Konversi Mil ke Km Lengkap Dengan Contoh Soal

Konversi Mil ke Km Lengkap Dengan Contoh Soal – Dalam ilmu Matematika tentunya kita sering mengenal adanya satuan. Apa itu satuan? Satuan adalah pembanding yang berguna untuk mengukur besaran. Misalnya beberapa besaran yang dimiliki sebatang kayu seperti berat, volume dan panjang. Nah untuk kategori satuan dalam besaran panjang dapat berupa kilometer (km), meter, mil dam sebagainya.

Satuan ukur atau satuan sendiri berguna untuk memastikan nilai standar atau kebenaran pengukuran bagi pembanding takar, alat ukur, timbang dan perlengkapannya agar kepentingan umum dapat terlindungi. Bahkan satuan ini juga digunakan untuk mendisiplinkan ilmu dalam berbagai data, rumus dan pengukuran. Satuan sendiri pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah satuan panjang.

1 Mil Berapa Km? Cara Konversi dan Contoh Soal
Konversi Satuan Mil ke Km

Apa itu satuan panjang? Satuan panjang adalah jenis satuan yang berguna untuk mendeskripsikan ukuran panjang, objek yang diukur, tinggi dan jarak tempat. Kegunaan satuan tersebut disesuaikan dengan benda yang akan diukurnya sehinga jenisnya berbeda beda. Misalnya kita melakukan pengukuran jarak wilayah, maka satuan yang digunakan dapat berbentuk km (kilometer). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jawaban 1 mil berapa km, konversi mil ke km dan contoh soal konversi mil ke kilometer. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Konversi Mil ke Km Lengkap Dengan Contoh Soal

Dalam sistem Internasional, panjang memiliki satuan berbentuk meter. Sedangkan dalam sistem centimetre gram second (cgs), panjang memiliki satuan berupa centimeter atau (cm). Kata panjang dalam ilmu teknik dan Fisika sebenarnya dapat dinamakan dengan jarak, dimana simbolnya I atau L (Length dalam bahasa Inggris).

Pengertian mile atau mil adalah jenis satuan panjang yang banyak digunakan negara Amerika. Nilai 1 mil sendiri besarnya sama dengan 1,609 km atau 1609,344 meter atau 1760 (yard)  atau 5280 kaki (feet).

Pengertian kilometer adalah satuan panjang yang menggunakan sistem metrik. 1 km memiliki besar yang sama dengan 1000 meter. Secara resmi satuan panjang ini digunakan untuk menghitung jarak tempat geografis di beberapa bagian dunia, kecuali negara Amerika Serikat karena masih menggunakan satuan mil.

1 Mil Berapa Km

Kilometer dan mil pada dasarnya termasuk dalam jenis satuan panjang. Menurut bahasa Latin, Mil berasal dari kata “Mille Passus” yang maknanya seribu langkah. Mil ini digunakan untuk menunjukkan jarak tempuh prajurit Romawi saat melakukan perjalanan sehingga terdapat jejak kaki tertinggal sebanyak 1000 kali langkah.

Seperti yang kita tahu bahwa ukuran jarak tempat yang geografis secara umum dapat dinyatakan dengan menggunakan satuan mil dan km ini. Bahkan satuan km tersebut sering dibandingkan dengan satun mil. Di bawah ini terdapat nilai konversi mil ke km yaitu:

1 Mil = 1,60934 Km

Agar anda lebih paham tentang nilai 1 mil berapa km tersebut. Saya akan membagikan beberapa contoh konversi satuan mil ke km lainnya yaitu meliputi:

  • 1 mil = 1,609 km
  • 2 mil = 3,218 km
  • 3 mil = 4,827 km
  • 4 mil = 6,436 km
  • 5 mil = 8,045 km
  • 6 mil = 9,654 km
  • 7 mil = 11,263 km
  • 8 mil = 12,872 km
  • 9 mil = 14,481 km
  • 10 mil = 16,090 km

Contoh Soal Konversi Mil ke Km

Setelah menjelaskan jawaban 1 mil berapa km di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal konversi mil ke kilometer tersebut. Adapun contoh soal dan pembahasannya:

1. Dalam kurun waktu 1 jam terdapat kendaraan mobil yang menempuh jarak 45 mil. Hitunglah jarak yang ditempuh mobil tersebut dalam satuan km?

Pembahasan.
Cara konversi mil ke km tersebut dapat dilakukan dengan metode seperti di bawah ini:
45 mil = 45 x 1,609 km = 72,405 km
Jadi jarak yang ditempuh mobil tersebut adalah 72,405 km.

2. Dalam kurun waktu 1 jam terdapat kendaraan motor yang menempuh jarak 20 mil. Hitunglah jarak yang ditempuh motor tersebut dalam satuan km?

Pembahasan.
Contoh soal konversi satuan mil ke km tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
20 mil = 20 x 1,609 km = 32,18 km
Jadi jarak yang ditempuh motor tersebut adalah 32,18 km.

Demikianlah jawaban 1 mil berapa km, konversi mil ke km dan contoh soal konversi mil ke kilometer yang dapat saya jelaskan. Mil dan kilometer merupakan jenis satuan panjang yang dapat digunakan untuk mengukur jarak wilayah tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here