Pengertian Teks Berita, Ciri Ciri, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Teks Berita, Ciri Ciri, Struktur, dan Contohnya – Bagaimana pendapat anda ketika mendengar tentang teks berita? Teks berita tersebut identik dengan adanya majalah, koran, berita di kanal sosial media sampai acara di TV. Bidang pemberitaan tersebut semakin lama akan semakin berubah, terlebih lagi teknologi sekarang ini juga semakin berkembang. Tetapi struktur teks berita tersebut tetap sama dan bahkan akan semakin relevan bagi para pembacanya.

Materi teks berita ini pada umumnya telah kita bahas ketika di bangku sekolah. Materi ini berisi pembahasan tentang pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita. kaidah kebahasaan teks berita, dan contoh teks berita. Teks berita di era keterbukaan informasi sekarang ini dapat kita peroleh dengan mudah. Pada zaman dahulu kita harus berlangganan koran terlebih dahulu untuk membaca berita. Tetapi sekarang ini teks berita dapat dibaca dan ditemukan dengan cukup membuka ponsel pintar atau smartphone saja.

Pengertian Teks Berita, Ciri Ciri, Struktur, dan Contohnya
Penggunaan Teks Berita

Lantas apa itu teks berita? Bagaimana cara menggunakan teks berita itu? Teks berita ini dapat berisi hal hal disekitar kita. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, dan contoh teks berita. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Pengertian Teks Berita, Ciri Ciri, Struktur, dan Contohnya

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya bahwa berita dapat kita temukan dalam berbagai media seperti televisi, majalah, radio, koran, dan media online lainnya. Berita tersebut dapat kita baca, dengar, ataupun tonton karena bersumber dari teks berita yang ada. Penyusunan teks berita tersebut didasarkan pada kaidah kaidah jurnalistik sehingga kita dapat memperoleh informasi yang dibuktikan kebenarannya.

Apa pengertian teks berita itu? Apa saja ciri ciri teks berita? Apa saja struktur teks berita? Apa saja kaidah kebahasaan teks berita? Bagaimana bentuk contoh teks berita? Berita secara umum dapat diartikan sebagai laporan sebuah peristiwa yang mempunyai nilai berita atau jurnalistik, faktual, menarik, aktual, dan penting.

Kemudian adapula arti berita adalah kabar, keterangan, laporan, atau laporan tentang peristiwa atau kejadian yang hangat. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai definisi teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, dan contoh teks berita. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Materi Teks Eksposisi (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis dan Contohnya)

Pengertian Teks Berita

Apa itu teks berita? Secara umum teks berita adalah teks yang isinya semua kejadian yang terjadi di dunia. Teks berita menurut beberapa ahli dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk. Teks tersebut digunakan pada berbagai media sehingga dapat dipublikasikan untuk pembaca. Pempublikasian teks berita ini dapat dilakukan dalam bentuk majalah, televisi, internet, koran, radio dan media lainnya.

Pada dasarnya teks berita termasuk dalam jenis teks Bahasa Indonesia. Teks berita ini pada dasarnya dapat disampaikan dalam bentuk teks maupun lisan. Teks berita yang disampaikan secara lisan dapat ditemukan dalam program program di internet dan televisi. Secara umum tidak semua peristiwa dapat dijadikan berita. Hal ini dikarenakan peristiwa untuk berita ini harus memenuhi beberapa kriteria seperti faktual (berdasarkan fakta), menarik, aktual (terjadinya baru baru ini), bermanfaat bagi masyarakat, dan penting.

Berdasarkan pengertian teks berita di atas kita tahu bahwa teks ini dibuat berdasarkan kriteria tertentu. Biasanya penyusunan teks berita menggunakan konsep 5W + 1H yakni What, Where, When, Who, Why, dan How. Selain itu istilah 5W + 1H dalam Bahasa Indonesia juga dapat disebut dengan ADIKSIMBA yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Unsur unsur yang digunakan dalam teks berita tersebut akan membentuk struktur teks berita. Struktur ini digunakan untuk mengembangkan teks tersebut menjadi satu kesatuan yang utuh.

