksud Ounce?

Di Indonesia sebenarnya banyak sekali jenis jenis satuan massa atau berat yang digunakan. Namun ada satu jenis satuan yang tidak begitu umum digunakan yaitu Ounce. Biasanya lebih sering menggunakan kilogram atau gram untuk menyatakan massa atau berat sebuah benda. Ounce berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia termasuk dalam bahasa Belanda yang dinamakan dengan ons.

Setiap negara memiliki jenis jenis ounce yang beraneka macam. Hal inilah yang menyebabkan ounce tergolong unit pengukuran berat yang tidak baku. Secara sederhana ounce adalah satuan berat atau massa yang jarang digunakan. Ukuran ounce dalam bahasa latin ialah uncia untuk menyatakan ukuran inci menurut Bangsa Romawi. Ounce dapat disingkat dengan nama Oz dari bahasa Italia yang berarti Onca pada masa pertengahan.

Lantas ada berapa ounce dalam satu cangkir kopi? Satu ons memiliki ukuran yang setara dengan 28,349 gram. Kemudian untuk satu cup ukuran 240 ml sama dengan 8 ons.

Ada Berapa Ounce Dalam Secangkir Kopi?

Cangkir kopi yang ada di Amerika Serikat terdiri dari berbagai ukuran. Satu cangkir kopi berdasarkan standar Amerika setara dengan 6 ons. Ukuran cangkir kopi di Amerika Serikat dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti ukuran besar, sedang dan kecil. Adapun masing masing ketentuan pada setiap jenis cangkir yaitu:

  • Nilai satu cangkir kopi kecil sama dengan 6 oz.
  • Nilai satu cangkir kopi sedang sama dengan 8 oz.
  • Nilai satu cangkir kopi besar sama dengan 10 oz.

Ada berapa ounce dalam satu cangkir kopi berdasarkan pendapat Bobpaul nilainya sama dengan 5 oz secara universal di AS. Pemberlakuan nilai tersebut dimulai sejak tahun 1970an dari pembuat merek Mr. Coffe. Akan tetapi resep dari barat ini lebih berhati hati dan bahkan meminta cangkir 8 oz daripada 6 oz.

Penggunaan oz berdasarkan Langsing memang cukup beraneka ragam karena aturan yang digunakan berbeda dari standar cair menurut US dan imperial. Nilai satu oz menurut imperial sama dengan 28,413 ml sedangkan nilai fl oz (ounce cair Amerika) menurut US sama dengan 29,573 ml.

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir/Gelas Plastik?

Biasanya penggunaan gelas plastik lebih praktis digunakan dalam bisnis penjualan minuman. Gelas plastik atau plastic cup mempunyai beberapa ukuran, mulai dari yang terbesar sampai terkecil. Ukuran gelas plastik tersebut disesuaikan dengan jenis minumannya. Dalam satu cangkir gelas plastik yang nilainya sama dengan 22 oz, 18 oz, 16 oz, 14 oz dan 12 oz. Sekarang ini bahkan ada ukuran terbaru berbentuk oval dengan nilai setara 22 oz. Ukuran paling kecil 12 oz dan 14 oz digunakan untuk minuman sejenis es kopi. Sedangkan ukuran 16 oz sampai 22 oz berguna untuk minuman sejenis teh, minuman sachet, jus dan lain lain.

Konversi Ukuran Ounce

Setelah mengetahui jawaban ada berapa ounce dalam satu cangkir kopi di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang konversi satuan ounce. Satuan ounce dapat dirubah menjadi beberapa jenis satuan lainnya seperti gram (berat), ml (volume) dan sebagainya. Adapun cara konversi ounce ke ml dalam resep yaitu sebagai berikut:

Konversi Satuan Ounce ke ml Standar Amerika

Satu ounce menurut standar Amerika memiliki nilai yang setara dengan 29,573 ml. Sehingga nilainya menjadi:
6 oz = 177,44 ml
8 oz = 236,6 ml
10 oz = 295,74 ml
12 oz = 354,88 ml

Konversi Ounce ke Gram Menurut Internasional Ovoirdupois

Satu ounce menurut internasional ovoirdupois memiliki nilai yang setara dengan 28,35 g. Sehingga nilainya menjadi:
6 oz = 170,1 g
8 oz = 226,8 g
10 oz = 283,5 g

Apakah anda sudah jelas dengan jawaban ada berapa ounce dalam satu cangkir kopi? Mudah bukan? Satuan ounce di beberapa negara biasanya menggunakan sistem metrik seperti gram. Misalnya 1 ounce = 30 gram (Jerman), 1 ounce = 50 gram (China), 1 ounce = 28,75 gram (Spanyol), 1 ounce = 100 gram (Indonesia) dan 1 ounce = 100 gram (Belanda). Maka dari itu hasilnya akan seperti di bawah ini:
6 ons = 600 g
8 ons = 800 g
10 ons 1000 g

Konversi Ukuran Ounce ke Pound

Satu ounce memiliki nilai yang setara dengan 0,0625 lb. Maka nilainya menjadi:
6 oz = 0,375 lb
8 oz = 0,5 lb
10 oz = 0,625

Konversi Ounce ke Liter Standar Amerika

Satu ounce memiliki nilai yang setara dengan 0,0296 L. Maka nilainya menjadi:
6 oz = 0,177 L
8 oz = 0,2366 L
10 oz = 0,296 L

Sekian penjelasan mengenai jawaban ada berapa ounce dalam satu cangkir. Ounce merupakan satuan berat yang jarang digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here