Contoh Penulisan Huruf Kapital yang Benar dan Aturan Dasarnya

Contoh Penulisan Huruf Kapital yang Benar dan Aturan Dasarnya – Bingung dan dilema dalam menulis huruf kapital? Hal seperti ini tentunya sering dialami oleh banyak orang, meskipun banyak orang pula yang menganggapnya sepele. Sebenarnya penulisan huruf kapital tiidaklah sulit, tetapi menggunakan beberapa aturan dasar dalam memakai huruf tersebut dengan benar. Apakah anda tahu aturan penulisan huruf kapital yang benar?

Apa pengertian huruf kapital itu? Secara umum huruf kapital adalah huruf yang bentuk dan ukurannya khusus sehingga lebih besar dibandingkan huruf biasanya. Huruf kapital ini biasanya berguna untuk huruf pertama pada nama diri, huruf pertama pada kata pertama kalimat dan sebagainya. Jika membahas tentang materi huruf kapital ini, maka ada beberapa hal yang dibahas. Hal hal tersebut meliputi aturan penulisan huruf kapital yang benar dan contoh penulisan huruf kapital yang benar.

Contoh Penulisan Huruf Kapital yang Benar
Penggunaan Huruf Kapital dalam Kalimat

Secara sederhana, huruf kapital dapat dinamakan dengan huruf besar. Huruf kapital ini dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari hari seperti menulis cerita, menulis tugas, dan masih banyak lagi. Para penulis tentunya tidak dapat menghindari kesalahan menulis huruf yang baik dan benar. Maka dari itu penulis sebuah buku pasti pernah mengalami kesalahan ini tanpa disadari. Kesalahan tersebut dapat berupa penggunakan huruf, penyusunan substansi sampai paragraf. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh penulisan huruf kapital yang benar dan aturan dasar penulisan huruf kapital. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Contoh Penulisan Huruf Kapital yang Benar dan Aturan Dasarnya

Kesalahan menulis huruf kapital dalam sebuah kata tentunya pernah dialami oleh penulis dan bahkan terkadang sulit pula disadari. Kebingungan dan kesulitan dalam menulis sebuah kata ini pasti dirasakan oleh banyak orang karena bingung harus menggunakan huruf kecil ataukah huruf besar. Terkadang beberapa orang menyadari posisi yang sesuai dalam penggunaan huruf kapital pada kata, namun masih ada beberapa orang yang kesulitan. Bagaimana contoh penulisan huruf kapital yang benar itu?

Pada umumnya dalam sistem alfabet terdapat dua jenis huruf yang digunakan seperti huruf kecil dan huruf kapital. Huruf besr atau huruf kapital adalah sebuah huruf yang bentuk dan ukurannya khusus sehingga berbeda dengan huruf pada umumnya. Huruf huruf ini menurut sistem alfabet Latin dapat berupa huruf A sampai Z.

Penulisan huruf kapital secara umum dapat berbentuk undeline dan bold sehingga penjelasannya lebih mudah dipahami. Agar anda lebih paham mengenai penggunaan huruf kapital yang benar ini, maka saya akan membahas aturan dasar penulisan huruf kapital dan contohnya. Adapun contoh penulisan huruf kapital yang benar dan aturan penulisan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

Baca juga : 12 Puisi Sahabat Pendek Sejati Penuh Makna

Huruf Pertama Dalam Petikan Langsung

Penggunaan huruf kapital yang benar biasanya terdapat dalam petikan langsung. pengertian petikan langsung adalah sebuah cara menulis yang disesuaikan dengan kalimat atau percakapan yang dilisankan oleh kelompok atau individu. Dengan kata lain, petikan langsung akan digunakan saat sedang membuat buku jika percakapan secara langsung akan kita kutip dari ucapan seseorang. Adapun contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  • “Maaf, saya terpaksa berbohong kepada bendahara kelas”, kata dia kepada temannya.
  • Menurut pendapat Lina, “Aku lebih suka memandang matahari terbenam dibandingkan matahari terbit.”

Huruf Pertama Pada Ungkapan Tentang Tuhan dan Kitab Suci

Aturan dasar penulisan huruf kapital yang benar selanjutnya biasanya digunakan pada ungkapan yang berkaitan dengan tuhan dan kitab suci. Hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada agama atau kepercayaan yang dijadikan bagian penting dalam hidup seseorang. Aturan ini juga berlaku untuk penyebutan agama tertentu. Di bawah ini terdapat contoh penulisan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Nabi terakhir yang diutus Allah SWT melalui Al Qur’an untuk menyebarkan agama Islam adalah Nabi Muhammad.
  • Hanya kepada-Mu hamba meminta.
  • Kita harus percaya kepada takdir-Nya.

Huruf Pertama Nama Gelar Kehormatan, Keagamaan, dan Keturunan yang Disertai Nama Orang

Aturan penulisan huruf kapital selanjutnya digunakan untuk nama gelar kehormatan, keagamaan, dan keturunan. Berlakunya aturan ini berguna untuk menghormati orang yang berkaitan. Adapun contoh penulisan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Gusti Kanjeng Ratu Hemas adalah calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Rayat) yang asalnya dari Yogyakarta.
  • Kyai Haji Agus Salim adalah pembicara dalam pengajian yang akan berlangsung malam ini.