Struktur Teks Berita

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks berita tersebut. Selanjutnya saya akan membahas tentang struktur pada teks berita. Penyampaian berita tentang kejadian atau peristiwa tertentu dapat dilakukan dengan menerapkan struktur seperti di bawah ini:

Orientasi Berita

Orientasi biasanya terletak di bagian pembuka atau awal paragraf. Orientasi berita adalah bagian teks berita yang isinya pengenalan peristiwa atau masalah yang dibahas dalam berita tersebut. Orientasi berita bertujuan untuk mengetahui peristiwa atau informasi berikutnya yang akan di baca. Maka dari itu susunan orientasi teks tersebut harus mampu menggambarkan informasi yang tertulis dan menarik.

Peristiwa

Peristiwa adalah struktur teks berita yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menceritakan kejadian atau peristiwa tertentu untuk pembaca. Penyajian cerita dan penjelasan ini dilakukan sesuai dengan kronologis atau urutan waktunya sehingga lebih lengkap dan detail. Penceritaan dan penjelasan informasi tersebut melalui verifikasi dari penulis sehingga dapat dipastikan validitas dan kebenarannya.

Bagian teks berita tersebut berisi penjelasan dari pertanyaan unsur bagaimana dan mengapa. Hal ini sudah saya jelaskan dalam pengertian teks berita di atas. Maka dari itu informasi peristiwa yang disampaikan dapat lebih valid, detail, dan urut.

Sumber Berita

Sumber berita merupakan struktur teks berita yang asalnya dari proses aktivitas dan wawancara reportase yang dilakukan oleh penulis atau reporter. Bagian ini biasanya ditempatkan oleh reporter pada bagian awal ataupun akhir berita. Sumber berita tersebut dapat diperoleh dari siaran pers maupun tanya jawab langsung kepada para ahli atau narasumber.

Selain struktur di atas, adapula struktur teks berita kompleks yang dapat dilakukan untuk menyusun teks tersebut. Teks berita kompleks memiliki beberapa struktur seperti di bawah ini:

  • Headline atau judul adalah bagian teks berita yang pertama kali di lihat oleh pembaca.
  • Lead atau kepala berita adalah bagian yang berisi kelanjutan dari aktivitas dalam judul tersebut.
  • Body atau tubuh berita adalah inti dari teks berita tersebut. Bagian ini biasanya berisi unsur 5W + 1H.
  • Ekor berita adalah bagian tambahan atau pendukung informasi yang disampaikan untuk pembaca.

Baca juga : Materi Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks berita dan struktur teks berita di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang kaidah kebahasaan teks berita. Teks berita memiliki beberapa kaidah kebahasaan seperti di bawah ini:

  • Menggunakan bahasa yang baku atau standar.
  • Menggunakan kalimat langsung.
  • Menggunakan kata kerja mental untuk memberikan renspons mengenai sebuah tindakan.
  • Menggunakan fungsi keterangan tempat dan waktu.
  • Menggunakan konjungsi temporal. Misalnya sejak, awalnya, kemudian, akhirnya, setelah.

Contoh Teks Berita

Selain pengertian teks berita, struktur teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita di atas. Adapula contoh teks berita yang saya bagikan seperti berikut ini:

Lemahkan Vaksin, Omikron Lebih Cepat Menular dibandingkan Delta

Varian Omicron menurut penelitian WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yang pertama menunjukkan bahwa varian Covid 19 ini lebih cepat menular dibandingkan Delta sehingga sekarang ini dapat melemahkan vaksin. Berdasarkan data dari WHO tersebut, penyebaran Omicron sekarang ini mencapai 63 negara. Penyebaran omicron tersebut berlangsung cepat di Afrika Selatan, namun varian Delta tidak terlalu mendominasi.

Selain itu adapula catatan penyebaran Covid di Inggris yang didominasi oleh varian delta sehingga varian omicron tidak mendominasi. Data yang diperoleh WHO tersebut masih kurang. Meskipun tingkat penularan Omicron tinggi, namun belum dapat dipastikan karena dapat lebih cepat menular dan menembus respons imun dengan mudah.

Sejauh ini WHO menekankan bahwa gejala virus Omicron tergolong ringan. Sejak saat itu banyak yang mengatakan bahwa penularan Omicron lebih cepat dibandingkan Delta sehingga vaksin sekarang ini kemungkinan dapat dilemahkan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, dan contoh teks berita. Teks berita biasanya disusun menggunakan unsur 5W + 1 H. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here