Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks Beserta Contoh Soal

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks Beserta Contoh Soal – Matriks berdasarkan para ahli dapat didefinisikan sebagai simbol atau bilangan yang terkumpul menjadi satu bagian karena penyusunannya dilakukan dalam bentuk kolom dan baris sehingga menyerupai bangun persegi panjang. Matriks ini memiliki bilangan yang disebut juga dengan elemen/komponen bilangan matriks. Matriks tersebut memiliki operasi hitung di dalamnya seperti pengurangan dan penjumlahan.

Cara menghitung penjumlahan dan pengurangan matriks ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Apakah anda tahu rumus penjumlahan matriks itu? Bagaimana rumus pengurangan matriks? Rumus rumus tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks.

Matriks memang memiliki operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Selain itu masih ada lagi operasi lainnya seperti perkalian skalar matriks, matriks identitas dan lain sebagainya. Ketika dibangku sekolah materi ini tidak hanya diajarkan sebagai bahan pengajaran saja, namun juga dijadikan bahan soal sial ujian Matematika, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus penjumlahan matriks, rumus pengurangan matriks, contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks Beserta Contoh Soal

Dalam ilmu Matematika, matriks memang tergolong mudah untuk dipelajari dan dipahami. Hal ini dikarenakan pengoperasian materi matriks ini dapat diselesaikan dengan mudah, mulai dari perkalian, pengurangan, pembagian dan penjumlahan. Kita dapat melakukan operasi penjumlahan dan penguranga matriks dengan cara yang hampir sama dengan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan secara umum.

Seperti yang kita tahu bahwa penyusunan matriks dapat berbentuk baris dan kolom. Matriks ini memiliki beberapa rumus di dalamnya seperti rumus penjumlahan matriks maupun rumus pengurangan matriks? Lantas bagaimana rumus matriks itu? Dalam matriks tersebut kita dapat memperoleh nilai nilainya dengan menerapkan konsep baris dan kolom seperti berikut:

Baris dan Kolom Matriks

Gambar di atas merupakan bentuk susunan matriks yang dapat dihitung nilainya menggunakan beberapa operasi hitung. Agar anda lebih paham mengenai materi matriks tersebut, maka saya akan menjelaskan tentang rumus penjumlahan matriks, rumus pengurangan matriks, contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Identitas Trigonometri dan Contoh Soal

Penjumlahan Matriks

Dua matriks dapat dijumlahkan dengan ketentuan ordo diantara keduanya harus sama. Misalnya saja penjumlahan matriks ordo 2 x 2. Maka dari itu penjumlahan matriks dapat dilakukan dan hasil nilainya dapat diperoleh dengan benar. Bagaimana cara menghitung penjumlahan matriks itu? Caranya mudah yaitu hanya dengan menjumlahkan komponen matriks yang letaknya sama. Adapun rumus penjumlahan dua matriks yang dapat digunakan yaitu:

Rumus Penjumlahan Matriks Ordo 2 x 2

Rumus penjumlahan matriks di atas dapat diterapkan untuk matriks berordo 3 x 3, 4 x 4 dan lain lain. Penjumlahan matriks memiliki ketentuan khusus yaitu ordo matriksnya harus sama. Berdasarkan rumus di atas kita dapat melihat penjumlahan elemen baris 1 kolom 1 matriks A (a) dengan elemen baris 1 kolom 1 matriks B (e). Agar anda lebih paham mengenai materi penjumlahan matriks di atas, maka saya akan membagikan conroh soal penjumlahan matriks seperti di bawah ini:

Contoh Soal Matriks

Tentukan penjumlahan matriks di bawah ini:

Contoh Soal Matriks

Pembahasan.

Jawaban Contoh Soal Penjumlahan Matriks

Pengurangan Matriks

Setelah menjelaskan tentang rumus penjumlahan matriks dan contoh soal penjumlahan matriks di atas. Selanjutnya saya akan akan membahas tentang rumus pengurangan matriks dan contoh soal pengurangan matriks. Ketentuan pengurangan matriks hampir sama dengan penjumlahan matriks di atas yaitu ordo di dalamnya harus sama. Bagaimana cara menghitung pengurangan matriks itu? Caranya mudah yaitu dengan mengurangi komponen atau elemen matriks yang letaknya sama. Adapun rumus pengurangan dua matriks yang digunakan yaitu:

Rumus Pengurangan Matriks Ordo 2 x 2

Rumus matriks di atas dapat digunakan untuk pengurangan matriks ordo 3 x 3, 4 x 4 dan lain lain. Pengurangan matriks ini memiliki hal penting yang perlu dipahami yaitu kedua matriks ini harus memiliki ordo yang sama. Berdasarkan rumus di atas kita dapat melihat pengurangan elemen baris 1 kolom 1 matriks A (a) dengan elemen baris 1 kolom 1 matriks B (e). Agar anda lebih paham mengenai materi pengurangan matriks di atas, maka saya akan membagikan contoh soal pengurangan matriks seperti di bawah ini:

Baca juga : Rumus Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dan Contoh Soal

Contoh Soal Matriks

Tentukan hasil pengurangan matriks di bawah ini:

Contoh Pengurangan Matriks

Pembahasan.

Jawaban Contoh Pengurangan Matriks

Contoh Soal Matriks Lainnya

Selain rumus penjumlahan matriks, rumus pengurangan matriks, contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks di atas. Adapula contoh pegurangan dan penjumlahan matriks lainnya untuk menambah wawasan anda. Berikut contoh soal dan jawabannya:

Contoh Soal Matriks
Contoh Soal Matriks

Sekian penjelasan mengenai rumus penjumlahan matriks, rumus pengurangan matriks, contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks. Matriks merupakan sekumpulan bilangan yang disusun dalam bentuk baris dan kolom. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here