Rumus Skala Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Rumus Skala Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya – Bagaimana cara menghitung skala peta itu? Apa itu skala peta? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal skala itu? Ketika di sekolah tentunya kita pernah melihat peta dunia dalam suatu bola seperti Globe ini. Menurut keyakinan, globe adalah replika dunia di berbagai negara dengan gugusan kepulauan di setiap detilnya. Bahkan dalam globe tersebut disertai dengan koordinat koordinatnya. Kemudian ukuran jarak pada globe dengan jarak sebenarnya dapat dihitung dengan menggunakan skala. Untuk itu penentukan jarak pada peta di dasarkan pada jarak sebenarnya yang dihitung menggunakan skala.

Lazimnyam Materi peta diberikan kepada siswa dalam pembelajaran IPS khususnya geografi. Tapi kalian juga bisa menemukan pembelajaran yang menerangkan rumus skala peta, cara menghitung skala pada peta, sampai contoh soal skala peta itu sendiri. Sebagian orang awam pasti akan mengabaikan adanya deret angka yang tercantum pada bagian pojok suatu peta. Padahal angka tersebut bisa merepresentasikan ukuran sebenarnya suatu daerah yang digambarkan

Rumus Skala Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya
Cara Menghitung Skala pada Peta

Hal ini pun didukung oleh teori ahli dimana skala memang dapat ditemukan dalam gambar denah ataupun peta sehingga sebuah daerah dapat diwakili kondisi sebenarnya. Cara menggambar denah atau peta dapat dilakukan dengan menggunakan skala tertentu. Dengan begitu dalam perhitungan jarak sebenarnya dan jarak pada peta terdapat satuan rasio yang sama.

Rumus Skala Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Skala pada globe dan peta digunakan untuk menyatakan pengecilan. Kalian bisa juga menyebutnya sebagai miniatur atau gambaran kecil suatu wilayah. Dengan kata lain faktor skala ini mengandung ukuran sebenarnya yang lebih besar dibandingkan ukuran pada gambar. Dalam konsep skala tersebut pada dasarnya bentuk gambar tidak diubah karena hanya mengubah ukuran gambarnya.

Skala memiliki faktor yang berupa faktor pembesaran (apabila k > 1 atau faktor skala k : 1 atau k) dan faktor pengecilan (apabila 0 < k < 1 atau faktor skala 1 : k atau k). Akan tetapi dalam konsep skala pada peta yang paling penting ialah harus sama satuan jarak peta dan jarak sebenarnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian skala, cara menghitung skala peta, rumus skala dan contoh soal skala pada peta. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Itu Skala Peta

Skala pada peta dapat diartikan sebagai unsur unsur yang terkandung dalam sebuah peta. Untuk menghitung skala ini pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan rumus khusus. Peta sendiri memiliki fungsi untuk menggambarkan wilayah yang terdapat pada permukaan bumi. Dalam skala biasanya mengandung tanda titik dua (:) yang artinya kesetaraan. Untuk itu tanda titik dua ini tidak dapat didefinisikan sebagai tanda bagi. 

Baca juga : Merasionalkan Penyebut Bentuk Akar dan Contoh Soal Lengkap

Selain melihat gambar, kalian akan disuguhkan beberapa komponen peta seperti skala, perbandingan, jarak, dan legenda. Dengan menggunakan rumus skala kita dapat menghitung jarak peta yang diperkecil dari jarak sebenarnya. Pengecilan ukuran jarak daerah pada peta ini menggunakan ukuran geometrik secara matematis dalam bidang datar.

Rumus Skala Peta

Sebelum membagikan contoh soal skala pada peta dan cara menghitung skala pada peta tersebut, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai definisi skala itu. Pengertian skala pada peta ialah rasio atau perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak asli sebenarnya. Akan tetapi satuan dalam jarak peta dan jarak sebenarnya ini harus sama.

