Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Rumusnya

Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Rumusnya – Apa itu jaring jaring? Jaring jaring dapat diartikan sebagai gabungan bangun datar yang disusun menjadi suatu bangun ruang tertentu. Misalnya saja bangun ruang kubus yang disusun oleh bangun datar berbentuk persegi. Namun kubus juga tidak dapat dibentuk dari semua jenis jaring jaring enam persegi. Sebenarnya tidak hanya kubus saja yang memiliki jaring jaring, tetapi bangun ruang lainnya juga memilikinya seperti balok, kerucut, limas, prisma, tabung, dan bola.

Bagaimana cara memperoleh jaring jaring bangun ruang? Jaring jaring ini dapat diperoleh dengan cara membelah bangun ruang secara berurutan mengikuti rusuk di dalamnya. Kubus ini termasuk dalam kategori bangun ruang dengan bentuk sisi persegi. Lantas apakah anda tahu bagaimana bentuk jaring jaring kubus itu? Bagaimana rumus rumus kubus? 

Kubus memiliki enam sisi yang luasnya sama serta mempunyai 12 rusuk. Jika bangun kubus dibelah, maka akan terbentuk 11 jaring jaring di dalamnya. Jaring jaring bangun ruang ini tentunya berbeda dengan bangun ruang lainnya. Nah pada kesempatan kali saya akan menjelaskan tentang jaring jaring kubus lengkap dengan rumus kubus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Rumusnya

Apa yang dimaksud kubus? Pengertian kubus adalah jenis bangun ruang yang memiliki sisi berbentuk persegi dengan ukuran dan besar yang sama atau kongruen. Kubus tersebut mempunyai 12 rusuk sama panjang dan 8 titik sudut. Kita dapat menemukan contoh bangun kubus ini dalam bentuk rubik, kardus, dadu, kotak tisu, dan es batu. 

Bangun kubus pada dasarnya hampir sama dengan bangun ruang lainnya yang memiliki rumus volume dan luas permukaannya sendiri. Rumus kubus tersebut tergolong mudah untuk dipahami, karena hanya berkaitan dengan sisi kubus saja. Rumus volume kubus merupakan perkalian antara sisi sisi pada kubus. Sedangkan rumus luas permukaan kubus adalah enam kali sisi sisi kubus. Penjelasan mengenai rumus bangun kubus ini akan saya bahas secara detail pada artikel di bawah ini.

Baca juga : Rumus Modus Data Tunggal dan Data Kelompok

Apabila bangun kubus dibelah sesuai dengan rusuknya, maka akan terbentuk jaring jaring bangun kubus. Apa yang dimaksud jaring jaring kubus itu? Jaring jaring bangun kubus adalah bangun datar yang dibuka menurut rusuknya hingga membentuk bangun ruang tersebut. Bangun kubus ini memiliki jaring jaring yang terdiri dari enam persegi sehingga akan membentuk kubus lagi jika digabungkan kembali.

Jaring Jaring Kubus

Sebelum menjelaskan tentang rumus kubus, saya akan membagikan terlebih dahulu mengenai jaring jaring bangun kubus. Bangun kubus ini memiliki bentuk jaring jaring seperti berikut:

Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Rumusnya
Jaring Jaring Bangun Kubus

Hasil guntingan dalam pembelahan kubus menjadi jaring jaring seperti di atas harus dilakukan dengan benar, karena daerah persegi yang satu tidak akan menutupi daerah persegi lainnya. Kemudian kita juga tidak boleh melepas hasil guntingan antara satu daerah dengan daerah lain.

Baca juga : Rumus Rata Rata Diagram Batang Beserta Contoh Soalnya

Rumus Kubus

Setelah membagikan jaring jaring kubus di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang rumus rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan volume kubus. Adapun penjelasan selengkapnya:

Rumus Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan adalah jumlah permukaan yang digambarkan secara sederhana menggunakan jumlah luas permukaan objek atau jumlah permukaan yang mempunyai satuan jarak kuadrat. Untuk mencari luas permukaan kubus dapat dilakukan dengan rumus seperti di bawah ini:

Luas Permukaan Kubus = 6 x s²

Keterangan:
s = Sisi kubus

Rumus Volume Kubus

Rumus kubus yang satu ini digunakan untuk menghitung volume di dalamnya. Volume dapat didefinisikan sebagai besar atau isi dari benda ruang tersebut. Volume kubus ini dapat dihitung menggunakan rumus seperti berikut:

Volume kubus = s³

Keterangan:
s = Sisi kubus

Sekian penjelasan tentang jaring jaring kubus lengkap dengan rumus kubus. Kubus merupakan jenis bangun ruang yang memiliki bentuk, ukuran dan besar sisi yang sama atau kongruen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here