Rumus Tabung (Luas Permukaan dan Volume), Sifat, dan Contoh Soalnya

Rumus Tabung (Luas Permukaan dan Volume), Sifat, dan Contoh Soalnya – Tabung merupakan salah satu bangun ruang yang mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Botol air mineral, gelas, drum air, dan pipa misalnya tanpa kalian sadari memiliki bentuk silinder/tabung. Dengan kata lain kalian sebenarnya bisa menghitungnya memakai rumus luas permukaan serta rumus volume tabung karena memiliki bentuk sama.

Bangun yang memiliki kesamaan dengan lingkaran tersebut kadang menjadi momok tersendiri ketika menjadi soal ujian. Hal ini dibuktikan dengan berbagai keluhan siswa yang merasa kesulitan menghitung volume serta luas permukaan tabung. Padahal rumus hitungnya menurut saya tidaklah terlalu rumit karena kalian hanya perlu menghitung luas alasnya terlebih dulu lalu dikalikan dengan tinggi.

Materi tabung sebenarnya telah diajarkan bahkan semenjak kita berada di bangku sekolah dasar. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan mengenai rumus tabung (rumus luas permukaan tabung dan rumus volume tabung). Sebagai bangun ruang kalian pun akan menemukan sifat sifat tabung. Bahkan materi tersebut terkadang menjelma menjadi butir-butir soal tabung ketika ujian.

Pengertian tabung adalah bangun ruang sisi lengkung yang memiliki tiga sisi di dalamnya seperti satu segi empat dan dua lingkaran dengan ukuran sama. Dalam bahasa Inggris, tabung dapat disebut cylinder. Untuk itu tabung dapat dinamakan dengan silinder. Bangun ruang ini memiliki beberapa sifat sifat di dalamnya. Dengan sifat sifat tabung inilah kita dapat membedakannya dengan jenis bangun ruang lainnya.

Rumus Tabung (Luas Permukaan dan Volume), Sifat, dan Contoh Soalnya

Tabung merupakan salah satu jenis bangun ruang yang termasuk dalam kategori bangun ruang sisi lengkung. Mengapa tabung termasuk didalamnya? Hal ini dikarenakan bangun ini memiliki lengkungan di dalamnya yang berupa dua buah lingkaran dengan ukuran sama. Disisi lain tabung juga memiliki sisi tegak berbentuk persegi panjang yang mengelilingi lingkaran tersebut.

Rumus Tabung (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap
Gambar Tabung dan Jaring Jaringnya

Tabung memiliki atas dan atap berbentuk lingkaran. Untuk itu dalam tabung tersebut mengandung unsur jari jari, diameter, ataupun nilai phi (π). Nilai phi tersebut dapat berupa 22/7 ataupun 3,14. Lalu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal tabung itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rumus tabung lengkap, baik rumus luas permukaan tabung maupun rumus volume tabung.

Baca juga : Rumus Luas Lingkaran, Keliling dan Contoh Soalnya

Sifat Tabung

Tabung merupakan satu dari sekian bangun ruang sisi lengkung yang memiliki rumusnya sendiri. Selain rumus adapula sifat sifat dan cara pengerjaan yang berbeda dengan bangun ruang lainnya. Sedikit membahas tentang pengertian tabung yaitu bangun ruang yang mempunyai satu sisi selimut berbentuk segi empat dan dua sisi lingkaran di bagian atas serta alasnya. 

Sebelum membahas tentang rumus tabung, baik rumus luas permukaan tabung dan rumus volume tabung tersebut. Alangkah lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu mengenai sifat sifat tabung. Bangun ruang tabung memiliki beberapa sifat di dalamnya yaitu meliputi:

  • Terdiri dari tiga sisi berupa satu sisi berbentuk segi empat dan dua sisi lingkaran yang panjangnya sama.
  • Memiliki alas dan tutup tabung berbentuk lingkaran.
  • Memiliki selimut tabung yang mengelilingi alas dan tutupnya sehingga bentuknya segi empat.
  • Tidak memiliki titik sudut.
  • Memiliki dua rusuk yang mengelilingi tutup dan alasnya.