Jarak pada peta dapat dihitung menggunakan skala dan jarak sebenarnya yang tergabung dalam rumus tertentu. Di bawah ini terdapat rumus skala pada peta yaitu sebagai berikut:

  • Skala = Jarak pada peta : Jarak sebenarnya
  • Jarak pada peta = Jarak sebenarnya x Skala
  • Jarak sebenarnya = Jarak pada peta / Skala

Contoh Soal Skala pada Peta

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung skala pada peta di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal pada skala peta terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Kota Jakarta dengan Bandung memiliki jarak 160 km. Hitunglah skala yang digunakan apabila jarak pada petanya 8 cm?

Pembahasan.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menyamakan satuan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Adapun caranya yaitu:
Jarak pada peta = 8 cm
Jarak sebenarnya = 160 km = 16.000.000 cm

Kemudian menggunakan rumus skala pada peta yang diterapkan dalam metode seperti di bawah ini:
Skala = Jarak pada peta : Jarak sebenarnya
         = 8 : 16.000.000 (Keduanya dibagi dengan 8)
         = 1 : 2.000.000
Jadi skala yang digunakan pada peta ialah 1 : 2.000.000.

2. Kota  A dan B memiliki jarak pada peta 6 cm. Apabila peta menggunakan skala 1 : 400.000. Maka hitunglah jarak sebenarnya antara dua kota tadi ?

Pembahasan.
Contoh soal skala pada peta ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Jarak sebenarnya = Jarak pada peta / Skala
                          = 6 : 1/400.000
                          = 6 x 400.000 
                          = 2.400.000 cm
                          = 24 km
Jadi jarak sebenarnya antara dua kota tersebut ialah 24 km.

Baca juga : Materi Limit Fungsi Aljabar, Rumus, Metode dan Contoh Soal

3. Jarak kota X dan Y ialah 80 km. Apabila dengan menggunakan skala 1 : 400.000 jarak kota X dan Y ini digambar pada peta. Maka tentukan jarak peta kedua kota tadi?

Pembahasan.
Untuk menyelesaikan contoh soal ini, kita dapat menggunakan rumus skala seperti di atas yaitu sebagai berikut :
Jarak pada peta = Jarak sebenarnya / Skala
                        = 80 km / 400.000
                        = 8.000.000 cm / 400.000
                        = 20 cm
Jadi jarak peta kedua kota tadi ialah 20 cm.

4. Dalam peta terdapat kota A dan B yang jaraknya 30 cm. Jika peta tadi menggunakan skala 1 : 600.000. Maka tentukan jarak sebenarya pada kedua kota tadi?

Pembahasan.
Contoh soal skala pada peta tersebut dapat ditentukan menggunakan langkah langkah seperti berikut ini:
Jarak sebenarnya = Jarak peta / Skala
                          = 30 : 1/600.000
                          = 30 x 600.000
                          = 18.000.000 cm
                          = 180 km
Jadi jarak sebenarya pada kedua kota tersebut ialah 180 km.

5. Diketahui persegi panjang memiliki ukuran 8 cm x 7 cm. Tentukan luas persegi panjang sebenarnya dalam m² menggunakan skala 1 : 400?

Pembahasan.
Untuk menyelesaikan contoh soal ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus skala pada umumnya. Langkah pertama yaitu menghitung panjang dan lebar sebenarnya terlebih dahulu. Kemudian baru menghitung luas sebenarnya. Maka dari itu hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
Panjang sebenarnya = 8 cm x 400 = 3200 cm = 32 m
Lebar sebenarnya = 7 cm x 400 = 2800 cm = 28 m

Sehingga,
Luas sebenarnya = panjang x lebar
                         = 32 m x 28 m
                         = 896 m²
Jadi luas persegi panjang yang sebenarnya ialah 896 m².

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian skala, cara menghitung skala peta, rumus skala dan contoh soal skala pada peta. Skala pada peta merupakan unsur pada sebuah peta yang berasal dari perbandingan jarak peta dengan jarak sebenarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here