Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi

Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi – Dalam ilmu ekonomi terdapat salah satu materi dasar yaitu motif ekonomi yang berisi tentang perilaku manusia dan alasan kenapa manusia melaksanakan kegiatan ekonomi. Tindakan ekonomi ini adalah tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada berbagai macam motif ekonomi yang akhirnya melatarbelakangi segala tindakan manusia di bidang tersebut.

Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi
Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi

Apa itu motif ekonomi? Pengertian motif ekonomi adalah alasan yang mendorong tindakan atau perilaku manusia untuk memaksimalkan kepentingan pribadinya dalam melakukan kegiatan ekonomi. Terjadinya motif ekonomi tersebut merupakan proses seseorang untuk menggapai tujuan ekonominya melalui intensitas dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dalam hidupnya. Jika sudah memahami tentang materi ini, coba sebutkan 4 macam motif ekonomi yang kalian ketahui?

Seperti yang kita tahu bahwa tujuan motif ekonomi adalah memberikan dorongan kepada manusia untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan hidupnya secara umum, baik kelompok atau individu. Meski begitu tujuan motif ekonomi tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan dan kepentingan lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban dari pertanyaan sebutkan 4 macam motif ekonomi tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi

Seperti yang kita tahu bahwa masing masing orang mempunyai motif atau dorongan tertentu dalam setiap tindakan ekonomi. Hal hal yang mempengaruhi aksi yang berkaitan dengan tindakan ekonomi tersebut dinamakan dengan motif atau motivasi ekonomi. Berbagai macam motif ekonomi lebih merujuk pada alasan mengapa orang melakukan aksi demi memenuhi perekonomiannya.

Alasan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi dapat berupa agar dapat menghasilkan uang. Adapula dorongan lain untuk memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga muncullah motif tersebut. Lantas sebutkan 4 macam motif ekonomi? Jenis jenis motif ekonomi sendiri pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa kategori.

Pengertian motif ekonomi dan contohnya ini telah saya bahas lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Jika membahas tentang materi motif ekonomi tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Sebutkan 4 macam motif ekonomi?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah motif untuk mendapatkan kekuasaan, motif sosial, motif untuk memenuhi kebutuhan, motif aktualisasi diri, dan motif untuk mendapatkan keuntungan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa motif ekonomi merupakan alasan organisasi atau seseorang untuk didorong dalam melakukan tindakan ekonomi agar dapat menggapai sebuah tujuan. Motif ekonomi sendiri dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu berupa:

  1. Motif Ekstrinsik adalah motif ekonomi yang bentuknya dari pihak luar atau lingkungan.
  2. Motif Intrinsik adalah motif ekonomi yang didasarkan pada kemauan diri sendiri.

Apabila guru meminta sebutkan 4 macam motif ekonomi maka uraikanlah jawaban di bawah:

  • Motif untuk memenuhi mebutuhan. Misalnya pendidikan dan makan.
  • Motif untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya seseorang yang melakukan pelayanan dengan baik agar dagangannya laris dan untung.
  • Motif aktulisasi diri / penghargaan. Misalnya orang lain ingin memperoleh penghargaan dengan cara berusaha giat agar dapat berhasil.
  • Motif untuk mendapatkan kekuasaan. Misalnya pengusaha ingin mempromosikan franchise bisnisnya kepada orang lain agar mengurangi persaingan dan orang lain tadi dapat menjual produknya.
  • Motif sosial (menolong sesama manusia). Misalnya mempekerjakan teman atau keluarganya dalam usaha miliknya sendiri.

Inilah jawaban dari pertanyaan sebutkan 4 macam motif ekonomi tersebut. Motif ekonomi merupakan alasan seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. Saya harap tak ada lagi yang bingung tentang berbagai macam motif ekonomi karena materinya sudah tersampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here