Orang yang Bertugas Menata Musik Disebut

Orang yang Bertugas Menata Musik Disebut – Musik sudah jadi elemen penting yang tak terpisahkan dari keseharian kita khususnya kalangan muda. Baik anak, remaja, bahkan orang dewasa gemar mendengarkannya sebagai bentuk refreshing. Berbagai aktivitas seperti perkantoran, olahraga, acara pesti pun juga tak lepas dari lantunan musik. Tapi taukah kalian orang yang bertugas menata musik disebut apa? Jelasnya, orang tersebut harus memiliki profesionalitas agar musik yang dihasilkan lebih indah dan bagus.

Memang banyak yang bertanya orang yang bertugas menata musik disebut apa. Secara garis besar musik ditata oleh orang tertentu bernama arranger. Musik sendiri merupakan hiburan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kegunaan usik tersebut tidak untuk hiburan saja, tetapi juga berfunsi untuk memberi tahu pendengarnya tentang emosi pengarang. Maka dari itu banyak orang yang dapat merasakan emosi pengarang melalui musik tersebut.

orang yang bertugas menata musik disebut
Menata Sebuah Musik Menjadi Lagu

Musik dibuat dengan melalui proses tertentu. Proses ini yang diperlukan untuk membuat musik menjadi lebih indah dan bagus untuk didengar. Keindahan musik ini tentunya tidak lepas dari adanya music arranger atau penata musik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang orang yang bertugas menata musik disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Orang yang Bertugas Menata Musik Disebut

Arranger dalam musik pada umumnya bertugas untuk membut aransemen dan mengatur musik agar menjadi suatu lagu dalam iklan, drama, film, dan sebagainya. Lagu yang diubah oleh arranger tersebut pada awalnya berbentuk vokal dan lirik sederhana sehingga akhirnya banyak orang dapat mendengarkan dan menikmatinya.

Lagu yang ditulis oleh pengarang akan dianalisis oleh seorang arranger dengan maksuk agar disampaikan kepada khalayak umum. Kemudian arranger juga harus memiliki kemampuan llain seperti dapat memainkan segala alat musik agar profesinya dapat didukung. Lantas orang yang bertugas menata musik disebut apa?

Profesi arranger memang tidak terlalu familiar didengar oleh banyak orang. Meski begitu pekerjaan music arranger tersebut patut diapresiasi, terlebih lagi saat menata musik menjadi indah. Materi musik ini sering kali masuk dalam beberapa soal ujian. Salah satunya yaitu:

Orang yang bertugas menata musik disebut . . .
A. Musisi
B. Arranger
C. Komponis
D. Organis

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B. Arranger.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa orang yang bertugas menata musik disebut Arranger. Seorang arranger tentunya wajib memiliki kemampuan ilmu harmoni. Hal ini dikarenakan seorang arranger memiliki pekerjaan untuk menyesuaikan instrumen musik atau nomor suara penyanyi dengan komposisi musik berdasarkan komposisi yang sudah ada sehingga tidak merubah esensi musiknya. Ilmu harmoni sendiri adalah pengetahuan dasar yang harus arranger miliki.

Pengertian Arranger dapat kita sebut juga sebagai penyusun musik adalah seseorang dengan keahlian menyusun serta mengatur tiap elemen musik. Tugas utama seorang arranger adalah menyusun komposisi musik dari dasar sampai akhir sehingga menghasilkan musik yang indah.

Salah satu peran utama seorang arranger adalah menciptakan keseimbangan antar instrumen. Mereka menentukan bagaimana melodi, harmoni, dan ritme agar terdengar padu. Pertanyaan berbunyi siapa orang yang bertugas menata musik memang tak selalu muncul dalam tes. Tapi sebagai siswa kita tetap harus menghafalnya sebagai bentuk pendalaman materi.

Dari sini kita tahu bahwa orang yang bertugas menata musik disebut arranger. Arranger tersebut berasal dari kata menata lagu atau arransemen lagu. Arranger sendiri adalah orang yang memiliki tugas untuk menata sebuah musik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here