Contoh Puisi Rakyat, Pengertian dan Ciri Cirinya

Contoh Puisi Rakyat, Pengertian dan Ciri Cirinya – Apakah anda pernah mendengar istilah tentang puisi rakyat? Puisi rakyat merupakan jenis puisi yang telah ada sejak zaman sastra Melayu lama di Indonesia. Puisi rakyat ini dijadikan sebagai bukti jenis jenis puisi di Indonesia yang cukup beragam. Apa itu puisi? Pengertian puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang memiliki karakteristiknya sendiri.

Secara umum karya sastra puisi memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah puisi rakyat ini. Sama seperti jenis puisi lainnya, puisi rakyat juga memiliki pengertian, jenis jenis, struktur, ciri ciri dan contohnya sendiri. Maka dari itu dalam materi tersebut terdapat penjelasan lengkap mengenai pengertian puisi rakyat, ciri ciri puisi rakyat, jenis jenis puisi rakyat, struktur puisi rakyat dan contoh puisi rakyat.

Contoh Puisi Rakyat
Macam Macam Puisi Rakyat

Puisi rakyat memang menjadi warisan bangsa yang berbentuk syair, gurindam, puisi, dan pantun dengan nilai agama, budi pekerti dan pesan moral di dalamnya. Puisi rakyat memiliki berbagai aturan di dalamnya sehingga dapat disebut sebagai puisi lama yang terlihat kaku daripada jenis puisi lainnya. Lantas apa itu puisi rakyat? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh puisi rakyat, pengertian puisi rakyat, dan ciri ciri puisi rakyat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Contoh Puisi Rakyat, Pengertian dan Ciri Cirinya

Puisi rakyat pada umumnya tidak hanya memiliki pengertian saja, tetapi juga memiliki ciri ciri yang digunakan untuk membedakannya dengan jenis puisi lainnya. Puisi rakyat ini biasanya tidak mengenal siapakah penulis atau pengarangnya. Biasanya puisi tersebut disampaikan dengan cara mulut ke mulut sehingga dapat dijadikan sebagai sastra lisan.

Biasanya dalam contoh puisi rakyat memiiliki berbagai aturan yang berbeda dengan puisi baru seperti aturan dalam jumlah kata dalam satu baris, aturan jumlah baris dalam satu bait, penggunaan rima atau persajakan di dalamnya, penggunaan irama yang tepat, serta jumlah suku kata pada setiap baris. Lantas apa pengertian puisi rakyat itu? Kita tahu bahwa puisi secara umum dapat diartikan sebagai karya sastra Bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberikan irama menggunakan bunyi padu serta menggunakan kata kias di dalamnya.

Baca juga : Contoh Penulisan Huruf Kapital yang Benar dan Aturan Dasarnya

Puisi rakyat memang termasuk dalam jenis puisi lama yang memiliki ikatan ciri dan struktur yang baik dalam lemahnya tekanan suara, panjang dan pendeknya suku kata, isi, serta rima di dalamnya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai apa itu puisi rakyat, ciri ciri puisi rakyat dan contoh puisi rakyat yaitu sebagai berikut:

Pengertian Puisi Rakyat Menurut Para Ahli

Puisi rakyat tidak hanya memiliki definisi secara umum saja, namun adapula definisi puisi rakyat menurut para ahli. Masing masing ahli tentunya mempunyai pandangan yang berbeda mengenai maksud dari puisi rakyat tersebut. Di bawah ini terdapatb arti puisi rakyat menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Tim Kemendikbud (2017)

Puisi rakyat adalah karya sastra yang berbentuk syair, puisi, gurindam, dan pantun sehingga didalamnya terdapat nilai nilai yang akan diwariskan oleh para leluhur.

Danandjaja (2007)

Puisi rakyat menurut Danandjaja adalah kesusastraan rakyat yang bentuknya telah ditentukan, biasanya berasal dari deret deret kalimat atau bentuknya dapat berupa mantra yang pembacaannya secara lisan, lemah tekanan suara, hanya menurut irama, ataupun panjang pendeknya suku kata. Definisi ini akan diperjelas dengan adanya contoh puisi rakyat tersebut.

