Rumus Bola (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal

Rumus Bola (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal – Dalam ilmu Matematika terdapat pembahasan mengenai materi bola. Bagaimana rumus luas permukaan bola itu? Bagaimana rumus volume bola itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal bola itu? Pengertian bola ialah bangun tiga dimensi yang berasal dari lingkaran tak terhingga dengan bentuk bulat sempurna, dimana pusat lingkaran dan jari jarinya sama. Menurut bahasa Yunani, asal bola secara harfiah ialah dari ball atau globe. Istilah bola dalam Bahasa Inggris dapat diartikan sebagai sphere. Dalam bangun ruang tersebut tidak hanya mengandung pengertian dan rumus saja, namun adapula sifat sifat di dalamnya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam materi bola ini terdapat pembahasan mengenai pengertian bola, sifat sifat bola, rumus bola, rumus luas permukaan bola, rumus volume bola dan contoh soal bola. Bola merupakan bangun Matematika yang termasuk dalam kategori bangun ruang. Bola tersebut merupakan bangun ruang sisi lengkung dengan jumlah yang tidak terbatas. Dalam bola tersebut terdapat unsur unsur lingkaran di dalamnya. Selain itu juga terdapat unsur jari jari dan diameter pula. Kemudian di dalamnya juga terdapat unsur phi (π) yang nilainya 22/7 atau 3,14.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian bola ialah bangun ruang yang mengandung bidang sisi lengkung untuk membatasinya. Selain itu bola juga dapat diartikan sebagai bangun tiga dimensi yang bentuknya setengah lingkaran dan dapat diputar menuju garis tengahnya sehingga dapat dikelilingi. Bangun ruang bola tersebut tentunya memiliki sifat sifat di dalamnya, seperti halnya sifat sifat pada bangun ruang lainnya. Sifat sifat bola inilah yang membantu anda untuk mengetahui jenis rumus yang digunakan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bola, baik rumus luas permukaan bola maupun rumus volume bola beserta contoh soal bola. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Bola (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal

Istilah bola dalam geometri dapat diartikan sebagai bangun tiga dimensi yang bentuknya lingkaran tak hingga dengan panjang jari jari sama dan titik pusatnya sama. Selain itu bola juga dapat diartikan sebagai bangun ruang yang memiliki kedudukan titik pada batas tempat di dalamnya, dimana jarak dengan titik tertentu tersebut sama.

Baca juga : Cara Hitung Perkalian Cepat Matematika Dengan Mudah

Untuk pembahasan materi bola ini terdapat penjelasan mengenai rumus luas permukaan bola, rumus volume bola dan contoh soal bola. Namun sebelum mempelajari tentang rumus bola tersebut, maka alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sifat sifat bola. Bangun ruang bola memiliki beberapa sifat di dalamnya seperti:

  • Termasuk dalam bangun ruang yang memiliki simetri sempurna.
  • Jarak seluruh titik permukaan bola akan sama dengan pusat bola.
  • Memiliki jari jari yaitu jarak pusat bola dengan titik permukaannya.
  • Tidak mempunyai titik sudut.
  • Memiliki satu sisi saja.
  • Memiliki satu titik pusat.
Rumus Bola (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal
Bangun Ruang Bola

Rumus Bola

Selain pengertian bola di atas, adapula pembahasan mengenai rumus bangun bola. Bola tersebut memiliki beberapa rumus di dalamnya seperti di bawah ini:

Rumus Luas Permukaan Bola

Luas permukaan adalah area yang berada di luar bangun ruang itu sendiri. Secara tidak langsung kalian bisa menyebutnya sebagai kulit bola. Simaklah rumus luas permukaan bola berikut ini:

L = 4πr²

Rumus Volume Bola

Menghitung lingkaran saja banyak siswa yang merasa kesulitan apalagi ketika harus berhadapan dengan soal volume bola. Tapi pada dasarnya rumus hitung untuk bangun satu ini tidaklah terlalu sulit untuk dihafalkan.

V = 4/3 πr³

Keterangan:
L = Luas permukaan
V = Volume
π = phi dengan nilai 22/7 atau 3,14
r = Jari jari

Baca juga : Rumus Perkalian Matriks, Sifat-Sifat, dan Contoh Soal

Contoh Soal Bola

Setelah menjelaskan tentang pengertian bola, sifat sifat bola dan rumus bola di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Tentukan luas permukaan dan volume bola jika jari jarinya 10 cm?

Pembahasan.
Luas permukaan bola = 4πr²
                                = 4 x 3,14 x 10²
                                = 1256 cm²

Volume bola = 4/3 πr³
                   = 4/3 x 3,14 x 10³
                   = 4186,67 cm³

2. Tentukan jari jari bola jika luas permukaannya 2464 cm²?

Pembahasan.
Contoh soal bola ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus luas permukaan bola yaitu:
Luas permukaan = 4πr²
                2464 = 4 x 22/7 x r²
                2464 = 88/7 r²
                     r² = 2464 x 7/88
                     r² = 196
                       r = √196
                       r = 14 cm
Jadi jari jari lingkaran tersebut ialah 14 cm.

Sekian penjelasan mengenai rumus bola, baik rumus luas permukaan bola maupun rumus volume bola beserta contoh soal bola. Bola merupakan bangun tiga dimensi yang bentuknya lingkaran tak hingga dengan panjang jari jari sama dan titik pusatnya sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bola di atas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here