Rumus Perbandingan Berbalik Nilai dan Contoh Soal Lengkap

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai dan Contoh Soal Lengkap – Materi perbandingan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Perbandingan dalam ilmu Matematika tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu perbandingan berbalik nilai dan perbandingan senilai. Apa pengertian perbandingan berbalik nilai itu? Bagaimana rumus pada materi perbandingan berbalik nilai itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal perbandingan berbalik nilai itu? Secara umum materi perbandingan memang sering diajarkan dalam ilmu Matematika. Materi ini tergolong dalam kategori aritmatika. Apa yang dimaksud perbandingan?

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai dan Contoh Soal Lengkap
Ilustrasi Perbandingan Berbalik Nilai

Pengertian perbandingan ialah usaha untuk membuat perbandingan pada dua objek atau lebih dengan rumus tertentu. Sebelum mengetahui rumus perbandingan berbalik nilai, pengertian perbandingan berbalik nilai dan contoh soal perbandingan berbalik nilai tersebut. Alangkah baiknya jika anda mengetahui sedikit mengenai apa itu perbandingan. Perbandingan memiliki rumus yang tepat untuk menyelesaikan jenis jenis contoh soal perbandingan yang tersedia.

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai dan Contoh Soal Lengkap

Perbandingan merupakan salah satu materi kompleks yang menurut saya gampang-gampang susah untuk dihafalkan. Salah satu kendalanya terletak pada sifatnya yang fleksibel dan banyaknya variabel ysnh dipakai. Soal perbandingan pada umumnya terdapat pada perselisihan berat badan, nilai pelajaran, perselisihan umur, tinggi badan dan sebagainya.

Perbandingan dalam ilmu Matematika memang terbagi menjadi dua kategori yaitu perbandingan berbalik nilai dan perbandingan senilai. Perbandingan ini merupakan penyederhanaan dari nilai pecahan yang ada. Untuk itu kita dapat mengibaratkan nilai perbandingan sebagai x dan y atau a dan b. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus perbandingan berbalik nilai dan contoh soal perbandingan berbalik nilai lengkap.

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai memiliki rumus yang mengguakan konsep aritmatika. Perbandingan berbalik nilai ini mempunyai nilai yang tetap meskipun terbalik, namun untuk nilai yang dimiliki perbandingan senilai bersifat tetap dan sama. Apa yang dimaksud perbandingan berbalik nilai itu? Pengertian perbandingan berbalik nilai ialah usaha untuk membuat dua objek atau lebih agar dapat dibandingkan besar nilainya, dimana variabel satunya akan mengalami pertambahan sedangkan variabel lainnya mengalami pengurangan nilai.

Baca juga : Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Mudah dan Cepat

Kita dapat mengamati perbandingan berbalik nilai ini dikehidupan sehari hari. Contohnya perbandingan antara banyak pekerja dengan waktu penyelesaian pekerjaan, banyak hewan dengan waktu habisnya makanan dan sebagainya. Untuk menyelesaikan contoh soal perbandingan berbalik nilai tersebut, kita dapat menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus perbandingan berbalik nilai yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut:

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai dan Contoh Soal Lengkap

Dalam rumus di atas, kita dapat melihat adanya a1 yang nilainya berbalik dengan nilai b2, sedangkan a2 berbalik nilai dengan b1.

Contoh Soal Perbandingan Berbalik Nilai

Setelah menjelaskan tentang rumus perbandingan berbalik nilai di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal materi perbandingan berbalik nilai terkait rumus di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Ani membaca 200 kata membutuhkan waktu 1 menit. Satu buku cerita tersebut dapat dibaca dengan waktu 3 jam. Kecepatan membaca yang dimiliki Ina per menit ialah 300 kata. Tentukan waktu yang diperlukan Ina untuk membaca buku cerita yang sama?

Pembahasan.
Contoh soal perbandingan berbalik nilai ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
200 kata → 3 jam
300 kata → x

Maka,
200/300 = x/3
           x = 3 . 200 / 300
           x = 2 jam
Jadi waktu yang diperlukan Ina untuk membaca buku cerita yang sama ialah 2 jam.

2. Sebuah piringan hitam dalam kecepatan 60 putaran per menit (rpm) memiliki kemampuan putaran sebanyak 20 menit. Apabila selama 15 menit piringan hitam tersebut melakukan putaran, maka tentukan kecepatannya?

Pembahasan.
Contoh soal perbandingan senilai ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus perbandingan berbalik nilai tersebut yaitu:
60 → 20 menit
x → 15 menit

Maka,
60/x = 15/20
     x = 60 . 20 / 15
     x = 80
Jadi selama 15 menit piringan hitam tersebut melakukan putaran dengan kecepatan 80 putaran per menit.

Sekian penjelasan mengenai rumus perbandingan berbalik nilai dan contoh soal perbandingan berbalik nilai lengkap. Perbandingan berbalik nilai ialah usaha untuk membuat dua objek atau lebih agar dapat dibandingkan besar nilainya, dimana variabel satunya akan mengalami pertambahan sedangkan variabel lainnya mengalami pengurangan nilai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perbandingan berbalik nilai di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here