Rumus Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contohnya

Rumus Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contohnya – Bagaimana cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dengan cepat? Bagaimana cara penjumlahan pecahan campuran itu? Bagaimana bentuk contoh soal penjumlahan pecahan biasa itu? Bagaimana bentuk contoh soal penjumlahan pecahan campuran itu? Penggunaan bilangan pecahan pada umumnya ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Bentuk pecahan sendiri pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu pecahan biasa dan pecahan campuran. Seperti halnya bilangan lainnya, pecahan memiliki beberapa operasi hitung di dalamnya seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Masing masing operasi hitung memiliki pengerjaan yang berbeda, baik pecahan biasa maupun pecahan campuran.

Salah satu operasi hitung pecahan yang sering dibahas ialah materi penjumlahan pecahan. Dalam materi ini terdapat pembahasan lengkap mengenai cara penjumlahan pecahan biasa, cara penjumlahan pecahan campuran, contoh soal penjumlahan pecahan biasa dan contoh soal penjumlahan pecahan campuran. Sebelum masuk ke tahap cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dan cara menghitung penjumlahan pecahan campuran, maka alangkah lebih baik jika anda memahami materi pecahan terlebih dahulu. Apa yang dimaksud pecahan itu? Pengertian pecahan ialah bilangan yang memiliki bentuk a/b, dimana a, b ialah bilangan bulat dan b ≠ 0.

Nilai sebuah pecahan pada umumnya akan tetap sama meskipun bentuknya dibuat menjadi lebih sederhana. Pada dasarnya penjumlahan pecahan biasa dan campuran dapat dilakukan dengan konsep yang sama. Meskipun sebenarnya penjumlahan pecahan biasa memiliki cara yang lebih sederhana dibandingkan pecahan campuran. Hal ini dikarenakan pecahan campuran tersebut harus mengalami pengubahan bentuk menjadi lebih sederhana terlebih dahulu sebelum diselesaikan. Dengan begitu pengerjaannya dapat dilakukan dengan mudah. Namun adapula pengerjaan pecahan campuran yang tidak perlu penyederhanaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara penjumlahan pecahan biasa, cara penjumlahan pecahan campuran, contoh soal penjumlahan pecahan biasa dan contoh soal penjumlahan pecahan campuran.

Rumus Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contohnya

Kita tahu bahwa pecahan dapat diartikan sebagai bilangan dengan bentuk a/b, dimana a merupakan pembilang dan b merupakan penyebut. Pembacaan pecahan tersebut diawali dengan menyebut pembilangnya terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan dengan penyebutnya. Pecahan ini memiliki tanda per (/) yang memisahkan pembilang dan penyebutnya. Misalnya bilangan pecahan 3/7 yang dibaca tiga per tujuh.

Cara penjumlahan pecahan biasa dan cara penjumlahan pecahan campuran pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan KPK, bentuk pecahan, FPB maupun sifat operasi penjumlahan. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara menghitung penjumlahan pecahan biasa, cara menghitung penjumlahan pecahan campuran, contoh soal penjumlahan pecahan biasa dan contoh soal penjumlahan pecahan campuran yaitu sebagai berikut:

Cara Menjumlahkan Pecahan Biasa

Hal pertama yang akan saya bahas ialah penjumlahan pada pecahan biasa. Dalam pecahan biasa ini terdapat nilai pembilang yang lebih kecil dibandingkan nilai penyebutnya. Penjumlahan pecahan ini secara umum dapat dilakukan apabila kedua pecahan ini memiliki penyebut sama. Adapun cara menjumlahkan pecahan biasa pada contoh soal seperti berikut:

Menyamakan Penyebut
Cara menghitung penjumlahan pecahan biasa yang pertama yaitu menyamakan penyebut terlebih dahulu. Dengan menggunakan KPK tersebut kita dapat menyamakan penyebut untuk menghitung pecahannya. Dari contoh di atas kita dapat menghitung KPK dari 3 dan 4. Adapun caranya yaitu:
3, 6, 9, 12, 15, 18, …
4, 8, 12, 16, 20, …
KPK 3 dan 4 ialah 12

Baca juga : Pengertian Notasi Sigma, Rumus, Sifat, dan Contoh Soalnya

Menentukan Pecahan Senilai
Cara penjumlahan pecahan biasa selanjutnya yaitu menentukan pecahan senilai. Setelah penyebutnya disamakan dengan KPK, kemudian menentukan nilai pembilangnya terlebih dahulu sebelum dijumlahkan. Adapun caranya yaitu membagi nilai KPK dengan penyebut pecahan dan mengalikannya dengan pembilang. Dengan begitu pecahan senilainya akan diperoleh. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal penjumlahan pecahan biasa seperti berikut:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Menjumlahkan Pecahan Senilai
Cara menghitung penjumlahan pecahan biasa selanjutnya yaitu menjumlahkan pecahan senilai. Ketika penyebut pecahannya sama, maka pembilang pada pecahannya dapat dijumlahkan. Untuk itu hasilnya akan seperti berikut:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Setelah menjelaskan tentang cara penjumlahan pecahan biasa di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara penjumlahan pecahan campuran. Cara menghitung penjumlahan pecahan campuran tersebut pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pecahan biasa. Namun dalam pecahan campuran tersebut terdapat pemisahan nilai pecahan dan nilai bulatnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal penjumlahan pecahan campuran seperti berikut:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Memisahkan Nilai Pecahan dan Nilai Bulat
Cara menghitung penjumlahan pecahan campuran yang pertama yaitu memisahkan nilai pecahan dengan nilai bulatnya. Untuk itu hasilnya akan seperti di bawah ini:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Menjumlahkan Nilai Bulat
Cara penjumlahan pecahan campuran selanjutnya yaitu menjumlahkan nilai bulat. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal penjumlahan pecahan campuran seperti berikut:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Menjumlahkan Nilai Pecahan
Cara penjumlahan pecahan campuran selanjutnya yaitu menjumlahkan nilai pecahannya. Metode ini hampir sama dengan cara penjumlahan pecahan biasa di atas. Untuk itu hasilnya akan seperti berikut:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Menghitung Hasil Akhir
Cara penjumlahan pecahan yang terakhir yaitu menghitung hasil akhirnya. Untuk itu hasilnya akan seperti di bawah ini:
Cara Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Demikianlah penjelasan mengenai cara penjumlahan pecahan biasa, cara penjumlahan pecahan campuran, contoh soal penjumlahan pecahan biasa dan contoh soal penjumlahan pecahan campuran. Penjumlahan pecahan biasa dan campuran pada umumnya menggunakan metode yang hampir sama, namun dalam pecahan campuran terdapat pemisahan antara nilai bulat dan nilai pecahannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi penjumlahan pecahan di atas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here