Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat, dan Contoh Soalnya

Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat, dan Contoh Soalnya – Dalam ilmu Matematika tentunya kita pernah mendengar tentang materi notasi sigma. Bagaimana rumus notasi sigma itu? Bagaimana sifat sifat notasi sigma? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal notasi sigma? Dalam bahasa sederhana kita dapat mengartikan sigma sebagai jumlah. Untuk itu notasi sigma dapat didefinisikan sebagai simbol yang berguna untuk menjumlahkan bilangan secara urut mengikuti aturan dan pola tertentu. Notasi sigma pada umumnya masih memiliki ikatan yang erat dengan materi barisan dan deret, baik geometri ataupun aritmatika.

Sebelum memahami tentang materi notasi sigma tersebut, tentunya anda harus mengetahui materi barisan dan deret terlebih dahulu. Dalam materi tentang notasi sigma tersebut terdapat pembahasan mengenai pengertian notasi sigma, rumus notasi sigma, sifat sifat notasi sigma dan contoh soal notasi sigma. Dalam susunan alfabet Yunani pada umumnya terdapat huruf ke 18 yang berupa sigma. Huruf ini dapat disimbolkan dalam huruf kecil di akhir perkataan : ς, huruf besar Σ dan huruf kecil: σ. Nilai huruf ini dalam sistem angka Yunani dapat berjumlah 200.

Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat, dan Contoh Soalnya

Notasi sigma bisa dibilang seperti lambang operator penjumlahan yang disimbolkan huruf Σ. Fungsi notasi sigma sendiri tak lain untuk menyederhanakan penjumlahan pada barisan bilangan. Materi ini cukup sering masuk dalam kisi kisi ujian Matematika, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Oleh karenanya, para siswa diharapkan dapat mengetahui rumus dan sifat sifat di dalamnya.

Sayang beberapa siswa sering merasa kebingungan dan tidak bisa menghitung penjumlahan barisan bilangan memakai rumus sigma. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian notasi sigma, rumus notasi sigma, dan, sifat-sifat notasi sigma. Selain itu saya juga telah mempersiapkan contoh soal notasi sigma sebagai bahan latihan.

Apa Itu Notasi Sigma

Notasi sigma memang dapat disimbolkan dalam bentuk ∑. Notasi sigma ini berguna untuk menjelaskan penjumlahan berurutan dengan pola di sebuah bilangan. Dalam abjad Yunani terdapat ∑ yang merupakan huruf kapital “S”. Huruf ini berasal dari huruf pertama di kata SUM yang maknanya jumlah. Apakah anda tahu bagaimana bentuk umum notasi sigma itu? Notasi sigma pada umumnya memiliki bentuk umum seperti di bawah ini:

Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat Sifat dan Contoh Soalnya

Baca juga : Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran Beserta Contoh Soal

Dari bentuk umum di atas kita dapat melihat barisan bilangan pada U1, U2, U3, …, Un. Dalam notasi sigma tersebut terdapat i yang merupakan nilai dari 1 sampai n. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian notasi sigma ialah simbol yang berguna untuk menjumlahkan bilangan secara urut mengikuti aturan dan pola tertentu. Selain pengertian tersebut, adapula rumus, sifat sifat notasi sigma dan contoh soal notasi sigma seperti di bawah ini:

Rumus Notasi Sigma

Notasi sigma pada umumnya memiliki beberapa rumus di dalamnya. Adapun rumus rumus pada materi notasi sigma yaitu meliputi:

Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat Sifat dan Contoh Soalnya

Sifat-Sifat Notasi Sigma

Selain pengertian notasi sigma dan rumus notasi sigma di atas. Selanjutnya saya akan membagikan sifat sifat pada materi notasi sigma. Notasi sigma memang memiliki beberapa sifat di dalamnya yaitu meliputi:

Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat Sifat dan Contoh Soalnya

Contoh Soal Notasi Sigma

Selain pengertian notasi sigma, rumus notasi sigma dan sifat sifat notasi sigma di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal pada materi notasi sigma. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Tentukan nilai notasi sigma di bawah ini:
Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat Sifat dan Contoh SoalnyaPembahasan.
Contoh soal notasi sigma di atas dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat Sifat dan Contoh Soalnya

Sekian penjelasan mengenai pengertian notasi sigma, rumus notasi sigma, sifat sifat notasi sigma dan contoh soal notasi sigma. Notasi sigma merupakan simbol yang berguna untuk menjumlahkan bilangan secara urut mengikuti aturan dan pola tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi notasi sigma di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here