Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Terlengkap

Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Terlengkap – Bangun datar pada umumnya erat kaitannya dengan bangun yang bentuknya dua dimensi, dimana di dalamnya terdapat garis garis lengkung atau lurus sebagai batasannya. Disekitar kita pada umumnya banyak sekali contoh bangun datar seperti benda yang berbentuk persegi, segitiga, persegi panjang, trapesium, jajar genjang dan sebagainya. Misalnya sebuah buku tulis yang bentuknya menyerupai persegi panjang. Bangun datar ini dapat dihitung luas dan kelilingnya menggunakan rumus tertentu. Akan tetapi rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar pada setiap bentuknya berbeda.

Sebelum mengetahui rumus bangun datar lengkap yang berupa rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar tersebut. Alangkah lebih baik jika anda mengetahui pengertian bangun datar terlebih dahulu. Apa yang dimaksud bangun datar itu? Bangun datar ialah sebuah bangun yang memiliki unsur dua dimensi berbentuk panjang dan lebar atau mempunyai bidang rata. Akan tetapi dalam bangun datar ini tidak terkandung unsur tebal maupun tinggi. Dikarenakan bentuk bangun datar berbeda beda, maka sifat sifat pada setiap jenisnya juga tidak sama. Untuk itulah rumus luas dan keliling bangun datar ini berbeda beda.

Definisi bangun datar menurut imam roji ialah sebuah bagian bangun datar yang memiliki garis lengkung dan lurus sebagai batasan batasannya sehingga mengandung unsur panjang dan lebar di dalamnya. Bangun dua dimensi ini memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti persegi, lingkaran, segitiga, jajar genjang, trapesium, persegi panjang, belah ketupat, dan layang layang. Tiap tiap bangun datar ini memiliki karakteristik yang berbeda beda sehingga penggunaan rumusnya juga berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bangun datar, baik rumus luas bangun datar maupun rumus keliling bangun datar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Terlengkap

Materi bangun datar telah dipelajari sejak di bangku sekolah dasar (SD) kelas 6. Kemudian dibangku kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dijelaskan lagi dengan pembahasan yang dikembangkan. Bahkan materi materi ini juga sering digunakan dalam soal soal ujian Matematika, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Untuk menyelesaikan contoh soal terkait bangun datar ini pada umumnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus yang tersedia. Lantas bagaimana rumus luas dan keliling bangun datar itu?

Baca juga : Contoh Soal Perbandingan Senilai Beserta Pembahasan Lengkap

Dalam rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar terdapat unsur dua dimensi di dalamnya seperti lebar ataupun panjang. Hal ini sesuai dengan penjelasan tentang pengertian bangun datar di atas. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus bangun datar lengkap yaitu sebagai berikut:

Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Terlengkap
Macam Macam Bangun Datar

Persegi

Jenis bangun datar yang pertama ialah persegi. Persegi merupakan bangun datar dengan sisi sisi yang sama panjang. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar persegi yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Persegi = sisi x sisi = s²
Rumus Keliling Persegi = 4 x sisi = 4s

Persegi Panjang

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun persegi panjang. Persegi panjang ialah bangun dua dimensi yang mempunyai panjang sisi berhadapan yang sama serta memiliki empat titik sudut berbentuk siku siku di dalamnya. Adapun rumus luas bangun datar persegi panjang dan rumus keliling bangun datar persegi panjang yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Persegi Panjang = panjang x lebar
Rumus Keliling Persegi Panjang = 2 x (panjang + lebar)

Jajar Genjang

Jenis bangun datar selanjutnya ialah jajar genjang. Jajar genjang ialah bangun datar dengan panjang sisi sepasang yang sejajar dan sama. Adapun rumus luas dan keliling bangun datar jajar genjang yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Jajar Genjang = Alas x Tinggi
Rumus Keliling Jajar Genjang = AB + BC + CD + AD

Trapesium

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun trapesium. Trapesium ialah bangun dua dimensi yang memiliki sepasang sisi sejajar. Adapun rumus luas bangun datar trapesium dan rumus keliling bangun datar trapesium yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Jajar Genjang = ½ x Jumlah sisi sejajar x Tinggi
Rumus Keliling Jajar Genjang = AB + BC + CD + DA

Baca juga : Rumus Barisan dan Deret Geometri Beserta Contoh Soal

Layang Layang

Jenis bangun datar selanjutnya ialah layang layang. Layang layang merupakan bangun datar yang memiliki satu diagonal dan sumbu diagonal lain yang saling berpotongan. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar layang layang yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Layang Layang = ½ x Diagonal 1 x Diagonal 2
Rumus Keliling Layang Layang = 2 x (AB + BC)

Segitiga

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun segitiga. Segitiga ialah bangun dua dimensi yang memiliki tiga titik di dalamnya meski tidak segaris. Adapun rumus luas bangun datar segitiga dan rumus keliling bangun datar segitiga yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Segitiga = ½ x Alas x Tinggi
Rumus Keliling Segitiga = AB + BC + AC

Belah Ketupat

Jenis bangun datar selanjutnya ialah belah ketupat. Belah ketupat ialah bangun datar yang saling tegak lurus berpotongan diantara kedua diagonalnya dan sama panjang sisi sisi di dalamnya. Adapun rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat yaitu:

Rumus Luas Belah Ketupat = ½ x Diagonal 1 x Diagonal 2
Rumus Keliling Belah Ketupat = 4 x Sisi = 4s

Lingkaran

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun lingkaran. Lingkaran ialah bangun dua dimensi yang berasal dari titik titik saling menyatu dengan jarak titik tengah ke titik terluarnya sama. Adapun rumus luas bangun datar lingkaran dan rumus keliling bangun datar lingkaran yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Lingkaran = π x r²
Rumus Keliling Lingkaran = π x d

Keterangan:
π = phi (3,14 atau 22/7)
r = Jari jari
d = Diameter

Sekian penjelasan mengenai rumus bangun datar, baik rumus luas bangun datar maupun rumus keliling bangun datar terlengkap. Bangun datar dapat terdiri dari bangun persegi, lingkaran, segitiga, jajar genjang, trapesium, persegi panjang, belah ketupat, dan layang layang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here