Rumus Jajar Genjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal

Rumus Jajar Genjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal – Kesebangunan menjadi salah satu materi dasar dalam matematika. Materi bangun tersebut bahkan sudah diajarkan semenjak kita berada di jenjang sekolah dasar. Ingatkah kalian bagaimana cara menghitung luas dan keliling bangun datar? Nah, kita akan kembali membahasnya dengan tingkatan level yang lebih tinggi.

Dalam Matematika tentunya terdapat pembahasan mengenai materi bangun. Bangun tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu bagun datar dan bangun ruang. Setiap jenis bangun baik itu datar ataupun ruang pada Matematika dapat dibagi menjadi beberapa bentuk. Seperti halnya bangun datar yang terdiri dari bangun jajar genjang, persegi, persegi panjang, lingkaran, trapesium, layang layang dan belah ketupat.

Masing-masing bangun datar diatas memiliki rumus luas dan keliling yang berbeda beda. Seperti halnya pada bangun jajar genjang yang juga memiliki rumus luas dan keliling di dalamnya. Rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang ini digunakan untuk menyelesaikan contoh soal jajar genjang yang tersedia.

Bangun jajar genjang merupakan satu dari sekian jenis bangun datar yang sering muncul dalam soal soal ujian sekolah dan Nasional. Materi jajar genjang ini telah diajarkan sejak kita berada di bangku sekolah dasar. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan mengenai rumus jajar genjang (rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang) maupun cara menyelesaikan contoh soal jajar genjang. Selain itu jajar genjang juga memiliki sifat sifat didalamnya. Bagaimana sifat sifat jajar genjang itu?

Rumus Jajar Genjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal

Pengertian jajar genjang ialah bangun datar yang memiliki dua pasang rusuk sejajar dan panjangnya sama. Selain itu jajar genjang ini juga mempunyai dua pasang sudut yang besar masing masing sudutnya sama dengan sudut di depannya. Rusuk yang terdapat dalam bangun jajar genjang tersebut berjumlah empat buah yang sama panjang.

Jika kalian miringkan sedikit sudut setiap sumbunya maka bangun satu ini akan menyerupai belah ketupat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus dan contoh soal bangun datar. Lebih tepatnya kita akan belajar menghafal rumus luas keliling jajar genjang.

Baca juga : Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian jajar genjang ialah bangun dua dimensi yang memiliki dua pasang sudut dengan besar sama serta dua pasang sisi sejajar dan panjangnya sama. Dalam jajar genjang tersebut terdapat pasangan sudut tumpul dan pasangan sudut lancip. Kemudian bangun jajar genjang dalam Bahasa Inggris juga dapat dinamakan dengan parallelogram.

Sifat Jajar Genjang

Sebagai salah satu bangun datar kita tidak bisa mengesampingkan beberapa sifat jajar genjang begitu saja. Lewat sifat inilah kita bisa mengidentifikasi bentuk, menentukan sumbu, diagonal, dan lain seabgainya. Karena ada kalanya karakterisitik tersebut muncul sebagai butir soal jajar genjang ketika unjian dilaksanakan

Sebelum mempelajari cara menghitungrumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. Alangkah lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu mengenai sifat sifat jajar genjang. Jajar genjang memiliki beberapa sifat seperti di bawah ini:

  • Memiliki dua pasang sisi dengan panjang yang sama.
  • Pemerolehan tinggi jajar genjang berasal dari garis yang melewati salah satu titik sudut menuju sisi lainnya sehingga sisi itu dapat terbentuk sudut siku siku.
  • Memiliki dua pasang sudut dengan besar yang sama seperti pasangan sudut lancip dan pasangan sudut tumpul.
  • Jumlah salah satu sudut tumpul dan sudut lancip dapat sebesar 180º.
  • Besar sudut saling berhadapan tersebut sama.
  • Memiliki dua diagonal yang berbeda panjangnya.
Rumus Jajar Genjang (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal
Bangun Jajar Genjang

Rumus Jajar Genjang

Bagaimana cara menghitung luas jajar genjang dengan cepat? untuk melakukanya kalian perlu rumus pasti. Setelah menjelaskan tentang pengertian dan sifat-sifat dasar pada sesi sebelumnya. Selanjutnya saya akan membagikan rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. Adapun rumus bangun jajar genjang yaitu:

Luas = a x t
Keliling = 2 x (a + b)
Sisi Alas (a) = (Keliling ÷ 2) – b
Sisi Sisi Miring (b) = (Keliling ÷ 2) – a

Keterangan:
a = Alas jajar genjang
b = Sisi jajar genjang lainnya 
t = Tinggi Jajar genjang

Baca juga : Rumus Bola (Luas Permukaan dan Volume) Beserta Contoh Soal

Contoh Soal Jajar Genjang

Selain pengertian jajar genjang, sifat sifat jajar genjang dan rumus jajar genjang di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal bangun jajar genjang terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Tentukan keliling jajar genjang apabila panjang sisi alas 8 cm, sisi miring 6 cm dan tinggi 5 cm?

Pembahasan.
Diketahui : a = 8 cm, b = 6 cm, t = 5 cm
Ditanyatakan : Keliling = ?
Jawab.
Contoh soal ini dapat diselesaikan dengan rumus keliling jajar genjang seperti berikut:
Keliling = 2 x (a + t)
           = 2 x (8 + 5)
           = 26 cm
Jadi keliling jajar genjang tersebut ialah 26 cm.

2. Tentukan sisi alas jajar genjang jika luas 56 cm² dan tinggi 7 cm?

Pembahasan.
Diketahui : L = 56 cm², t = 7 cm
Ditanyatakan : Alas = ?
Jawab.
Contoh soal jajar genjang ini dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus luas jajar genjang yang digunakan yaitu:
Luas = a x t
   56 = a x 7
     a = 56 / 7
     a = 8 cm
Jadi panjang alas jajar genjang tersebut ialah 8 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus jajar genjang (rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang) beserta contoh soal jajar genjang. Jajar genjang merupakan bangun dua dimensi yang memiliki dua pasang sudut dengan besar sama serta dua pasang sisi sejajar dan panjangnya sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi jajar genjang di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here