Huruf Pertama Unsur Pangkat dan Nama Jabatan yang Disertai Nama Orang Bersangkutan

Dalam unsur pangkat dan nama jabatan, pada umumnya terdapat penggunaan huruf kapital yang penulisannya diikuti dengan nama orang ataupun pengganti nama tertentu seperti nama tempat atau nama instansi. Berikut contoh penulisan huruf kapital yang benar yaitu meliputi:

  • Direktur Bank Republik Indonesia membuka upacara bendera yang diselenggarakan hari ini secara langsung.
  • Rektor Universitas Pancasila menghadiri langsung prosesi wisuda bulan ini.
  • Raden Ajeng Kartini adalah salah satu Pahlawan Wanita di Indonesia.

Huruf Pertama Unsur Nama Orang

Aturan dasar penulisan huruf kapital yang benar selanjutnya biasanya digunakan pada unsur unsur nama orang. Aturan ini mudah untuk diimplementasikan dan diingat oleh para penulis. Adapun contoh penggunaan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Berkat gol tipis Anang Hadi, tim sepakbola yang berasal dari Kabupaten Sleman dapat berhasil menang 1 – 0 dengan tipis.
  • Mantan Wakil Presiden adalah Adam Malik
  • Gubernur Kalimantan Tengah.

Baca juga : 8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Huruf Pertama Nama Suku, Bahasa, dan Bangsa

Pada umumnya huruf kapital yang digunakan pada nama bangsa, bahasa dan suku dalam konteks ini bertujuan menjelaskan suatu identitas kelompok. Selain itu huruf kapital ini juga digunakan untuk menegaskan sesuatu hal yang masyarakat global atau banyak orang yang mungkin tidak diketahui. Di bawah ini terdapat contoh penulisan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Tidak sedikit orang Jawa yang menetap dan bekerja di Kalimantan.
  • Bahasa Tagalog adalah sebuah bahasa yang penggunaannya tidak resmi dalam PBB.

Huruf Pertama Nama Bulan, Tahun, Peristiwa Sejarah, dan Hari Raya

Pada dasarnya pengaplikasian huruf kapital dalam rentan waktu terdapat dalam peristiwa sejarah maupun bulan. Penggunaan huruf ini bertujuan untuk menegaskan keterangan waktu ketika penulis sedang membuat buku. Di bawah ini terdapat contoh aturan penulisan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Salah satu tahun yang dipercaya sebagai tahun baik oleh masyarakat Tiongkok adalah Tahun Naga.
  • Kita akan selalu teringat perjuangan Mahasiswa Indonesia tahun 1998 yang luar biasa pada Tragedi Semanggi.
  • Hari Natal berlangsung pada bulan Desember.

Huruf kapital biasanya tidak digunakan sebagai huruf yang pertama dalam peristiwa sejarah yang tidak disertai dengan nama. Adapun contoh penulisan huruf kapital yang benar lainnya yaitu:

  • Soekarno dan Hatta telah memproklamasikan kemerdekaan dari bangsanya.
  • Perlombaan senjata dapat beresiko terhadap pecahnya peristiwa perang dunia.

Huruf Pertama Nama Geografi

Aturan dasar penulisan huruf kapital selanjutnya mengarah pada nama daerah atau tempat secara geografis. Adapun contoh penggunaan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Kakek saya telah tinggal di Banjarnegara sejak tahun 2010.
  • Danau Toba berada di Selat Lombok.
  • Saya berada di Dataran Tinggi Dieng Tanjung Harapan.

Huruf kapital ini tidak digunakan dalam huruf pertama nama geografi yang tidak disertai unsur nama diri. Adapun contohnya yaitu:

  • Adik tetangga sering mandi di kali.
  • Kapal itu pergi ke arah selatan.
  • Kapal itu akan berlayar ke teluk

Kemudian huruf kapital ini tidak digunakan dalam huruf pertama nama geografi sebagai nama jenis. Adapun contoh penulisan huruf kapital yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Adik suka sejali dengan kacang bogor.
  • Biasanya ibu memasak sayur dengan garam inggris.
  • Ibu sering membeli pisang ambon di pasar.

Huruf Pertama Semua Unsur Nama Negara

Sebuah negara dapat ditulis menggunakan huruf kapital biasanya bertujuan sebagai bentuk penekanan. Adapun contoh penggunaannya yaitu sebagai berikut:

  • Undang-Undang No. 13 Tahun 2012.
  • Traveling menuju Korea Selatan.
  • Saya telah mengelilingi berbagai negara pada tahun 2010 seperti Belanda, Jerman, Norwegia, Turki, dan Inggris.

Huruf Pertama Semua Kata dalam Nama Majalah, Judul Karangan, Buku, dan Surat Kabar

Untuk judul nama majalah, karangan, buku, dan surat kabar memang ditulis dengan huruf besar. Tetapi adapula penulisan beberapa kata yang menggunakan huruf kecil jika diawali dengan di, dari, yang, untuk, dan, ataupun ke pada posisi awal kalimat. Adapun contoh penulisan huruf kapital yang benar yaitu:

  • Banyak Jalan Menuju ke Roma adalah salah satu judul buku favorit saya.
  • Salah satu novel yang paling laris tahun 2014 di pasaran adalah Dari Mata Turun ke Hati.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh penulisan huruf kapital yang benar dan aturan dasar penulisan huruf kapital. Aturan penulisan huruf kapital ini digunakan dalam beberapa konteks tertentu dengan maksud tertentu pula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here