Dunton

Pengertian puisi rakyat menurut Dunton adalah pemikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama secara artistik maupun konkret. Contohnya akan disertai dengan citra citra, kiasan, dan penyusunannya secara artistik (seperti simetris, kata kata yang dipilih tepat, selaras dan lain lain). Dalam puisi rakyat ini terdapat penggunaan bahasa yang berirama dan penuh perasaan seperti musik karena secara teratur memiliki pergantian bunyi kata kata yang berturut turut.

Samad Said

Menurut Samad Said, definisi puisi rakyat adalah sebuah pernyataan pandangan hidup dan perasaan seorang penyair yang menggunakan ketajaman perasaannya untuk memandang suatu peristiwa. Dengan perasaan yang tajam ini, hati akan merasa tergetar dan menyebabkan sejenis gerak dalam daya rasa. Definisi ini akan diperjelas dengan adanya contoh puisi rakyat tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa puisi rakyat merupakan karya sastra yang berasal dari beberapa deret kalimat, panjang pendeknya suku kata, berdasarkan irama yang secara lisan dapat tersebar, berdasarkan mantra, maupun lemahnya tekanan suara.

Ciri Ciri Puisi Rakyat

Setelah menjelaskan tentang pengertian puisi rakyat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan ciri ciri pada puisi rakyat tersebut. Ciri ciri ini dapat digunakan untuk membuat contoh puisi rakyat tersebut. Puisi rakyat ini memiliki beberapa ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Penulis atau pengarang puisi rakyat tidak diketahui siapa atau namanya.
  • Puisi rakyat dapat dinamakan dengan sastra lisan yang perkembangannya berada di masyarakat.
  • Terdapat aturan aturan yang mengikat puisi rakyat seperti jumlah sajak, irama, jumlah baris, dan jumlah suku kata ketika membacakan puisi tersebut.
  • Menggunakan gaya bahasa atau majas di dalamnya serta terdapat pemilihan kata tertentu.

Baca juga : 12 Puisi Sahabat Pendek Sejati Penuh Makna

Jenis Jenis Puisi Rakyat

Selain pengertian puisi rakyat dan ciri ciri puisi rakyat di atas. Adapula macam macam puisi rakyat tersebut yaitu sebagai berikut:

Pantun

Pantun adalah puisi rakyat yang asalnya dari bahasa Minangkabau berbentuk patuntun. Menurut bahasa di Indonesia, patuntun memiliki makna yang berbeda beda yaitu meliputi:

  • Bahasa Jawa bermakna parikan.
  • Bahasa Sunda bermakna paparikan.
  • Bahasa Batak bermakna umpama.
  • Bahasa Toraja bermakna londe.
  • Bahasa Ambon dan Aceh bermakna panton.
  • Bahasa bengkulu bermakna renjong.

Pantun termasuk jenis puisi rakyat di Indonesia yang asalnya dari melayu. Contoh puisi rakyat ini tersusun oleh isi dan sampiran yang maknanya berbeda beda untuk setiap jenis bahasa di Indonesia. Di bawah ini terdapat ciri ciri pantun yaitu sebagai berikut:

  • Masing masing bait memiliki empat baris.
  • Masing masing baris memiliki 4 – 6 kata.
  • Sampiran terdapat pada bagian baris 1 2 dan isi terdapat pada baris 3 4.
  • Pencipta puisi rakyat ini biasanya tidak diketahui atau anonim.

Syair

Pengertian puisi rakyat berbentuk syair adalah serangkaian kisah yang bentuknya panjang. Semua baris dalam syair adalah isi, dimana bagian isi biasanya tidak selesai dalam satu bait saja. Ini semua karena penggunaan syair biasanya untuk menjelaskan sesuatu yang berkaitan. Asal syair tersebut adalah dari Arab.

Agar anda lebih paham mengenai syair tersebut, maka saya akan menjelaskan tentang ciri ciri puisi rakyat tersebut. Ciri ciri ini dapat digunakan untuk membuat contoh puisi rakyat syair. Di bawah ini terdapat ciri ciri syair yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki 4 baris dengan jumlah 4 – 6 kata.
  • Terdapat 8 – 12 suku kata pada setiap baris.
  • Mempunyai sajak berbentuk a – a – a – a.
  • Semua baris atau larik yang merupakan isi.
  • Menggunakan bahasa kiasan atau kata tertentu.

