Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap – Dalam ilmu Matematika terdapat pembahasan mengenai materi bangun datar. Setiap bangun datar memiliki simetri lipat maupun simetri putar yang berbeda-beda. Apa itu simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar? Inilah dua pertanyaan yang umum diajukan oleh siswa ketika baru mendalami materi bangun dua dimensi satu ini.

Pengertian simeri lipat ialah jumlah lipatan yang berasal dari dua bagian pada bidang datar dengan besar sama. Dalam bangun datar terdapat simetri lipat yang dapat dicari dengan cara melakukan percobaan melalui kertas yang dipotong dengan ukuran hampir sama dengan bangun datarnya. Kemudian kertas ini dilipat menjad dua bagian yang besarnya sama. Untuk itu lipatan yang satu bisa menutup tepat bagian lainnya saat bangun tadi dilipat menjdi dua bagian. Hal inilah yang dinamakan dengan simetri lipat pada bangun datar.

Kemudian adapula pengertian simetri putar ialah banyaknya putaran pada bangun datar yang dilakukan dengan bentuk pola tertentu dari hasil putarannya sehingga sama seperti saat sebelum diputar, tetapi posisinya bukan kembali ke awal. Simetri putar dapat dimiliki oleh sebuah bangun apabila memiliki satu titik pusat dan pemutarannya kurang dari satu putaran penuh sehingga posisinya dapat kembali ke bangun semula secara tepat. Apakah anda tahu apa saja simetri lipat dan simetri putar bangun datar itu? Jumlah simetri lipat bangun datar dan jumlah simetri putar bangun datar pada setiap jenisnya memang berbeda beda.

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap

Cara menentukan simetri putar pada bangun datar dapat dilakukan dengan metode percobaan yang hampir sama dengan simetri lipat tadi. Akan tetapi kertas yang dibentuk tadi diputar untuk mengetahui jumlah putarannya sehingga bukan dilipat. Sebuah bangun dinyatakan mempunyai simetri putar apabila melalui pusatnya saat diputar dan kembali ke tempat semula. Perputaran ini dapat dilakukan mengikuti arah jarum jam. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang simetri lipat dan simetri putar bangun datar lengkap.

Apabila membahas tentang simetri lipat bangun datar dan simetri putar bangun datar maka tidak dapat dilepaskan dari adanya sumbu simetri. Apa yang dimaksud sumbu simetri itu? Pengertian sumbu simetri ialah garis pada sebuah bangun yang dapat digunakan untuk membaginya menjadi dua dengan besar sama. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bangun datar pada umumnya memiliki jumlah yang berbeda beda pada setiap bentuknya. Untuk itu jumlah simetri putar dan simetri lipat pada setiap bangunnya tidak sama. 

Baca juga : Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Terlengkap

Bangun datar tersebut pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis bangun datar ini dapat berupa persegi panjang, persegi, lingkaran, segitiga, jajar genjang, belah ketupat, trapesium dan layang layang. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai simetri lipat dan simetri putar bangun datar yaitu sebagai berikut:

Simetri Lipat

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah simetri lipat bangun datar. Simetri secara umum dapat diartikan sebagai seimbang baik antara ukuran, bentuk dan lain lain. Sedangkan lipat ialah pembagian jadi dua bagian, patah dua, rangkap dan lain lain. Untuk itu simetri lipat dapat diartikan sebagai banyaknya lipatan pada bidang datar yang bisa terbentuk menjadi dua bagian, dimana besar kedua bagian ini sama. Garis sumbu simetri pada umumnya tidak semua dimiliki oleh bangun datar. Hal ini dikarenakan beberapa bangun datar ada yang sama sekali tidak mempunyai sumbu simetri. Di bawah ini terdapat jumlah simetri lipat pada bangun datar yaitu meliputi:

  • Simetri lipat persegi panjang berjumlah 2 buah.
  • Simetri lipat persegi berjumlah 4 buah.
  • Simetri lipat lingkaran berjumlah tidak terbatas.
  • Simetri lipat segitiga berjumlah 3 buah.
  • Simetri lipat belah ketupat berjumlah 2 buah.
Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap
Simetri Lipat pada Bangun Datar

Simetri Putar

Materi simetri lipat dan simetri putar bangun datar memang perlu diketahui karena sering dimasukkan dalam soal soal ujian sekolah maupun ujian Nasional Matematika. Dalam bangun datar tidak hanya titik pusat pada simetri lipat saja, namun adapula titik pusat untuk memutar bangun tersebut. Pengertian simetri putar ialah banyaknya putaran bangun datar yang terbentuk dari perputaran bangun yang sama sebelum diputar hingga membentuk pola tertentu tetapi posisinya tidak kembali ke awal. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap
Contoh Simetri Putar pada Bangun Datar

Dari gambar di atas, kita dapat melihat bangun segitiga sama sisi yang akan diputar untuk mengetahui jumlah simetri putarnya. Segitiga tersebut saat diputar berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 1/3 putaran akan memiliki persamaan bentuk seperti saat sebelum diputar. Apabila sebesar 2/3 putaran kita melakukan putaran lagi, maka hasilnya akan sama persis ketika posisi awal. Dengan kata lain segitiga sama sisi ini mempunyai jumlah simetri putar sebanyak tiga buah. Apabila bangun datar yang kita putar hanya memperoleh bayangan seperti semula, maka hanya terdapat 1 putaran penuh saja yang kita peroleh. Untuk itu simetri putar ini tidak dimiliki oleh bangun datar tersebut.

Baca juga : Luas Segi n Beraturan dan Keliling Beserta Contoh Soal

Dengan mempelajari materi simetri lipat dan simetri putar bangun datar ini, kita dapat melihat jelas bagaimana cara menentukan kedua jenis simetri bangun datar tersebut. Akan tetapi ada hal yang perlu anda ketahui bahwa simetri putar tidak dimiliki oleh semua bangun datar. Hal ini dikarenakan simetri putar ini juga sama sekali tidak dimiliki oleh beberapa bagun datar. Di bawah ini terdapat jumlah simetri putar pada bangun datar yaitu sebagai berikut:

  • Simetri putar persegi panjang berjumlah 2 buah.
  • Simetri putar persegi berjumlah 4 buah.
  • Simetri putar segitiga sama kaki yaitu tidak ada atau tidak memiliki.
  • Simetri putar segitiga sama sisi berjumlah 3 buah.
  • Simetri putar lingkaran berjumlah tidak terbatas.
  • Simetri putar belah ketupat berjumlah 2 buah.

Tabel Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar

Agar anda lebih mudah mengetahui jumlah simetri lipat bangun datar dan simetri putar bangun datar ini. Maka saya akan membagikan tabel simetri putar dan simetri lipat pada bangun datar tersebut. Berikut tabelnya yaitu sebagai berikut:

NoBangun DatarSImetri LipatSimetri PutarSUmbu SImetri
1.Segitiga sama kaki1-
2.Segitiga sama sisi333
3.Segitiga sembarang1-1
4.Persegi panjang222
5.Persegi444
6.Jajar genjang-2-
7.Trapesium sama kaki1-1
8.Trapesium siku-siku---
9.Trapesium sembarang---
10.Layang-layang1-1
11.Belah ketupat222
12.LingkarangTak terhinggaTak terhinggaTak terhingga
13.Elips/Oval222
14.Segitiga siku-siku sama kaki1-1
15.Segi enam beraturan666
16Segi delapan beraturan888

Sekian penjelasan mengenai simetri lipat dan simetri putar bangun datar lengkap. Simetri lipat bangun datar dan simetri putar pada setiap jenis bangun datar memang memiliki jumlah yang berbeda beda, bahkan adapula beberapa bangun yang tidak memiliki kedua simetri tadi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here