Rumus Tabung

Bagaimana cara menghitung volume tabung? Sebenarnya jawaban pertanyaan itu sangatlah mudah. Mengingat tabung adalah bentuk ekspansi dari lingkaran secara otomatis kalian hanya perlu mencari luas alasnya terlebih dulu baru selanjutnya dilakikan tinggi tabung. Karena alas tabung baik atas bawah berbentuk lingkaran maka sudah jelas bahwa kalian harus hafal rumus lingkaran terlebih dulu.

Sekadang untuk menyelesaikan soal luas permukaan tabung kalian hanya perlu menghitung luas dua lingkaran ditambah selimut yang berbentuk persegi panjang. Bagaimana mudah bukan?

Setelah menjelaskan tentang pengertian tabung dan sifat sifat tabung di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa rumus luas permukaan tabung, rumus volume tabung dan rumus lainnya yang berkaitan dengan bangun tabung. Adapun rumus bangun tabung yaitu:

Volume = πr²t
Luas Permukaan = 2πr(r + t)
Luas selimut = 2πrt
Luas alas = πr²
Luas tanpa tutup = Luas alas + Luas selimut

Keterangan:
π = phi (bernilai 3,14 atau 22/7)
r = Jari jari
t = Tinggi tabung

Contoh Soal Tabung

Kalian sudah mengetahui rumus tabung diatas yang terdiri dari rumus volume serta luas permukaan. Lantas apakah kalian sudah memiliki gambaran bagaimana cara mengerjakan ketika berhadapan dengan soal ujian? saya harap sudah. Karena jika belum maka kalian harus lebih giat lagi mengerjakan latihan soal luas alas tabung beserta volumenya.

Maka dari itu pada sesi terakhir kali ini saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tabung, kunci jawaban serta pembehasannya.

Baca juga : Rumus Pemfaktoran Aljabar Beserta Contoh Soal

1. Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumus Tabung (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap

Tentukan luas permukaan dan volume bangun tabung di atas?

Pembahasan.
Diketahui : r = 14 cm, t = 20 cm
Ditanyakan : Lp dan V = ?
Jawab :
Contoh soal tabung tersebut dapat diselesaikan dengan rumus berikut:
Luas permukaan = 2πr(r + t)
                         = 2 x 22/7 x 14 x (14 + 20)
                         = 88 x 34
                         = 2992 cm²

Volume tabung = 2πr²t
                       = 2 x 22/7 x 14² x 20
                       = 24640 cm³
Jadi luas permukaan dan volume tabung tersebut ialah 2992 cm² dan 24640 cm³.

2. Tentukan luas permukaan tabung jika volume 9420 cm³ dan tinggi 15 cm?

Pembahasan.
Diketahui : V = 9420 cm³; t = 15 cm
Ditanyakan : Luas permukaan = ?
Jawab :
Langkah pertama yang perlu kita lakukan yaitu mencari jari jari menggunakan rumus tabung. Adapun rumus volume tabung yang digunakan yaitu:
Volume = 2πr²t
    9420 = 2 x 3,14 x r² x 15
    9420 = 94,2 r²
         r² = 9420 / 94,2
         r² = 100
          r = 10 cm

Selanjutnya menggunakan rumus luas permukaan tabung setelah nilai jari jarinya diketahui. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Luas permukaan = 2πr(r + t)
                         = 2 x 3,14 x 10(10 + 15)
                         = 62,8 x 25
                         = 1570 cm²
Jadi luas permukaan tabung tersebut ialah 1570 cm².

Sekian penjelasan mengenai rumus tabung lengkap, baik rumus luas permukaan tabung maupun rumus volume tabung. Tabung merupakan bangun ruang yang mempunyai satu sisi selimut berbentuk segi empat dan dua sisi lingkaran di bagian atas serta alasnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi tabung di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here