Gurindam

Contoh puisi rakyat selanjutnya adalah gurindam yang memiliki bentuk dua bait saja. Gurindam memiliki masing masing bait yang berisi dua baris kalimat yang sama iramanya, tetapi tetap utuh satu kesatuannya. Puisi rakyat seperti gurindam ini dipengaruhi oleh sastra Hindu yang asalnya dari orang Hindu. Di bawah ini terdapat ciri ciri gurindam yaitu sebagai berikut:

  • Masing masing bait memiliki dua baris kalimat.
  • Masing masing baris memiliki jumlah 10 – 14 kata.
  • Baris pertama dan kedua digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
  • Mempunyai bunyi irama yang sama seperti a – a maupun b – b.
  • Baris kedua terdapat isi yang berupa petuah atau nasihat.

Mantra

Jenis puisi rakyat selanjutnya adalah mantra. Pengertian mantra adalah puisi rakyat yang berhubungan dengan kepercayaan dan adat sebuah wilayah. Mantra biasanya sering dianggap mempunyai ilmu gaib. Biasanya mantra juga dipercaya mempunyai unsur mistis sehingga bentuknya menyerupai doa.

Talibun

Pengertian puisi rakyat seperti talibun ini memang hampir sama dengan pantun. Di dalam talibun tersebut juga mempunyai isi dan sampiran, tetapi penulisannya lebih dari 4 baris yang iramanya tidak sama dengan pantun seperti abcde – abcde, abcd – abcd, abc – abc, dan lain lain.

Susunan yang dimiliki talibun memang genap sekitar 6 – 10 baris. Dalam contoh puisi rakyat ini terdapat isi yang disesuaikan dengan perkara dalam karya sastra yang diceritakan secara rinci. Di bawah ini terdapat ciri ciri puisi rakyat berbentuk talibun yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki perkara yang secara rinci dapat diceritakan.
  • Menggunakan gaya bahasa yang lumrah dan luas.
  • Mempunyai persamaan rima atau bunyi pada akhir barisnya.

Karmina

Karmina adalah jenis puisi rakyat yang berbentuk pantun dua seuntai sehingga dapat dinamakan dengan pantun kilat. Karmina ini memang hampir sama dengan pantun, tetapi hanya terdiri dari dua baris saja dimana baris pertama berupa sampiran dan baris kedua berupa isi. Pada umumnya karmina ini memiliki ciri ciri yang digunakan untuk membuat contoh puisi rakyat tersebut. Di bawah ini terdapat ciri ciri karmina yaitu sebagai berikut:

  • Masing masing bait memiliki dua baris dengan jumlah 8 – 12 suku kata.
  • Baris pertama adalah sampiran.
  • Baris kedua adalah isi.
  • Memiliki sajak berbentuk a – a.

Seloka

Pengertian puisi rakyat berbentuk seloka ini adalah puisi yang bentuknya menyerupai pantun dengan beberapa baris dan bait. Isi dalam seloka tersebut saling sambung menyambung sehingga dapat dinamakan pantun berantai atau pantun berkait. Isi dari seloka tersebut biasanya berbentuk perumpamaan atau pepatah. Perumpamaan atau pepatah tersebut mengandung sindiran, ejekan dan senda gurau di dalamnya. Di bawah ini terdapat ciri ciri seloka yaitu sebagai berikut:

  • Satu bait mempunyai empat baris yang sajaknya a – b – a – b.
  • Bagian sampiran terdapat pada baris 1 dan 2, sedangkan isi terdapat pada baris 3 dan 4.
  • Isi puisinya berbentuk nasihat.
  • Masing masing baris mempunyai empat suku kata yang sambung menyambung.

Contoh Puisi Rakyat

Setelah menjelaskan tentang pengertian puisi rakyat, jenis jenis puisi rakyat dan ciri ciri puisi rakyat. Selanjutnya saya akan membagikan contoh dari puisi tersebut yaitu meliputi:

Pantun

Naik alas, turun alas
Bisa lihat biri biri
Jangan menjadi anak pemalas
Nanti menyesal dikemudian hari

Syair

Jikalau ucapan hanya sekedar ucapan
Seekor semutpun juga sanggup
Jikalau perbuatan sekadar perbuatan
Keledaipun bisa melakukannya

Gurindam

Bersikaplah baik kepada orang lain
Niscaya hidupmu akan berada pada kebaikan dan kebajikan

Demikianlah penjelasan mengenai contoh puisi rakyat, pengertian puisi rakyat, dan ciri ciri puisi rakyat. Puisi rakyat merupakan karya sastra Bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberikan irama menggunakan bunyi padu serta menggunakan kata kias di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here