Rumus Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu Beserta Contoh Soal

Rumus Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu Beserta Contoh Soal – Menghitung kecepatan laju serta jarak tempuh sebenarnya sudah diajarkan pada kita semenjak SMP. Meski demikian masih banyak siswa kesulitan menghadal rumus jarak dan rumus kecepatan karena berbagai alasan. Padahal variasi soal selisih waktu maupun keduanya sering muncul dalam ujian baik itu PAT serta PAS. Nah, perbedaan jarak tempuh serta kecepatan akhirnya menciptakan selisih waktu.

Apakah kalian tahu bagaimana cara mencari jarak dan kecepatan? Bagaimana cara mencari selisih waktu? Bagaimana rumus pada jarak itu? Bagaimana rumus kecepatan itu? Bagaimna rumus waktu itu? Materi jarak, waktu dan kecepatan pada umumnya termasuk dalam pembelajaran Matematika. Akan tetapi sebagian orang sering mengganggap ilmu Matematika sebagai sebuah pembelajaran yang ditakuti dan dianggap sulit. Hal ini dikarenakan masing masing orang memiliki daya tangkap yang berbeda beda untuk memahami materi Matematika yang tersedia. Pembelajaran Matematika ini dapat dipahami dengan mudah asalkan ada kemauan yang kuat untuk mempelajarinya.

Rumus Jarak, Kecepatan dan Selisih Waktu Beserta Contoh Soal
Jarak, Kecepatan dan Selisih Waktu

Pada umumnya dalam materi jarak, waktu dan kecepatan tersebut terdapat beberapa hal yang dibahas. Pembahasan tersebut mencakup cara mencari jarak, cara mencari kecepatan, cara mencari selisih waktu, rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu. Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering menjumpai penerapan materi tersebut. Contohnya saja kendaraan bermotor yang menggunakan speedometer. Kegunaan alat pengukur kecepatan dan jarak tersebut dapat dilakukan untuk mengetahui kecepatan dari kendaraan tersebut. Selain itu adapula contoh lainnya yang menggunakan konsep jarak, kecepatan dan juga waktu.

Rumus Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu Beserta Contoh Soal

Cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisih waktu tentunya memiliki pengerjaan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan rumus yang digunakannyapun berbeda. Materi ini sebenarnya telah diajarkan ketika di bangku sekolah dasar kelas 5. Materi tersebut merupakan dasar dari pembelajaran Matematika lainnya sehingga mudah sekali memahami jarak, kecepatan dan juga waktu tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu beserta contoh soalnya.

Baca juga : Pengertian Bilangan Cacah Beserta Contoh

Apakah anda tahu apa pengertian jarak itu? Apa pengertian kecepatan itu? Apa pengertian waktu itu? Pengertian materi materi tersebut harus anda pelajari terlebih dahulu sebelum memahami cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisih waktu. Nilai masing masing materi yang dicari akan dapat ditentukan dengan mudah menggunakan rumus yang tersedia. Jarak secara umum dapat didefinisikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh sebuah benda tanpa memperhatikan arah terlebih dahulu. Jarak tersebut merupakan besaran skalar karena bentuknya hanya nilai saja.

Rumus Jarak Kecepatan dan Selisih

Selain pengertian jarak, adapula pengertian perpindahan yaitu perubahan kedudukan benda yang terjadi dari titik awal sampai akhir dengan memperhatikan arah pencapaiannya. Perpindahan termasuk dalam besaran vektor karena mempunyai nilai dan arah. Adapula pengertian kecepatan yaitu perubahan kedudukan benda dari setiap satuan waktu. Dibawah ini terdapat rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu yang dapat anda gunakan yaitu diantaranya:

Jarak (s) = v x t
Kecepatan (v) = s / t
Waktu (t) = s / v

Keterangan:
v = Kecepatan benda (m/s)
s = Jarak atau perpindahan (m)
t = Waktu (s)

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Setelah menjelaskan tentang cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisih waktu di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan jarak dengan perpindahan. Jarak dan perpindahan sering kali disamakan artinya oleh beberapa orang. Namun pada kenyataannya kedua hal ini berbeda. Berikut perbedaannya yaitu:

  • Jarak merupakan lintasan yang seluruhnya dihitung, sedangkan perpindahan merupakan perubahan kedudukan dari awal sampai akhir yang hanya dihitung.
  • Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.

Baca juga : Materi Kerucut Terpancung (Rumus Luas Selimut, Volume dan Contoh Soal)

Contoh Soal Jarak, Kecepatan dan Selisih Waktu

Setelah menjelaskan tentang cara mencari jarak, cara mencari kecepatan, cara mencari selisih waktu, rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal materi jarak, kecepatan dan waktu terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembasannya yaitu:

1. Jarak yang ditempuh Joko selama 7 menit dengan motornya ialah 840 m. Tentukan kecepatan motor Joko?

Pembahasan.
Diketahui : t = 7 menit = 7 x 60 sekon = 420 sekon; s = 840 m
Ditanyakan : v = ?
Jawab :
v = s/t
   = 840/420
  = 2 m/s
Jadi kecepatan motor Joko ialah 2 m/s.

2. Selama 40 detik Angga mengayuh sepeda dengan kecepatan 8 m/s. Tentukan jarak yang ditempuh Angga?

Pembahasan.
Diketahui : t = 40 s; v = 8 m/s
Ditanyakan : s = ?
Jawab.
Cara mencari jarak tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus jarak seperti di bawah ini:
s = v x t
  = 8 x 40
  = 320 m
Jadi jarak yang ditempuh Angga ialah 320 meter.

Sekian penjelasan mengenai rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu beserta contoh soalnya. Cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari waktu dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here