Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah – Hukum archimedes memiliki bunyi yaitu seluruh atau sebagian benda yang dicelupkan ke dalam zat cair akan membuat berat dengan gaya ke atasnya sama seperti perpindahan dari zat cairnya. Isi dari hukum tersebut adalah gaya berat yang berkaitan dengan gaya ke atas benda saat masuk ke air. Maka dari itu di dalamnya akan ada gaya apung (gaya ke atas) yang terbentuk sehingga letak berat benda akan berkurang ketika di dalam zat cair.

Sebuah benda yang mengalami hukum archimedes akan membuat beratnya didalam air lebih ringan saat diangkat daripada diangkat di daratan. Terjadinya hukum archimedes ini membuat benda dalam tiga keadaan seperti melayang, tenggelam dan terapung. Lalu teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja? Seperti yang kita tahu bahwa ilmuan bernama Archimedes dari Syracuse, Yunani memiliki kemampuan dalam bidang Teknik, Astronomi, Fisika, Matematika dan Filsafat.

Adanya Archimedes ini memang terjadi sebelum kertas dan pensil diciptakan karena rumus ini berkaitan dengan sistem katrol, gaya apung, prinsip tuas, dan sebagainya. Hingga akhirnya hukum archimedes ini dapat terbentuk. Lantas apa itu hukum archimedes? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Pengertian hukum archimedes adalah pencelupan setiap benda ke dalam fluida untuk mendapatkan dorongan gaya ke atas atau gaya apung, baik sebagian maupun keseluruhan benda. Gaya apung yang diterima tersebut sama besarnya dengan nilai berat air dan dipindahkan oleh bendanya serta gaya yang dimiliki memiliki arah bertolak belakang.

Berdasarkan pengertian di atas kita dapat mengetahui nilai berat = massa benda x percepatan gravitasi sehingga arah gaya beratnya ke bawah dan arah gaya apungnya ke atas. Jika bendanya memiliki berat kurang dari perpindahan berat airnya sehingga benda dalam keadaan mengapung (berat benda < gaya apung). Kemudian jika bendanya lebih berat dibandingkan perpindahan berat air, maka benda tersebut akan tenggelam (berat benda > gaya apung). Sedangkan benda yang melayang akan terjadi jika berat benda dan air yang dipindahkan sama (berat benda = gaya apung). Lantas teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja?

teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah
Prinsip Hukum Archimedes

Materi hukum archimedes ini tentunya dapat kita temukan dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya seperti berikut:

Teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah . . .
A. Balon udara
B. Dongkrak mobil
C. Jembatan ponton
D. Hidrometer

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan B. Dongkrak mobil.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita peroleh jawaban dari pertanyaan teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah dongkrak mobil. Hal ini disebabkan dongkrak mobil termasuk contoh teknologi dengan hukum pascal di dalamnya.

Dalam hukum archimedes terdapat beberapa hal yang terjadi pada benda yang dicelupkan ke dalam zat cair seperti:

  • Mengapung adalah terjadinya keseimbangan berat benda dengan gaya angkat yang membuat massa jenis benda tersebut lebih kecil dibandingkan massa jenis zat cair.
  • Melayang adalah proses terjadinya gaya angkat yang besarnya hampir sama dengan berat bendanya sehingga benda dan zat cair memiliki massa jenis sama.
  • Tenggelam adalah gaya apung yang memiliki besar lebih kecil dibandingkan berat bendanya sehingga bendanya memiliki massa jenis lebih besar dibandingkan zat cair.

Maka dari itu kita dapat mengetahui jawaban dari teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah dongkrak mobil tersebut. Kita dapat menemukan beberapa contoh teknologi yang menggunakan prinsip hukum Archimedes yaitu meliputi:

  • Balon udara
  • Jembatan ponton
  • Hidrometer adalah alat yang dimanfaatkan dalam pengukuran massa jenis zat cair.
  • Kapal selam yang terdapat dalam air mengakibakan tangki kapal tersebut terisi air hingga membuat kapal menjadi tenggelam.

Inilah beberapa contoh teknologi yang menerapkan prinsip Achimedes. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here